Dark
Light

Galaxy Z Fold6, Ponsel Lipat Lengkap untuk Segala Aktivitas

8 mins read
October 20, 2024

Samsung Galaxy Z Fold6 adalah perangkat lipat flagship dari Samsung. Ponsel lipat yang satu ini punya spesifikasi paling tinggi baik dari sisi perangkat keras atau juga perangkat lunak termasuk AI.

Dalam artikel ini kita akan mencoba membahas tentang spesifikasi, fitur dan fungsi lainnya, yang membuat perangkat ini layak untuk dijadikan perangkat penunjuang kerja dalam segala kondisi dan kebutuhan. Baik itu untuk hiburan, kerjaan atau membuat konten.

Spesifikasi dan Desain Galaxy Z Fold6

Untuk spesifikasi utama dari Galaxy Z Fold6, perangkat ini menggunakan prosesor dari Snapdragon yaitu Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy. Sedangkan spesifikasi yang lainnya adalah baterai 4400mAh, lalu RAM 12GB dan unit yang saya coba ini punya 256GB. Untuk dukungan pengisian cepat sendiri sampai 25W, IP48 untuk perlindungan atas debu dan air. Untuk spesifikasi kamera akan kita bahas pada bagian kamera.

Sedangkan yang berhubungan dengan layar, untuk cover adalah 6.3 inci dengan kualitas Dynamic AMOLED 2X, resolusi HD+ serta refresh rate 120Hz dan kerapatan piksel 410 ppi. Sedangkan ketika fold dibuka maka akan bisa menikmati layar 7.6 inci dengan kualitas Dynamic AMOLED 2X resolusi 2160 x 1856 (QXGA +), color dept 16M, refresh rate 120Hz, kecerahan maksimal 2.600 nits, serta kerapatan piksel 374 ppi.

Dari kombinasi di atas memberikan pondasi untuk banyak skenario aktivitas, cover screen berkualitas bisa melindungi untuk akses cepat tanpa membuka cover seperti membuka chat, menjelajah web secara singkat, bisa pula untuk menikmati konten video dengan mode Flex. Ponsel dibuka dengan sudut tertentu sehingga menyenangkan untuk menonton. Karena layar depan sudah 7.6 inci maka enak untuk menonton konten, browsing dan jelajah internet secara smooth karena didukung refresh rate sampai 120Hz.

Dan ketika ingin akses layar lebar, misalnya untuk produktivitas dengan multi layar, Anda tinggal membuka ponsel dan mendapatkan layar kualitas layar lebih tinggi yang juga lebar serta nyaman dalam genggaman karena desain dari perangkat ini kini telah berubah menjadi lebih ‘kotak’ dan lebih nyaman.

Galaxy Z Fold6 memungkinkan Anda melakukan multitasking sampai dengan 3 layar, ini memberikan keleluasaan untuk menjadi lebih produktif. Apalagi kini Galaxy AI sudah semakin canggih dan semakin membantu menyelesaikam pekerjaan. Lebih banyak tentang ini akan di bahas pada bagian bawah.

Semua aktivitas di atas di dukung prosesor jempolan Snapdragon 8 Gen3 yang sudah di-tweak khusus untuk perangkat Galaxy. Pemrosesan, browsing, multitasking pindah aplikasi dengan lancar, bahkan internet on cloud atau on device bisa dijajal dengan maksimal dengan prosesor ini. Oh ya tidak lupa, perangkat ini juga handal untuk bermain game.

Yang juga menari untuk dibahas adalah dari sisi desain. Ini bagi saya cukup penting karena keputusan Samsung untuk mengubah secara cukup drastis apa yang mereka tawarkan pada seri Fold mereka bisa mengubah cara pandang saya pada perangkat.

Dengan desain Galazy Z Fold6 yang kini menjadi flat lebih kotak dengan sudut-sudut yang terasa ‘lurus’ memberikan kesan minimalis tetapi nyaman dalam genggaman. Bagian yang paling terasa bagi saya adalah bagian pinggir perangkat. Seri sebelumnya terasa bulky dan ujungnya tidak nyaman digunakan. Kini karena lebih mendatar atau flat terasa lebih nyaman dan juga terasa lebih tipis.

Secara keseluruhan tampilannya jadi lebih minimalis tetapi malah jadi lebih keren. Apalagi pilihan warna yang saya sukai, Navy Blue menambahkan keren tampilan perangkat (meski ini masalah selera). Memandang perangkat ini tanpa casing jadi sangat menyenangkan.

Fitur menarik untuk hiburan

Selain dukungan spesifikasi, mode lipat dengan layar besar Galaxy Z Fold6 juga punya kelebihan untuk kegunaan hiburan. Misalnya saja perangkat ini memungkinkan kita untuk menikmati konten dari layar depan (cover screen) atau layar utama meski dalam keadaan terlipat.

Misalnya Anda ingin menikmati konten dengan layar cover dan tidak membutuhkan split screen. Anda tinggal mengatur sudut layar sesuai yang Anda mau dan nikmati konten. Jika Anda lebih ingin menikmati konten dalam split screen gunakan layar utama baik dalam keadaan terbuka atau menekuk sesuai sudut yang Anda mau.

Galazy Z Fold6 memungkinkan Anda menggunakan dua layar sekaligus dengan aplikasi atau konten yang berbeda. Misalnya Anda menonton konten di Youtube dan ingin mencatat karena kontennya menarik. Posisikan ponsel dengan lipatan sekitar 145 derajat (atau sesuai keinginan), lalu gunakan layar bawah untuk aktivitas lain misalnya mencatat atau browsing.

Bahkan Anda juga bisa menggunakan layar bagian bawah (saat Flex Mode) untuk dijadikan semacam mouse pad. Jadi ketika menikmati konten via Youtube, navigasi bisa dilakukan lewat layar dengan fungsi mirip mouse pad. Bahkan ada slide di bagian pinggir untuk navigasi scroll.

Untuk bermain game, perangkat ini juga mumpuni. Yang lebih menarik sebenarnya adalah untuk konten kreator game. Dengan layar yang lebar, Anda bisa menggunakan perangkat ini untuk streaming via Youtube misalnya, sambil browsing atau chat dalam satu layar saja.

Fitur menarik untuk kerja

Multitasking adalah salah satu kelebihan yang bisa dilakukan di layar lebar sebuah ponsel lipat. Tetapi bagi saya, untuk sebuah perangkat bisa menjadi perangkat yang ingin diandalkan sebagai tools untuk produktivitas, layar besar saja tidak cukup. Ada banyak fitur yang harus ada pada perangkat untuk bisa membantu menyelesaikan pekerjaan, misalnya AI, dukungan S Pen, dukungan performa termasuk kenyamanan desain.

Galaxy Z Fold6 punya itu semua. Perangkat ini bisa bisa multitasking sambil membuat konten dengan bantuan AI, membuat sketsa atau navigasi menggunakan S Pen, dengan tampilan desain yang ramping dan ringan. Semua bisa dinikmati dengan mulis tanpa halangan.

Beberapa skenario kerja yang bisa dilakukan dengan AI misalnya adalah fitur PDF Overlay dan transkripsi suara. PDF Overlay memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan atau merangkum file secara langsung tanpa ribet. Fitur ini berguna bagi mereka yang sering berkorenpondensi lewat file PDF dengan relasi antar negara (bahasa berbeda). Gabungkan fitur ini dengan multitasking ala Galaxy Fold6 dengan aplikasi lain, seperti Samsung Notes atau Email, maka Anda akan punya device powerfull untuk bantu menyelesaikan pekerjaan Anda secara lebih seamless.

Para pekerja di bidang kreatif juga bisa memanfaatkan fitur di perangkat ini dengan maksimal lewat Galaxy AI. Sketch to Image bukan hanya fitur AI untuk seru-seruan saja tetapi juga bisa membantu dalam kerja kreatif. Membuat moodboard sebelum produksi konten video atau untuk membuat sketsa dan moodboard sebelum melakukan photoshoot, bisa dibantu oleh Galaxy AI.

Tambahkan desain atau elemen gambar tertentu di atas file/foto yang sudah ada atau buat sketsa dengan S Pen agar lebih presisi dari awal dan biarkan Galaxy AI membantu untuk memvisualisasikan apa yang ada dipikiran Anda. Dengan Galaxy AI, Anda bisa dengan mudah mendapatkan gambaran dari ide yang ada di kepala.

Untuk transkripsi suara, Galaxy Z Fold6 memungkinkan Anda untuk merekam suara dan langsung mengekstraknya menjadi teks. Dari sini Anda bisa menambahkan ke Notes atau mengirimkannya ke rekan kerja via email. Membuat MOM kini tidak perlu ribet. Ini juga bisa berguna ketika Anda membutuhkan rangkuman cepat dari materi suara baik secara langsung atau rekaman (misalnya wawancara). Fitur AI di peragkat memungkinkan tidak hanya mentranskripsi tetapi juga merapihkan atau merangkum hasil teks. Jadi Anda tidak melakukan cek ulang untuk memastikan transkripsi sudah sesuai yang Anda harapkan.

Semua contoh skenario di atas bisa dilakukan di satu device bahkan di satu layar dengan fitur multitasking. Dukungan spesifikasi kelas flagship membuat perangkat bisa dengan mudah memproses komputasi termasuk AI.

Ini hanya contoh kecil dari kegunaan Galaxy Z Fold6 untuk kerja. Masih banyak lagi yang lain seperti composer untuk membantu membuat caption media sosial dengan bantuan AI. Fitur ini akan membantu mempercepat flow perkontenan yang Anda jalankan.

Sedangkan fitur multitasking dan dukungan komputasi handal yang bagi saya berguna di perangkat ini adalah gabungan antara fitur AI dan layar lebarnya. Untuk meng-edit foto dan video, perangkat ini sudah jadi satu tools yang memungkinkan melakukan segalanya dengan mudah.

Edit foto langsung di aplikasi kamera atau menggunakan aplikasi tambahan bisa dijalankan dengan lancar. Butuh editing untuk materi tertentu, ada fitur AI yang bukan gimmick yang bisa dipakai. Untuk editing video, dukungan prosesor, S Pen, dual stereo dari audio dan spesifikasi layar yang tinggi, membuat editing video singkat sudah tidak perlu lagi laptop.

Foto dan video kelas flagship

Dengan spesifikasi yang dimiliki Galaxy Fold6, Anda tidak perlu takut untuk menggunakan perangkat ini sebagai alat utama foto dan video. Meski perangkat ini adalah perangkat lipat, yang biasanya tidak memfokuskan pada penggunaan untuk foto dan video, namun Galaxy Z Fold6 sudah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang mumpuni untuk foto dan video.

Kelengkapan kamera di perangkat ini antara lain kamera utama 50MP Wide-angle dengan 2xOptical Quality Zoom, 12MP Ultra Wide Camera yang sangat bisa diandalkan untuk foto wide karena perangkat Samsung jadi salah satu perangkat yang memiliki kamera ultra wide terbaik. Kamera ini juga punya 10MP 3x Optical Zoom Telephoto Camera. Sedangkan untuk selfie ada dua kamera 10MP Cover Camera serta 4MP Under Display Camera.

Sedangkan untuk video, perangkat ini mampu merekam dengan resolusi UHD 8K (7680 x 4320) dalam 30fps serta slow motion 240fps @FHD, 120fps @FHD dan 120fps @UHD.

Spesifikasi ini bisa memberikan kualitas yang baik untuk melengkapi aktivitas Anda dengan perangkat. Anda yang hobi foto bisa membawa 1 perangkat saja. Foto lalu edit dengan layar lebar sehingga lebih menyenangkan. Membutuhkan konten yang lebih unik, gunakan fotur Galaxy AI untuk menambah seru.

Untuk video, selain dari spesifikasi di atas, perangkat ini juga sudah punya fitur Instan Slow-mo, yang memudahkan untuk membuat video slow-mo karena tidak perlu lagi meng-edit video yang sudah ada dan mengubahnya jadi slow-mo. Tinggal tap di bagian video yang akan dilambatkan, nantinya akan ada pilihan langsung untuk video yang menjadi slow-mo. Bikin konten atau footage seru akan menjadi lebih mudah.

Tidak lupa ada ProVisual Engine yang juga hadir di perangkat ini. Dengan fasilitas ini, membantu perangkat untuk bisa memberikan hasil foto yang lebih tajam dan memberikan hasil foto yang lebih baik. Galaxy Z Fold6 juga sudah dilengkapi dengan Expert RAW bagi Anda yang suka mengulik atau lebih nyaman dengan tampilan manual agar bisa mengatur sendiri baik cahaya, white balance atau ISO.

Dengan kelengkapan fitur foto dan kamera yang mumpuni, perangkat ini menjadi lebih lengkap. Tidak hanya editing tetapi juga produksi bisa dilakukan dalam satu perangkat saja. Konten kreator akan bisa memaksimalkan fitur yang Anda di perangkat untuk membuat, meng-edit, atau menambah kreasi dengan bantuan AI.

Galaxy AI kenapa menarik

Hampir semua pabrikan ponsel kini menjadikan AI sebagai salah satu fitur utama dan daya tarik bagi konsumen. Tetapi tidak banyak yang menyediakan fitur AI yang benar-benar memberikan dampak pada penggunaan alias memudahkan pekerjaan real, terutama di ranah produktivitas dan kreatif. Galaxy Z Fold6 mampu memadukan itu semua dalam satu perangkat sehingga AI yang dibawanya bukan sekedar gimmick belaka.

Di Galaxy AI – Z Fold6 fitur AI dibagi dalam dua hal yaitu AI On Device dan AI On Cloud. Untuk yang on device tidak membutuhkan jaringan, pemrosesan dilakukan di perangkat sedangkan on cloud membutuhkan jaringan internat.

Ada banyak sekali fitur yang dibawa Galaxy AI di perangkat ini mulai dari yang on device seperti Live Translate (Aplikasi pihak ketiga), PDF Overlay Translation. Fitur ini akan sangat berguna bagi para pengguna yang sering menerima dokumen PDF dalam bahasa asing. Karena Galaxy AI dapat langsung menerjemahkan sekaligus meng-edit dokumen tersebut. Listening Mode untuk komunikasi beda bahasa yang dimudahkan dengan kedua layar, cover screen dan layar utama. Lalu ada Voice Recording – Note Assist, Suggested Replies yang memudahkan membalas chat lewat rekomendasi jawaban.

Lalu untuk kreasi konten ada Live Effect, Auto Zoom memudahkan dalam merekam karena secara otomatis bisa melakukan zoom untuk hasil optimal. Dan ada pula Energy Score lewat bantuan Galaxy Watch.

Sedangkan untuk Cloud-Based AI ada AI Composer, Portrait Studio, Sketch to Image at Gallery dan Sketch to Image at Samsung Notes yang merupakan fitur AI paling keren menurut saya di perangkat ini karena menggabungkan fitur yang ada di perangkat dengan GenAI untuk memberikan hasil gambar dengan bantuan AI. Lalu ada pula fitur Smart Select to QR Code dan Create Profile Card.

Selain itu, tentu saja Galaxy Z Fold6 ini sudah dilengkapi dengan fitur Circle to Search yang memudahkan pengguna mencari informasi dengan bantuan Google hanya dengan melingkari gambar, foto atau objek yang ingin dicari. Fitur ini juga sudah mendukung S Pen di Galaxy Z Fold6.

Fitur AI yang hadir di perangkat ponsel menurut saya, haruslah bisa digunakan untuk membantu mempercepat pekerjaan. Apalagi fitur AI yang ada di ponsel lipat. Sebagian besar dari fitur AI yang bisa dinikmati di Galaxy Z Fold6 sudah bisa menjawab kebutuhan ini.

Kombinasi antara layar lebar, S Pen, dukungan prosesor dan spesifikasi, ditambah dengan fitur AI yang banyak, bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang akan dilakukan. Ini yang membuat fitur AI di perangkat ini menjadi menarik bagi saya karena menyatu dengan fitur yang bisa mendukung produktivitas pekerjaan.

Kesimpulan bahasan Galaxy Z Fold6

Sebagai perangkat flgship paling premium yang saat ini ada di pasaran dari Samsung, perangkat ini bisa dibilang adalah perangkat super lengkap, baik dari spesifikasi maupun dari fitur. Galaxy Z Fold6 bisa memberikan jawaban akan kebutuhan ponsel lipat yang digunakan untuk berbagai aktivitas. Hiburan bisa nyaman karena kualitas layar serta fitur flex mode, pekerjaan lancar dengan multitasking, fitur AI, pemrosesan handal serta dukungan S Pen. Untuk kreasi konten baik foto, video, editing, semua bisa dikerjakan dengan maksimal. Gaming pun didukung termasuk membuat konten gaming (streaming).

Perubahan desain dari perangkat ini dibanding seri sebelumnya juga bisa dijadikan salah satu daya tarik utama dari Galaxy Z Fold6. Jika deskripsi tulisan tidak bisa memberikan gambaran yang tepat, saya menyarankan Anda melihat sendiri perangkat ini di toko resmi Samsung, dan rasakan perbedaan yang cukup sifnifikan tentang relasi Anda dan perangkat. Desain yang ada saya bayangkan seperti makanan dengan tampilan dan rasa yang lezat, menggugah selera. Desain Galaxy Z Fold6 ini menggugah selera saya untuk menggunakan perangkat untuk membantu produktivitas kegiatan sehari-hari.

Smartphone foldable Samsung ini tersedia dalam varian 12GB/256GB dengan harga Rp26.499.000, 12GB/512GB dengan harga Rp28.499.000, dan 12GB/1TB dengan harga Rp31.999.000. Ada lima pilihan warna, yaitu Crafted Black, White, Silver Shadow, Pink, dan Navy. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs resmi Samsung di Samsung.com/id.

Previous Story

Xiaomi Ajak Pengguna Eksplorasi Night Photography dengan Xiaomi 14T Series

Latest from Blog

Ini Dua Chromebook Baru dari Lenovo

Lenovo memperkenalkan dua Chromebook terbaru, yakni Lenovo Chromebook Duet (11″, 9) dan Lenovo Chromebook Duet EDU G2, yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas

Don't Miss

3 Fitur Tersembunyi yang Bisa Kamu Coba di Galaxy Z Fold6 dan Flip6

Kehadiran Samsung Galaxy Z Series memang membawa banyak pengalaman baru

Bikin Video Lebih Keren dengan Fitur Instant Slow-Mo dan Flex Mode di Galaxy Z Flip6

Samsung Galaxy Z Flip6 adalah perangkat ponsel lipat yang cocok