21 September 2021

by Roni Istianto

Kalahkan Team Envy 3-0, Gambit Esports Juarai VALORANT Champions Tour 2021: Stage 3 Masters – Berlin

Tumbangnya tim-tim unggalan terlebih dahulu membuat jalan Gambit Esports memenangi VCT 2021: Stage 3 Masters – Berlin menjadi mudah.

Turnamen VALORANT tingkat internasional, VALORANT Champions Tour 2021: Stage 3 Masters – Berlin, telah resmi berakhir. Gambit Esports, tim VALORANT asal Rusia berhasil menjuarai turnamen VCT Master ketiga musim ini. Gambit Esports berhasil mengunci kemenangan setelah mengalahkan Team Evny dengan skor 3-0 di partai Grand Final.

Pertandingan Grand Final berlangsung pada minggu malam, 19 September 2021 kemarin. Pada game pertama Team Evny memberikan perlawanan yang sengit dengan memaksa Gambit Esports ke babak tambahan meskipun akhirnya juga kalah dengan skor 15-13. Selanjutnya pada game kedua dan ketiga, Gambit Esports menujukan keunggulannya dan mendominasi permainan. Gambit Esports berhasil memenangkan kedua game tersebut dengan skor 13-11 dan 13-9 atas Team Envy.

Penampilan memukau Gambit Esports di VCT 2021: Stage 3 Masters – Berlin mengejutkan berbagai pihak. Pasalnya Gambit Esports merupakan tim baru yang sebelumnya tidak lolos ke dalam VCT 2021: Stage 2 Stage 2 Masters – Reykjavík kemarin. Selain itu, tim-tim unggulan seperti Sentinels, 100 Thieves, maupun Vision Strikers sudah tumbang lebih dahulu. Bahkan juara bertahan VCT 2021: Stage 2 Stage 2 Masters – Reykjavík, Sentinels sudah gugur dari babak 8 besar.

Dengan hasil ini maka Gambit Esports berhak atas hadiah uang tunai sebesar US$225.000 atau sekitar Rp3,2 miliar dari total hadiah yang diperebutkan sebesar US$700.000 atau sekitar Rp9,9 miliar. Selain itu kemenangan ini juga menghantarkan Gambit Esports menuju turnamen VALORANT Champions 2021. Turnamen ini merupakan turnamen VALORANT terbesar tahunan yang diselenggarakan oleh Riot Games. VALORANT Champions 2021 rencananya akan digelar pada Desember 2021 mendatang di Berlin, Jerman, dan diikuti oleh 16 tim VALORANT terbaik dari seluruh dunia.

Indonesia sendiri sebetulnya mengirimkan 2 pemainnya yakni f0rsakeN (yang pernah kami tuliskan profilnya) dan mindfreak bersama tim Paper Rex dari Singapura. Sayangnya tim ini masih belum kuat bersaing melwan tim-tim kuat VALORANT lainnya. Paper Rex harus puas gugur lebih dahulu di babak Group Stage setelah tampil sebagai juru kunci klasemen grup A.