21 February 2022

by Glenn Kaonang

Game Director Final Fantasy XIV Beri Klarifikasi Tentang NFT

“Berdasarkan bagaimana FF XIV dirancang, kami tidak berniat untuk memasukkan elemen NFT apapun ke dalam game saat ini”

Awal Januari kemarin, Square Enix sempat menuai kontroversi ketika bos besarnya, Yosuke Matsuda, memaparkan rencananya untuk mendalami tren NFT dan blockchain gaming. Meski Square Enix sejauh ini belum punya rencana yang benar-benar spesifik, hal itu tidak mencegah komunitas gamer berspekulasi tentang game besutan Square Enix yang akan disisipi NFT.

Salah satu yang ramai dibicarakan adalah Final Fantasy XIV. Tidak heran, mengingat MMORPG yang dirilis di tahun 2013 tersebut merupakan salah satu mesin uang Square Enix, dan yang sejauh ini tercatat sebagai game dengan keuntungan terbesar dari seri Final Fantasy secara keseluruhan. Jadi, apa benar NFT bakal menjadi salah satu agenda ke depan yang direncanakan untuk Final Fantasy XIV?

Tidak, kalau kata game director Final Fantasy XIV itu sendiri, Naoki Yoshida. Dalam sebuah livestream yang disiarkan ke Twitch baru-baru ini, Naoki mengatakan, "Berdasarkan bagaimana FF XIV dirancang, kami tidak berniat untuk memasukkan elemen NFT apapun ke dalam game saat ini, jadi jika ada yang khawatir tentang hal itu, saya dapat dengan jelas menyatakan saat ini bahwa kami tidak memiliki niat untuk memasukkannya ke dalam permainan."

"Saat ini?" Awalnya saya juga langsung bertanya-tanya ketika mendengar pernyataan tersebut. Namun mendekati akhir sesi livestream, Naoki kembali mengklarifikasi, "Tidak ada NFT di FF XIV, jadi tak perlu khawatir."

NFT memang terus menjadi topik perbincangan hangat belakangan ini, dan industri video game pun tidak luput dari itu. Seperti halnya banyak tren teknologi baru, NFT pun juga menuai pro dan kontranya sendiri.

Di luar topik NFT, sesi livestream tersebut turut membahas mengenai pembaruan yang bakal FF XIV terima ke depannya, salah satunya adalah perombakan dari sisi kualitas grafis yang akan hadir di versi 7.0. Pada versi barunya ini nanti, berbagai detail visual pada karakter (rambut, kulit, pakaian, dan masih banyak lagi) akan terlihat lebih tajam selagi masih mempertahankan penampilan aslinya.

Tak hanya karakter, visual di dunianya pun juga akan ikut dipertajam resolusinya, namun sekali lagi tanpa mengubah gaya estetikanya. Update grafis ini baru diuji selama satu bulan, namun sejauh ini hasilnya sudah kelihatan cukup bagus.

Dalam kesempatan yang sama, tim pengembang FF XIV juga mengumumkan bahwa program free trial FF XIV akan kembali tersedia pada 22 Februari. Sebelumnya, program ini sempat disetop akibat permasalahan dari sisi server pasca peluncuran expansion terbaru FF XIV yang berjudul Endwalker.

Sumber: PC Gamer.