4 December 2021

by Galih

Game Adaptasi Film The Matrix Terbaru Bocor, Akan Gunakan Unreal Engine 5

Game ini akan menjadi salah satu game yang menggunakan generasi kelima Unreal Engine.

Dengan akan dirilisnya film terbaru dari seri The Matrix pada akhir Desember mendatang, bukan hal yang aneh bila Warner Bros juga membuatgame adaptasi dari film tersebut. Namun bila mayoritas game adaptasi dirilis setelah film layar lebar dirilis, game yang satu ini kelihatannya akan dirilis sebelum filmnya keluar.

Menurut bocoran dari seorang pengguna Reddit bernama the_andshrew, dirinya menemukan gambar poster The Matrix Awakens tersebut dari backend website PlayStation Network. Sayangnya tidak ada informasi lain mengenai penjelasan gambar ini selain bahwa game tersebut akan tersedia eksklusif untuk PlayStation 5.

Bocoran tersebut juga diperkuat leaker terpercaya. ShinnaBR menuliskan dalam cuitannya bahwa game tersebut akan menggunakan Unreal Engine 5 dan akan jadi bagian kolaborasi promosi dari filmnya.

Lebih lanjut, Shiina juga percaya bahwa game baru ini akan diluncurkan bersamaan dengan event crossover yang akan dilakukan oleh Fortnite dengan film The Matrix Resurrections. Keberadaan event kolaborasi ini juga telah banyak dirumorkan oleh para fans sebelumnya.

Hingga berita ini diangkat, tidak ada informasi apapun mengenai apa gameplay dari The Matrix Awaken ini. Namun melihat pada tagline "An Unreal Engine 5 Experience", ada kemungkinan besar game-nya akan lebih condong ke pengalaman visual dengan tema yang mengarahkan ke film terbaru The Matrix: Resurrection.

Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa The Matrix Awakens ini tetap menjadi game penuh -- bukan hanya sekadar untuk promosi filmnya saja. Sebelumnya, Warner Bros Entertainment telah mengeluarkan tiga game The Matrix yang berkaitan dengan filmnya, antara lain Enter the Matrix pada 2003, The Matrix: Path of Neo pada 2005, dan yang terakhir adalah game MMO (Massive Multiplayer Online) The Matrix Online pada 2005.

Di samping itu, banyak fans yang meyakini bahwa The Matrix Awakens ini akan diumumkan pada gelaran The Game Awards 2021 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang. Namun sekali lagi, semuanya tadi masih sebatas rumor dan prediksi. Fans kini hanya dapat berharap bahwa game tersebut benar-benar menjadi satu di antara puluhan game yang akan diumumkan pada The Game Awards mendatang.