Hybrid
for SEO
Hybrid

Usai MotoGP, Inilah 8 Game Balap Motor yang Paling Menarik Sepanjang Sejarah

27 March 2022Sean Edbert

Ingin ikutan MotoGP Mandalika 2022 tapi belum kesampaian? Tenang, Anda dapat merasakannya melalui game-game di bawah ini.

Mau tahu game balap motor apa saja yang paling menarik yang pernah dibuat sampai hari ini?

MotoGP memang menjadi salah satu ajang balap motor terbesar di dunia. Dan pada 18 Maret 2022 kemarin, Indonesia akhirnya kembali menjadi tuan rumah dari ajang balap motor bergengsi tersebut. MotoGP Mandalika 2022 yang dilaksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan seri kedua dari Kejuaraan Dunia 2022. Sebelum ke Lombok, seri pertama dari MotoGP 2022 ini telah dilaksanakan di Qatar pada awal Maret lalu.

Image Credit: otomotif.kompas.com

Pada 20 Maret 2022, MotoGP Mandalika 2022 akhirnya ditutup dengan Miguel Oliviera sebagai juara pertamanya. Meski sudah usai, MotoGP Mandalika tentunya masih memberikan hype yang meledak-ledak bagi para penggemar balap motor dan masyarakat Indonesia. Nah, jika Anda masih ingin merasakan sensasi balapan ala-ala MotoGP kemarin, kami telah merangkum beberapa game balap motor yang paling menarik sepanjang sejarah.

Tanpa basa-basi lebih lanjut, mari kita masuk ke daftar 8 game balap motor paling menarik sepanjang sejarah.

Game Balap Motor Legendaris

1. MotoGP 21 (2021)

Image Credit: Milestone S.r.l

Jika ingin merasakan sensasi balap motor ala MotoGP, pastinya game adaptasi dari ajang balapan tersebut harus masuk ke daftar game balap motor ini. Game MotoGP 21 menyuguhkan pengalaman balapan identik dengan ajang balapnya. Bahkan, sampai karakter-karakter pembalap dari dunia nyata dapat Anda mainkan di game balap motor satu ini.

Tidak hanya karakter pembalapnya yang diambil dari dunia nyata, gameplay dan grafiknya juga tidak kalah realistik. Gerakan miring-miring yang dilakukan oleh karakter in-game tidak terasa canggung membuat sensasi balapannya semakin nyata. Oh iya, MotoGP 21 ini juga dapat dimainkan secara online. Jadi, Anda dapat melawan pemain lain maupun menantang teman Anda dalam balapan motor.

Layaknya WWE 2K22, MotoGP 21 ini merupakan game yang rilis secara tahunan. Dan sekuelnya, MotoGP 22, dikabarkan akan hadir pada 21 April 2022 mendatang. MotoGP 21 dapat dimainkan pada PC, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, PlayStation 4, dan PlayStation 5.

2. RIDE 4 (2020)

Jika tadi MotoGP lebih ke balapan, RIDE 4 ini menyediakan pengalaman bermain lebih luas. Di RIDE 4, Anda dapat mencoba lebih dari 170 motor dari pabrikan Honda, Kawasaki, hingga Harley Davidson. Model motor-motor ini diklaim diambil langsung dari dunia nyata menggunakan 3D scanner. Jadi, keakuratan dari model motor di game balap motor satu ini sudah tidak diragukan lagi.

Lalu, Anda juga bebas memodifikasi motor-motor tersebut secara visual maupun mesin. Nantinya, Anda dapat menggeber motor kesayangan Anda di 30 sirkuit berbeda yang telah disediakan oleh RIDE 4. Saat balapan, RIDE 4 juga menyediakan sistem cuaca yang dinamis serta day/night cycle layaknya Dying Light 2 untuk menambah esensi riding realistis.

Seri RIDE teranyar ini dapat Anda mainkan di PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, dan Xbox Series X/S.

3. The Crew 2 (2018)

Sekuel dari The Crew ini merupakan game balapan open world besutan Ubisoft. Menjadi game balapan open world ala Forza Horizon, gameplay yang ditawarkan oleh The Crew 2 pastinya lebih bebas dari kedua game balap motor di atas. Pasalnya, tidak hanya motor, Anda juga dapat menunggangi mobil, perahu, dan bahkan pesawat di game balap satu ini.

Menariknya, map dari The Crew 2 mengambil lokasi satu negara Amerika Serikat yang skalanya telah dikecilkan. Jadi, bagi Anda yang bermimpi mengendarai motor di jalanan California bersama teman-teman Anda, Anda dapat melakukannya di The Crew 2 ini.

The Crew 2 dapat dimainkan di PC, Xbox One, dan PlayStation 4.

4. MXGP 2021 (2021)

Image Credit: Milestone S.l.r.

Setelah MotoGP Mandalika kemarin, ternyata MXGP 2022 juga akan dilaksanakan di Indonesia — tepatnya di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Bagi yang belum tahu, MXGP merupakan ajang balap motocross terbesar di dunia. Nah, sebelum ajang balap motor off-road itu mulai, Anda bisa merasakannya duluan melalui game adaptasi resmi dari MXGP, yaitu MXGP 2021.

Seperti game MotoGP di atas, MXGP 2021 ini juga mendatangkan pembalap, tim, sponsor, dan bahkan trek off-road dari dunia nyata. Grafis yang realistik hingga trek yang akurat membuat Anda “merasa seperti sedang mengendarai motor sungguhan alih-alih hanya menonton di depan layar.”

Jika Anda tertarik dengan MXGP 2021 ini, Anda dapat memainkannya di PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, dan Xbox Series X/S.

5. Midnight Club 3: DUB Edition (2005)

Midnight Club 3 merupakan game balap liar besutan Rockstar Games. Seri ketiga dari Midnight Club ini membawa Anda mengikuti perjalanan seorang pembalap liar yang ingin menjadi yang terbaik. Nantinya, Anda akan berpindah-pindah kota dari San Diego hingga Detroit demi mengalahkan para pesaing Anda.

Midnight Club 3: DUB Edition ini memiliki banyak motor klasik yang dapat Anda coba. Mulai dari chopper hingga ke sport bike, semuanya tersedia di game klasik besutan Rockstar ini. Tidak hanya motor, Anda juga dapat balapan menggunakan mobil-mobil super yang bebas dimodifikasi sesuai keinginan.

Midnight Club dapat dimainkan di PlayStation 2, Xbox, dan PSP. Namun, jika ingin mencobanya di PC, sayangnya Anda harus menggunakan emulator.

6. Road Rash (1991)

Image Credit: KASKUS

Rilis di 1991, Road Rash bisa disebut sebagai ‘mbah’-nya game-game balap motor. Game balap motor klasik besutan Electronic Arts (EA) ini mengajak pemain untuk berpartisipasi dalam seri balapan motor di California. Pemain harus berhasil memenangkan balapan-balapan tersebut agar bisa maju ke seri balapan selajutnya yang lebih sulit.

Menariknya, di Road Rash, Anda dapat menggunakan kekerasan dan melegalkan segala cara untuk meraih juara pertama. Menendang dan menonjok menjadi senjata utama Anda dalam Road Rash. Namun, Anda tentunya harus berhati-hati — karena semua lawan Anda tentunya juga akan balas memukul dan mencoba menjatuhkan Anda dari motor.

Jika ingin merasakan gameplay Road Rash, Anda dapat memainkan versi yang lebih modernnya berjudul Road Redemption yang rilis di tahun 2017. Namun, jika Anda ingin mencoba Road Rash versi 1991, Anda bisa menggunakan emulator untuk memainkannya.

7. Grand Theft Auto V/Online (2013)

Image Credit: Rockstar Games

Para gamer pastinya sudah familiar dengan game open-world besutan Rockstar Games satu ini. Grand Theft Auto V atau dikenal juga dengan GTA V merupakan seri kelima dari GTA yang rilis pada 2013. Meski umurnya hampir menyentuh satu dekade, GTA V ini masih mendapat pembaruan dari Rockstar dan bahkan telah rilis di konsol next-gen seperti PlayStation 5 dan Xbox Series X/S.

Bertempat di Los Santos (hasil adaptasi dari Los Angeles), GTA V menyuguhkan pengalaman bermain yang super bebas. Di GTA V, Anda dapat melakukan tindakan illegal seperti menabrak para pejalan kaki. Atau jika Anda mencintai kedamaian, sekadar santai-santai mengendarai motor di tengah keramaian Los Santos juga tidak kalah asyik. Tidak hanya itu, Anda juga dapat balapan motor melawan pemain lain atau teman Anda di GTA Online.

Anda dapat memainkan GTA V/Online di PC, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, dan Xbox Series X/S. Sebenarnya, konsol old-gen seperti PlayStation 3 dan Xbox 360 juga dapat menjalankan GTA V. Namun, server GTA Online untuk kedua konsol tersebut telah disuntik mati oleh Rockstar.

8. Trials Evolution (2012)

Sedikit berbeda dengan game balap motor lain, Trials Evolution mengajak Anda bermain mototrial di medan yang sedikit menantang. Di sini, Anda akan harus melewati rintangan serta melakukan gerakan-gerakan keren seperti backflip, frontflip, dan sebagainya. Trials Evolution juga menyediakan track editor yang memungkinkan pemain membuat treknya sendiri.

Game balap motor satu ini memiliki grafis 3D. Namun, angle kameranya tidak dapat diubah-ubah alias fixed. Jadi, Anda hanya dapat mengontrol karakter in-game untuk maju dan mundur saja. Meski begitu, gameplay dari Trials Evolution yang memungkinkan Anda melakukan gerakan-gerakan ekstrim dengan motor ini lumayan menasyikkan. Tentu saja, Anda juga harus memutar otak dan memikirkan cara melewati berbagai rintangan di depan Anda.

Trails Evolution dapat dimainkan di PC dan Xbox 360.

Penutup

Itulah tadi 8 game balap motor yang paling menarik sepanjang sejarah. Mulai dari tahun 1991 hingga yang teranyar, kira-kira game balap motor mana yang paling menarik perhatian Anda? Tentunya, Anda dapat mencoba semuanya jika bingung untuk memilih.

Feat image credit: Milestone S.r.l.

Play video

5 July 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Produsen hardware crypto wallet Ledger resmi menjalani debutnya di ranah marketplace NFT lewat Ledger Market.

Others from #HybridTV