22 July 2014

by Yoga Wisesa

Game Infectonator: Survivors Dikopi dan Diedarkan Secara Ilegal di Apple Store

Bagi Toge Productions, pencurian aset karya mereka bukanlah hal yang baru, tapi tetap saja sangat mengesalkan. Beberapa tahun lalu, Infectonator 2 pernah diunggah ke Google Play tanpa izin sang developer. Kali ini giliran game terbaru mereka, Infectonator: Survivors yang masih dalam tahap pengembangan di Steam Greenlight, dirilis secara ilegal di Apple store.

Minggu kemarin, Toge Productions membuat sebuah pengumuman di laman Greenlight mereka. Toge menyatakan bahwa karya yang sudah susah payah mereka buat selama dua tahun telah dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Lebih parahnya, sang pencuri yang menamai tim developer-nya Qin Chen menawarkan hasil bajakan itu sebagai app premium.

Di Apple store, Qin Chen mengubah nama Infectonator: Survivors menjadi Survivors! Tapi hanya itu saja perbedaannya. Kita bisa melihat jelas bahwa Survivors! adalah hasil copy-paste dari aset Infectonator: Survivors milik Toge Productions. Yang mengesalkan lagi, sang oknum tidak repot-repot mengubah palet warna dan hanya 'memotong' namanya saja.

 

Info menarik: Versi Early Access ‘Infectonator: Survivors’ Akan Tersedia Minggu Depan di Steam

 

Representasi dari Toge Productions mengungkapkan bahwa mereka telah melaporkan pelanggaran ini kepada pihak Apple, tapi mereka membutuhkan bantuan Anda lebih lanjut untuk menyebarkan berita ini ke semua orang, dan menghimbau agar tidak membelinya.

Pembajakan adalah sebuah masalah klasik yang bisa dibilang akan selalu ada. Ia menimpa hampir semua karya dengan hak cipta, baik buatan perusahaan besar maupun tim pengembang independen, termasuk film, musik hingga video game. Tapi Anda perlu tahu, tidak seperti publisher game raksasa dengan berbagai tim developer di bawah bendera mereka, Toge Productions hanyalah studio kecil, dengan para talenta yang berdedikasi tinggi.

Mereka menegaskan bahwa hingga saat ini, satu-satunya versi Infectonator: Survivor yang bisa kita nikmati adalah melalui program Steam Early Access yang dirilis pada tanggal 14 April kemarin, atau versi alpha yang tersedia di ArmorGames.com. Toge sama sekali belum mengumumkan ketersediaan Infectonator Survivors di platform mobile. Versi Steam Early Access sendiri ditawarkan dengan harga yang murah, hanya US$ 13.

 

Info menarik: Infectonator Hot Chase Memenangkan Best Mobile Game 2013 di Armor Games

 

Toge Productions kembali memberikan update pada tanggal 20 Juli kemarin. Sayangnya Apple belum membalas email dari mereka, versi bajakan tersebut bahkan masih bisa diakses di Apple store. Dan ternyata, Toge Productions bukanlah satu-satunya korban. Oknum yang sama telah mencuri game-game karya developer independen lain.

Sebagai info tambahan, oknum tersebut juga mencoba mengunggah versi curian Infectonator: Survivors di Google Play. Tapi Google tampak jauh lebih sigap dan langsung menghapusnya begitu laporan keluhan dari Toge mereka terima.

Anda bisa membantu Toge Productions menyelamatkan karya mereka dengan menyebarkan berita menyedihkan ini, baik secara verbal, atau melalui forum online dan sosial media. Atau Anda bisa melaporkan langsung masalah tersebut ke Apple melalui link ini. Kita hanya bisa berharap semoga Apple segera memberikan respon.

Sumber: SteamCommunity.com. Gambar header: Steam.