Featured Article
for SEO
Featured Article

10 Game Mobil Balap Terbaik di PC dan Mobile Yang Wajib Anda Coba

22 October 2021Sean Edbert

Daripada balapan liar, mending balapan di game...

Game mobil balap memang menjadi salah satu genre game yang digemari oleh para penggemar mobil dan balapan. Biasanya, game-game balap ini menempatkan Anda sebagai pembalap yang siap mengalahkan lawan-lawan yang akan Anda temui. Namun, ada juga game mobil balap yang bertujuan untuk mereplikasi physics di dunia nyata (biasanya disebut dengan simulator).

Forza Horizon 5 (Image Credit: Microsoft)

Game mobil balap pertama kali meluncur pada tahun 1973 dengan nama “The Atari’s Space Race”. Dan seiring berjalannya waktu, kini ada ribuan game mobil balap yang dapat Anda nikmati. Saking banyaknya, Anda mungkin sedang kebingungan memilih mana yang Anda harus coba dahulu.

Nah, di artikel ini, kami telah merangkum beberapa game mobil balap terbaik di platform mobile dan PC. Tidak hanya judulnya, kami juga akan menyediakan cara download game mobil balap di bawah ini.

Lantas, berikut adalah beberapa game mobil balap terbaik versi Hybrid.

1. Forza Horizon 4 (2018)

Image Credit: Microsoft

Game mobil 3D besutan Microsoft dan Playground Games ini pantas menduduki peringkat pertama karena grafis dan gameplay-nya yang menakjubkan. Forza Horizon 4 mengajak Anda ke Britania Raya untuk mengalahkan pembalap-pembalap lain di sana.

Tidak hanya seputar balapan, Anda juga bisa bebas menelusuri aspal Britania Raya melalui Forza Horizon 4 bersama teman-teman Anda. Bagi Anda yang memiliki banyak teman (atau pacar), server Forza Horizon 4 dapat menampung hingga 75 pemain sekaligus. Namun, jika Anda sedang galau dan ingin menyendiri, game ini juga dapat dimainkan secara offline.

Image Credit: Microsoft

Microsoft juga tidak main-main soal mobil di game ini. Pasalnya, game rilisan tahun 2018 ini memiliki lebih dari 750 mobil dari dunia nyata yang dapat Anda kendarai dan modifikasi. Mulai dari mobil sport, SUV, hingga off-road, semuanya tersedia dengan lengkap di Forza Horizon 4.  Jika ingin memainkan game ini, Anda dapat membelinya di Steam atau Microsoft Store.

Sekuel terbaru dari game mobil balap ini dikabarkan akan segera rilis dengan judul Forza Horizon 5. Sekuel terbaru ini akan membawa Anda ke Mexico dengan grafis yang sungguh mirip dengan dunia nyata.

2. F1 2020 (2020)

Image Credit: Codemasters

Ingin menjadi pembalap F1 seperti Lewis Hamilton? Anda dapat mencobanya di game balap mobil terbaru 2020, F1 2020. Game besutan EA Sports dan Codemasters ini merupakan game resmi dari ajang balap Formula 1 dan Formula 2. Game ini dapat dimainkan secara online maupun offline. Jadi, Anda dapat memilih untuk memainkan game ini bersama teman atau sendirian.

Berbeda dengan Forza Horizon 4 di atas, gameplay dari F1 2020 lebih fokus ke mode career. F1 2020 memiliki sejumlah tim serta sirkuit asli dari ajang Formula 1. Di game ini, Anda bisa membuat tim sendiri, merekrut pembalap baru, memilih mesin yang akan digunakan, hingga mendesain livery sendiri. Jadi, F1 2020 merupakan simulasi paling mirip dengan Formula 1 di dunia nyata.

F1 2020 tersedia di platform PlayStation 4, Xbox One, PC, dan Google Stadia. Di PC, Anda bisa menggarap F1 2020 melalui Steam dengan harga Rp250 ribu. Tentu saja, jika Anda ingin mencoba seri F1 yang terbaru, Codemasters juga telah merilis F1 2021 terbaru.

3. Need For Speed: Heat (2019)

Image Credit: Electronic Arts

Menjadi salah satu game balap open-world terbaik, Need For Speed: Heat merupakan jawaban EA melawan Forza Horizon. Tidak hanya grafis yang enak dipandang, Need For Speed: Heat juga menawarkan gameplay dengan cerita yang menarik. Melanjutkan judul Need For Speed, tentu saja game balap satu ini tidak lepas dengan aksi kejar-kejaran dengan polisi.

Need For Speed: Heat menempatkan Anda sebagai seorang pembalap jalanan pemula yang ingin membuat dirinya terkenal di kalangan Palm City. Tentu saja, perjalanan itu tidak mudah — karena bukan hanya melawan pembalap lain, Anda juga harus menghindari polisi yang berusaha menempatkan Anda di balik jeruji besi.

Di PC, game besutan Electronic Arts ini bisa Anda dapatkan melalui Steam dan Origin.

4. Project CARS 2 (2017)

Image Credit: Slightly Mad Studios

Mirip F1 2020 di atas, Project CARS 2 merupakan game simulasi balapan di sirkuit dengan mobil-mobil dari dunia nyata. Game besutan Slightly Mad Studios ini merupakan salah satu game balap mobil yang sangat realistik — bukan soal grafisnya, melainkan physics-nya yang akurat dengan dunia nyata.

Berbeda dengan game balap simulator lainnya, mobil-mobil Project CARS 2 lebih ‘menggigit’ aspal. Jadi, Anda bisa benar-benar menikmati mobil yang Anda gunakan untuk balapan — bukan malah fokus berusaha mengendalikan mobil. Di Project CARS 2, terdapat 180 mobil yang dapat mengaspal di 60 sirkuit yang berbeda. Tidak hanya aspal, Project CARS 2 juga memiliki berbagai terrain lain seperti salju dan tanah.

Anda dapat menggarap Project CARS 2 di Steam dengan harga Rp510 ribu.

5. Rocket League (2015)

Image Credit: Psyonix

Game balap tempur satu ini terbilang berbeda dengan game balap lainnya. Pasalnya, Rocket League mengombinasikan mobil dan sepak bola di gameplay mereka. Di Rocket League, Anda akan mengendarai mobil yang bisa lompat, terbang dengan roket, dan salto di udara. Dengan mobil ini, Anda harus menabrak bola dan membuatnya terpental ke gawang lawan. Tiap bola yang masuk ke gawang lawan akan diberikan satu poin — siapapun yang berhasil mendapatkan poin terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Menariknya, Rocket League sering mengadakan kolaborasi dengan beberapa brand mobil seperti Lamborghini, McLaren, dan banyak lagi. Tidak hanya brand mobil, mereka juga pernah bekerja sama dengan film-film ternama seperti Fast and Furious, Batman, serta James Bond.

Anda bisa mengunduh game balap tempur ini di Epic Games Store secara gratis.

Nah, cukup untuk PC — mari masuk ke game balap mobil terbaik di mobile. 

6. Asphalt 9: Legends (2018)

Image Credit: Gameloft

Meneruskan serial Asphalt, sekuel ke-9 ini juga tidak kalah seru jika dibandingkan dengan prekuelnya. Dengan grafis dan gameplay yang jauh lebih baik dari seri sebelumnya, Asphalt 9: Legends bisa dibilang sebagai game balap terbaik di mobileGame balap mobil 3D besutan Gameloft ini dapat dimainkan secara online maupun offline. 

Asphalt 9: Legends memiliki 105 mobil dari sejumlah brand ternama yang bisa Anda kendarai dan modifikasi. Mobil-mobil ini dapat mengaspal di 70 sirkuit berbeda yang lokasinya berdasarkan dunia nyata. Penerus Asphalt 8: Airborne yang legendaris ini juga memiliki lebih dari 800 event yang dapat Anda ikuti.

Anda bisa menemukan apk game mobil balap ini di Google Play Store dan App Store secara gratis.

7. CSR Racing 2 (2016)

Image Credit: NaturalMotion

Serial CSR Racing merupakan salah satu game balap di mobile paling terkenal. Namun, berbeda dengan Asphalt 9: Legends di atas, CSR Racing 2 mengajak Anda untuk drag racing. Sekadar informasi, drag racing merupakan salah satu jenis balapan yang mengadu performa mobil di trek lurus. Jadi, untuk memainkan game balap ini, Anda cukup melakukan launch dan oper gigi di waktu-waktu yang telah ditentukan.

Menariknya, mobil-mobil yang berjumlah lebih dari 50 ini dapat Anda modifikasi sebebas keinginan Anda — seperti mencopot bagian-bagian mobil hingga melakukan tuning agar mobil Anda lebih kencang. CSR Racing 2 memiliki berbagai mode yang bisa Anda mainkan, seperti campaign mode (singleplayer) serta online racing melawan orang lain.

Jika Anda tertarik untuk mencicipi CSR Racing 2, Anda bisa mengunduhnya di Google Play Store dan App Store secara gratis.

8. Real Racing 3 (2013)

Image Credit: Electronic Arts

Game mobil balap 3D di platform mobile ini memiliki lebih dari 200 mobil yang bisa Anda kendarai. Tidak kalah dengan game balap PC, mobil-mobil yang ada di Real Racing 3 juga berasal dari dunia nyata. Bukan hanya mobil biasa, Anda juga bisa mencicipi mobil-mobil dari Formula One. Sesuai namanya, Real Racing 3 memiliki gameplay dengan physics yang mirip dengan dunia asli.

Konten di game ini juga tidak main-main. Real Racing 3 memiliki berbagai game mode seperti real time multiplayer, singleplayer career, dan party play. Meskipun sudah berumur lebih dari 8 tahun, Real Racing 3 masih mendapat update-update serta memiliki lebih dari 2000 event yang dapat Anda ikuti.

Apk game mobil balap satu ini bisa Anda temukan di Google Play Store dan App Store tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis.

9. Mario Kart Tour (2019)

Image Credit: Nintendo

Siapa yang tidak kenal dengan seri Mario Kart? Serial game balap go-kart ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1992 dengan judul “Super Mario Kart” di platform NES (Nintendo Entertainment System). Nah, melanjutkan seri legendaris besutan Nintendo ini, Mario Kart Tour berhasil meneruskan keasyikan prekuel-prekuelnya dan membawanya ke mobile. Menariknya, Nintendo juga menyematkan mode multiplayer melalui update pada tahun 2020 lalu.

Namun, tidak seperti seri Mario Kart biasanya — Nintendo telah mendesain ulang beberapa trek klasik untuk membuatnya lebih mudah untuk dimainkan. Trek-trek ini menjadi lebih pendek dan balapannya hanya memiliki 2 lap. Ini membuat Mario Kart Tour cocok dimainkan di manapun. Nintendo juga membawa kembali ciri khas Mario Kart-nya yaitu power-ups seperti turtle shells, pisang yang bisa membuat lawan tergelincir, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengunduh Mario Kart Tour di Google Play Store dan App Store secara gratis.

10. GRID Autosport (2019)

Image Credit: Feral Interactive

GRID Autosport merupakan game mobil balap offline yang awalnya rilis di PC pada tahun 2014. Setelah 5 tahun di PC, platform mobile akhirnya kebagian untuk mencicipi game balap satu ini. Gameplay GRID Autosport fokus di pengalaman singleplayer dan memiliki pengaturan seberapa sulit musuh yang akan Anda lawan.

Game besutan Feral Interactive ini memiliki lebih dari 100 mobil yang dapat mengaspal di 100 balapan yang berbeda. GRID Autosport juga mendukung penuh penggunaan controller. Jadi, Anda bisa merasakan pengalaman bermain konsol yang portable.

Jika Anda tertarik untuk merasakan balapan di game GRID Autosport ini, Anda bisa menggarapnya di Google Play Store dan App Store dengan harga Rp39,900.

Penutup

Nah, itulah tadi 10 game balap mobil terbaik di platform PC dan mobile yang wajib Anda coba. Tentu saja, beberapa game di atas paling asyik untuk mengisi waktu luang Anda. Di sisi lain, jika Anda ingin melihat beberapa game open world terbaik, Anda dapat melihatnya di sini.

Feat image credit: XboxONE_HQ

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV