12 December 2021

by Galih

Game-game Android Akan Sambangi Windows Tahun Depan

Para gamer di PC dapat memainkan game-game Android secara native nantinya.

Bila Anda merupakan salah satu gamer yang berangan-angan untuk memainkan game Android di Windows tanpa emulator, maka Google membawa berita gembira. Pasalnya, mereka akan membawa aplikasi-aplikasi Google Play Games ke platform PC mulai tahun depan.

Kejutan ini disampaikan langsung oleh Google saat gelaran The Game Awards 2021 lalu berlangsung. Google mengumumkan bahwa mereka akan membawa ekosistem gaming terbesar mereka yaitu Android untuk menuju PC Windows agar para gamer dapat mengakses ratusan judul game Android langsung dari PC, laptop, atau tablet mereka.

"Mulai 2022, pemain akan dapat memainkan game Google Play favorit mereka di lebih banyak perangkat dan dapat beralih tanpa masalah antara smartphone, tablet, Chromebook, dan berikutnya, PC Windows." Ungkap Direktur Produk Games Android dan Google Play, Greg Hartrell kepada The Verge.

"Produk-produk yang dikembangkan Google ini akan membawa game-game Google Play Games terbaik ke desktop dan laptop, dan kami tidak sabar untuk mengembangkan platform kami untuk para pemain dapat lebih menikmati game Android favorit mereka." Lanjut Hartrell.

Meskipun sama-sama menuju Windows, namun Google mengatakan bahwa mereka mengembangkan aplikasi desktop mereka sendiri. Berarti program ini tidak ada sangkut pautnya dengan proyek Microsoft yang memungkinkan Windows 11 menggunakan aplikasi Android ataupun aplikasi lainnya.

Sayangnya, Google tidak menjelaskan teknologi apa yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi Android tersebut di Windows. Namun disebutkan bahwa aplikasi yang dijalankan tersebut akan berjalan secara 'native' dan bukan dijalankan secara streaming lewat cloud.

Image credit: Greenbot

Perbedaan lainnya dengan fitur dari Microsoft, Anda hanya bisa membuka aplikasi Android di Windows 11. Sedangkan Google akan membuat Google Play Games juga dapat mendukung para pengguna Windows 10. Berarti, aplikasi milik Google ini nanti tidak membutuhkan integrasi khusus dari Windows.

Rencana Google untuk membawa aplikasi-aplikasi Android ke Windows ini sebenarnya telah muncul sejak awal tahun 2021 ini. Khususnya lewat dokumen-dokumen yang terungkap dari kasus Epic vs Apple lalu. Selain Windows, Google juga disebut ingin membawa game-game Android mereka ke platform Mac. Meskipun hingga sekarang Google masih belum mengumumkan perihal hal tersebut.