Featured Article

9 Game Gratis untuk Menemani Anda di Kala Pandemi

21 May 2020 | Yabes Elia
Inilah game-game gratis yang setia menemani Anda menghibur diri di rumah masing-masing.

Di masa pandemi dan pembatasan jarak fisik sekarang ini, saya tahu banyak dari Anda yang merasa mati gaya karena tak bisa bebas keluar rumah dan bertemu kawan-kawan. Tetapi, saya juga tahu banyak gamer yang memang hobi mengurung diri dalam kamar dan asyik dengan dunianya sendiri meski di luar masa pandemi — saya salah satunya wkawawkawka… Namun setidaknya masa-masa itu kita mengurung diri karena pilihan, bukan karena terpaksa.

Untungnya, di zaman sekarang ini, akses internet sudah jauh lebih mudah dan juga banyak game-game yang bisa dijadikan kawan setia menemani hari-hari Anda di kala pandemi. Dengan bermain game, Anda tetap bisa berinteraksi dengan kawan-kawan Anda meski berada di rumah masing-masing. Memang, bermain bersama di satu ruang memiliki keasyikan tersendiri yang tidak akan tergantikan. Meski demikian, adalah tanggung jawab bersama dari masing-masing kita untuk saling menjaga jarak fisik untuk menahan laju persebaran virus COVID-19.

Razer Gold merupakan mata uang digital untuk membeli item dalam game. | Sumber: Razer
Razer Gold merupakan mata uang digital untuk membeli item dalam game. | Sumber: Razer

Berhubung artikel ini disponsori oleh Razer Gold, game-game yang saya rekomendasikan kali ini adalah yang mendapatkan penawaran harga khusus dan promosi sekarang-sekarang ini. Buat yang belum tahu, Razer Gold sendiri adalah sistem pembayaran milik Razer yang menawarkan banyak bonus dan kemudahan. Sekarang, Anda bahkan bisa isi ulang Razer Gold di Indomaret dan Alfamart. Untuk update promo-promonya, silakan kunjungi sendiri lama resmi Razer Gold ya.

Game-game di sini juga sangat populer dan dimainkan banyak orang — meski memang bisa jadi selera Anda berbeda dengan kebanyakan orang. Namun demikian, setidaknya, Anda wajib mencoba 9 game yang ada di daftar kali ini.

PUBG Mobile

PUBG Mobile
Sumber: PUBG Mobile

Jika Anda belum pernah bermain PUBG Mobile sama sekali, Anda harus mencoba setidaknya sekali… Buat Anda yang merasa aneh bermain game tembak-tembakan di layar sentuh (seperti saya), PUBG Mobile bahkan menyuguhkan emulator resmi yang bisa dimainkan di PC. Saya pribadi juga mencoba memainkannya di PC dengan emulator.

Apalagi buat para pemain yang biasanya bermain MOBA, genre battle royale menurut saya tidak terlalu bergantung pada rekan-rekan satu tim. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut keceplosan mengeluarkan nama-nama fauna saat mendapatkan rekan satu tim yang menyebalkan seperti di MOBA. Apalagi ini masih bulan puasa…

Oh iya satu lagi, PUBG Mobile juga sudah memiliki liga resminya sendiri (PMPL) yang dimulai di tahun 2020 ini. Jadi, buat Anda yang punya ambisi besar menjadi pemain profesional dan lebih percaya diri dengan kemampuan membidik senjata, PUBG Mobile bisa jadi jalur kompetitif untuk Anda meraih mimpi.

Black Desert Online (PC)

Saya tahu tidak sedikit juga para gamers yang memang lebih suka bermain di PC ketimbang di ponsel, seperti saya. Bagaimanapun juga platform PC jauh lebih canggih dan lebih matang. Hal ini terlihat jelas dari Black Desert versi PC dan mobile. Aspek pertama yang bisa langsung terlihat adalah perbandingan grafisnya. Faktanya, jika berbicara soal grafis, PC memang paling superior dibandingkan platform gaming lainnya; termasuk dibandingkan dengan console, apalagi mobile. Malah mungkin memang jadinya tidak adil membandingkan grafis antara PC dan mobile.

Black Desert Online untuk PC adalah salah satu MMO yang langsung mencuri perhatian bahkan saat pertama kali dirilis. Game yang sudah dimainkan oleh 17 juta orang di 150 negara ini menawarkan pertarungan yang terasa mantap dan bertempo cepat, grafis yang ciamik, serta open world content yang lengkap.

Mobile Legends: Bang Bang

Sumber: Google Play
Sumber: Google Play

Seperti yang saya tuliskan tadi, mengingat sekarang masih bulan puasa, bermain MLBB memang menjadi tantangan tersendiri. MLBB sendiri sebenarnya sangat menyenangkan untuk dimainkan, sayangnya komunitasnya mungkin sudah terlalu besar dan terlalu liar.

Maka dari itu, solusinya adalah bermain Mode Ranked hanya bersama kawan yang Anda kenal. Jika kebetulan Anda tak punya kawan di MLBB, menurut saya bermain mode Classic, Brawl atau Arcade mungkin sedikit lebih aman karena tekanan yang dirasakan tidak akan separah saat bermain Ranked.

Menurut saya pribadi, MLBB itu layaknya kebanyakan game MOBA lainnya. Jika Anda bermain bersama dengan kawan-kawan yang memang Anda kenal, pengalaman bermainnya bisa sangat menyenangkan. Namun sebaliknya, jika Anda bermain sendirian, game ini bisa jadi ujian kesabaran yang teramat berat.

World of Tanks

Setelah ke game mobile tadi, kita kembali ke game PC. World of Tanks sebenarnya sudah dirilis 10 tahun silam. Namun demikian, game ini memang sangat unik dibandingkan kebanyakan MMO lainnya. Pasalnya, di sini Anda hanya akan berkutat dengan pertempuran antar tank. Bukan seperti kebanyakan game MMO yang biasanya menggunakan karakter humanoid. Karena pertempurannya adalah antar mesin-mesin baja dengan artileri kelas berat, pertempuran di WoT juga terlihat sekaligus terasa lebih epik. Saya sungguh merasa pengalaman yang ditawarkan oleh WoT benar-benar unik dan jauh dari MMO lainnya.

Maksudnya, jika seperti BDO di atas tadi, pengalamannya mungkin ada kemiripan dengan yang ditawarkan dari Terra Online atau MMO action-RPG lainnya yang bertempo cepat. Namun untuk WoT, saya belum menemukan game lain yang menyuguhkan rasa yang mirip dengannya. Mungkin saudaranya, World of Warships, menawarkan pengalaman bermain yang lebih familiar ketimbang MMO lainnya.

Ragnarok Eternal Love

Sumber: Google Play
Sumber: Google Play

Siapakah pemain game gratisan di era kejayaan game free-to-play PC beberapa tahun silam yang tidak pernah mendengar game yang satu ini? Sayangnya, mengingat popularitasnya yang begitu legendaris di masa kejayaannya, jadi ada terlalu banyak game yang memanfaatkan nama Ragnarok. Hal ini mungkin jadi membuat pasarnya terlalu tersaturasi dan membingungkan mana yang layak dimainkan.

Ragnarok Eternal Love adalah salah satu yang layak dicoba bagi Anda yang ingin bernostalgia atau merasakan serunya MMO ala Ragnarok di perangkat mobile. Kelas-kelas karakter yang ada di sini juga sama seperti yang ada di versi PC-nya. Selain itu, gaya grafisnya juga serupa dengan yang ada di PC. Untuk kelas mobile, Ragnarok Eternal Love juga memiliki grafis yang cantik dan sedap dipandang. Terlepas dari Anda pernah bermain Ragnarok Online atau belum, ia tetap layak dicoba mengingat game ini boleh dibilang salah satu MMO terbaik yang bisa saya temukan di platform mobile sekarang ini.

Marvel Super War

Sumber: Google Play
Sumber: Google Play

MOBA memang masih jadi genre yang populer sejak bertahun-tahun silam. MOBA di mobile juga cukup berhasil merebut banyak perhatian para pemainnya. Di sisi lain, cerita dan karakter-karakter superhero dari Marvel juga kembali populer sejak Marvel Cinematic Universe berhasil memberikan hiburan yang sangat berkesan buat banyak sekali orang, lewat layar lebar.

Marvel Super War mencoba memanfaatkan 2 formula yang populer tadi menjadi satu game. Anda bisa bertarung di pertarungan MOBA dengan menggunakan karakter-karakter superhero Marvel seperti Black Panther, Captain Marvel, Iron Man, Hulk, dan segudang karakter lainnya yang akan terlalu banyak jika disebutkan semuanya di sini.

Jika Anda memang masih mencari MOBA yang lebih cocok dengan gaya Anda, Marvel Super War memang layak dijajal. Meski memang, sayangnya, selain karakter-karakter Marvel, game rilisan Net Ease ini mungkin tak mampu menawarkan keistimewaannya sendiri dari sisi gameplay. Hal ini memang bisa jadi kekurangan dan kelebihan tersendiri. Kelebihannya, Anda mungkin tak perlu menyesuaikan diri terlalu lama jika Anda sudah terbiasa bermain MOBA di mobile seperti Mobile Legends di atas.

Asphalt 9: Legends

Jika Anda sudah bermain game di ponsel bahkan sejak zaman Symbian dulu, Anda pasti tahu bahwa seri Asphalt adalah seri game balap legendaris di perangkat mobile. Gameloft pun tentunya tak ingin melepaskan kesempatan untuk terus memanfaatkan brand kuat Asphalt.

Asphalt 9: Legends adalah game terakhir dari seri Asphalt yang sebenarnya sudah dirilis dari tahun 2018. Namun demikian, grafis Asphalt 9 ini sungguh sedap dipandang di kelas mobile dan bisa dibilang cukup berat dimainkan. Jika Anda punya ponsel yang cukup mumpuni, Anda wajib mencoba Asphalt 9: Legends karena setiap aspek yang ditawarkannya sungguh memuaskan.

LifeAfter

Sumber: Google Play
Sumber: Google Play

Dari semua game-game yang ada di sini, jujur saja, mungkin inilah game yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Namun demikian, setelah saya mencobanya sendiri, saya tahu kenapa saya harus memasukkannya ke daftar kali ini. Game ini adalah game survival yang menggabungkan banyak elemen mulai dari shooter, RPG, ataupun strategi.

Game ini benar-benar kompleks dan akan menyita banyak waktu Anda yang berarti cocok untuk menemani di kala pandemi ini. Oh iya, satu lagi, mengingat game ini juga mungkin tidak sekompetitif MOBA, Anda tak perlu takut batal puasanya karena keceplosan menyebut berbagai jenis nama flora dan fauna saat bermain. Di tambah lagi, jika dibandingkan dengan semua game yang ada di daftar ini, LifeAfter juga mungkin yang paling unik dari sisi gameplay-nya.

Saint Seiya: Awakening

Game terakhir yang ada di daftar ini adalah Saint Seiya: Awakening. Di dunia anime, Saint Seiya mungkin bisa dibilang sama legendarisnya dengan Dragon Ball atau mungkin Doraemon. Anime yang pertama kali dirilis tahun 1986 ini memang menyuguhkan dunia, cerita, dan karakter-karakter yang tidak mudah terlupakan.

Saint Seiya: Awakening adalah salah satu game mobile yang memanfaatkan popularitas seri ini. Game ini adalah RPG turn-based yang menceritakan kembali petualangan Sherina, eh maksudnya, Seiya dari awal. Grafisnya juga sangat menarik dengan efek-efek yang fantastis. Sayangnya, tidak seperti LifeAfter sebelumnya, gameplay yang ditawarkan oleh game ini juga tidak jauh berbeda dari kebanyakan RPG turn-based lainnya di platform mobile.

Meski begitu, game ini tetap menarik untuk dicicipi karena ia mampu menyuguhkan banyak aspek (seperti grafis, gameplay, dkk.) yang layak diacungi jempol.

Bigo Live

Ummm, yang ini mungkin memang bukan game. Makanya, saya menuliskan 9 game di awal artikel. Meski begitu, sekarang, Bigo Live juga banyak menyuguhkan konten game streaming — selain konten-konten lainnya. Bagi Anda yang sedang jenuh bermain, sial dengan losing streak, atau ingin bersantai saja tanpa perlu berpikir soal strategi, timing, ataupun bidikan, Bigo Live mungkin bisa menemani Anda.

Penutup

Itu tadi 9 game yang bisa Anda coba jika sedang kebingungan mencari pengisi waktu menunggu berbuka atau malah sahur — siapa tahu Anda punya jam hidup yang terbalik macam burung hantu seperti saya akhir-akhir ini.

Disclosure: Artikel ini disponsori oleh Razer Gold, layanan virtual credit terbesar di dunia dari Razer untuk para gamer. #StayHomeGameOn #StayCleanStayHealthy #DiRumahAja