1 January 2022

by Galih

12 Game Mobile Augmented Reality (AR) Yang Bisa Dimainkan Di 2022

Banyak pilihan game yang bisa memanfaatkan teknologi AR di smartphpone.

Istilah Augmented Reality mungkin masih terasa futuristis dan masih jauh di masa depan. Padahal teknologi ini sudah ada sejak lama, meskipun memang penggunaannya untuk umum baru benar-benar bisa dilakukan beberapa tahun ke belakang.

Keberadaan smartphone yang telah memiliki spesifikasi baik hardware maupun software yang mumpuni kini membuka jalan untuk pengembangan berbagai aplikasi berbasis AR, termasuk video game. Meskipun implementasinya masih mendasar namun potensi pengembangan teknologi ini sangat besar.

Contoh game berbasis AR yang paling sukses saat ini adalah Pokemon GO!. Mampu bertahan hingga 5 tahun, game ini masih banyak digemari hingga sekarang. Namun ternyata masih banyak game-game berbasis AR yang bisa Anda coba sekarang. Berikut daftar beberapa game-nya:

Pokemon Go

?list=PLQWzKIaERirzMsOF5ogQ3J9txeQF6ALXf

Seperti yang telah kami bilang sebelumnya, Pokemon GO merupakan salah satu game dengan implementasi AR terbaik hingga sekarang. Pemain akan berpetualang di dunia nyata untuk mencari Pokemon-pokemon yang tersebar di sekitar lokasi pemain.

Dan meskipun game ini telah menginjak umur 5 tahun, Niantic dan Pokemon Company kelihatannya masih tetap memberikan update konten berkala untuk dinikmati para pemain.

DC: Batman Bat-Tech Edition

Siapa yang tidak ingin menjadi Batman? Dalam game ini, pemain dapat menjelma menjadi cape crusader. Game-nya akan menggunakan kamera smartphone untuk memproyeksikan dunia game-nya ke dalam dunia nyata.

Pemain akan membantu Batman untuk menyelidiki dan melawan musuh-musuhnya dalam 10 cerita yang diusung. Selain itu game ini juga memiliki beragam fitur lain seperti filter AR, mini games, stiker filter, hingga komik.

Harry Potter: Wizards Unite

Kesuksesan Pokemon Go membuat franchise Harry Potter mempercayakan game berbasis AR-nya kepada developer Niantic. Game-nya juga akan berisi banyak hal yang pemain kenal dari film dan novelnya mulai dari item, mantra, hingga karakter-karakter ikoniknya.

Sama seperti Pokemon GO, pemain akan diminta untuk berpetualang di dunia nyata, mengumpulkan berbagai item sihir dan juga melawan musuh-musuh menggunakan mantra yang telah dipelajari.

Ingress Prime

Sebelum sukses besar lewat Pokemon Go, Niantic telah mengembangkan game AR milik mereka yang diberi nama Ingress prime. Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai agen yang bertugas untuk meretas portal-portal yang tersebar di sekitar pemain.

Game ini merupakan iterasi kedua dari game aslinya yang berjudul Ingress. Dalam sekuel sekaligus reboot ini, Niantic membuat game-nya lebih menarik bagi para pemain baru yang ingin mencari game seperti Pokemon GO namun lebih serius.

Jurassic World Alive

Memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dari Pokemon Go maupun Harry Potter: Wizard Unite, kali ini pemain akan menghadapi dinosaurus-dinosaurus yang berkeliaran di dunia nyata.

Uniknya pemain bahkan dapat membuat dinosaurus hibrida yang dapat ditingkatkan levelnya untuk nantinya dapat digunakan untuk bertarung melawan dinosaurus milik pemain lain.

Kings of Pool AR

Video game biliar memang bukan hal baru. Namun memungkinkan pemain untuk mengubah bidang datar apapun menjadi meja biliar mungkin masih jarang.

Game ini lebih terasa sebagai eksperimen dengan AR yang memberikan pengalaman bermain biliar cukup dengan ponsel Anda. Silakan lihat video di atas untuk lebih jelasnya.

Knightfall AR

Pada dasarnya, game ini merupakan sebuah board game yang ditampilkan lewat kamera. Karena masih merupakan konsep pengembangan, mekanisme dalam permainan dalam game ini mungkin masih kurang lancar.

Namun setidaknya pemain dapat memainkan board game dalam sebuah proyeksi AR. Sayangnya, durasi game yang sangat pendek akan membuat game ini lebih terasa seperti demo daripada game penuh.

The Walking Dead: Our World

Bagi para pecinta serial The Walking Dead, game AR ini kelihatannya wajib dicoba agar pemain dapat merasakan bagaimana menjelajah dan harus melawan para zombie.

Teorinya, game ini menawarkan sensasi ala gamefirst person shooter (FPS) dengan background lokasi asli pemain. Selain itu para fans film serinya akan menyukai koneksi pada game ini yang bahkan menghadirkan karakter-karakter dari filmnya.

Zombies, Run!

Game yang satu ini cocok bagi mereka yang menyukai olahraga dan juga zombie. Pemain akan diminta untuk berjalan dan juga berlari untuk dapat melanjutkan progres cerita yang dimiliki.

Game ini juga memiliki beberapa tantangan untuk membuatnya lebih seru. Dan berita baiknya, game ini juga dapat bekerja di treadmill bagi pemain yang tidak suka keluar rumah.

Five Nights at Freddy’s AR: Special Delivery

Seri Five Night at Freddy menjadi sebuah seri game horor klasik yang memberikan teror baru bagi para gamer. Dan di sini pemain akan dituntut untuk bertahan dari gempuran robot animatronik yang akan muncul lewat kamera smartphone.

Game ini memiliki kontrol yang cukup sederhana namun tetap menantang karena latar dari game-nya adalah lokasi Anda dan jump scare khas dari serinya juga hadir di dalam game AR ini.

Angry Birds AR: Isle of Pigs

Menjadi salah satu game kasual paling sensasional, Angry Birds terus berkembang hingga sekarang. Game ini juga menjadi titik pencapaian baru yang memungkinkan pemain untuk memainkan game-nya dari sudut pandang berbeda dari biasanya.

Dalam game ini semua elemen game-nya akan ditampilkan dalam 3 dimensi. Terutama untuk benteng milik para babi yang akan menjadi target. Pemain kini akan melihat game-nya dari balik sang burung yang membuat pengalaman bermainnya berubah total.

Cosmic Frontline AR

Siapa yang tidak ingin menonton perang antar planet dari kamar tidur atau ruang tamunya. Game ini memungkinkan pemain untuk melihat secara lebih realistis bagaimana perang luar angkasa tersebut berlangsung.

Game strategi ini akan meminta Anda mempersiapkan pasukan luar angkasa untuk mengalahkan pasukan dari planet lainnya. Kerennya pemain bisa memantau pertempuran yang terjadi secara real-time dengan berkeliling langsung.