Gadget
for SEO
Gadget

Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge, Dua Varian Baru Galaxy Note Dirilis Samsung pada Ajang IFA 2014

4 September 2014Oki Rosgani

Samsung baru saja merilis resmi perangkat phablet (smartphone dan tablet) seri Galaxy Note terbaru, tidak hanya satu model, ternyata Samsung memperkenalkan dua buah model perangkat Galaxy Note yakni Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge. Kedua perangkat tersebut diluncurkan disela-sela perhelatan IFA 2014 di Berlin, Jerman pada Rabu 3 September 2014 waktu setempat.

Samsung Galaxy Note 4

Samsung Galaxy Note 4
Samsung Galaxy Note 4

Dengan acara yang bertajuk Samsung Unpacked Episode 2, vendor perangkat asal Korea Selatan ini telah mengumumkan keberadaan dari perangkat Galaxy Note 4, ini adalah suksesor dari perangkat Galaxy Note versi sebelumnya.

Memiliki bentang layar berukuran 5,7 inci dengan tampilan Quad HD yang memiliki resolusi 1440 x 2560 Super AMOLED dengan kepadatan 515 ppi yang membuat tampilan dari perangkat ini lebih cerah dan jernih, sepertinya tampilan layar ini mewarisi tampilan layar yang dimiliki oleh perangkat tablet Galaxy Tab S. Phablet ini memiliki dimensi 153.5 x 78.6 x 8.5mm dan bobot 176 gram.

Dibanding versi pendahulunya, phablet Samsung Galaxy Note 4 telah mengalami beberapa perubahan baik secara hardaware, software dan juga disain. Sekilas, Galaxy Note 4 ini memiliki disain yang mirip dengan Galaxy Alpha karena memiliki frame berbahan metal namun dengan ukuran layar yang jauh lebih besar. Pada bagian body belakang terdapat bahan dengan tekstur lebih lembut, disain ini mengikuti Galaxy Note 3 yang juga menggunakan bahan kulit pada body bagian belakangnya.

Galaxy Note 4 memiliki dua varian berbeda berdasarkan jenis prosesor yang digunakannya, salah satu modelnya diotaki dengan prosesor 2.7GHz quad-core Snapdragon 805 sedangkan model lainnya menggunakan prosesor octa-core 1.9GHz + 1.3GHz Exynos yang merupakan prosesor besutan Samsung sendiri.

Namun begitu, kedua varian perangkat tersebut sama-sama memiliki kapasitas RAM sebesar 3GB, Bluetooth 4.1, Wi-Fi 802.11b/g/n/ac, kapasitas media penyimpanan internal sebesar 32GB dengan slot microSD, baterai berkapasitas 3220mAh dengan fitur pengisian cepat dan dukungan sensor proximity, barometer,hall sensor, pembaca sidik jari, UV sensor dan pembaca detak jantung.

Berbicara mengenai UV Sensor, ini adalah sensor yang bisa mendeteksi pengaruh radiasi sinar matahari (ultraviolet) dan Galaxy Note 4 adalah perangkat pertama yang memiliki sensor UV ini.  Nantinya UV sensor ini akan menampilkan lima tingkatan radiasi mulai dari Low, Moderate, High, Very High hingga Extreme.

Pada bagian belakang Galaxy Note 4 ini terdapat kamera utama 16 megapiksel dengan fitur OIS (optical image stabilization) yang akan mengurangi efek goyangan saat mengambil objek foto, sedangkan kamera di bagian depan dibekali dengan lensa 3,7 megapiksel. Video dibawah ini menjelaskan fitur apa saja yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note 4:

Berikut adalah spesifikasi detail dari Samsung Galaxy Note 4:

note-4-specs

 

Samsung Galaxy Note Edge

Samsung Galaxy Note Edge
Samsung Galaxy Note Edge

Galaxy Note Edge adalah varian lain dari Galaxy Note yang dirilis Samsung pada perhelatan IFA 2014, uniknya perangkat yang satu ini memiliki layar melengkung disalah satu sisinya, bagian layar melengkung ini berfungsi untuk menampilkan berbagai notifikasi dan menapilkan aplikasi yang sering digunakan oleh penggunanya.

Selain itu, bagian layar melengkung ini memiliki fungsi lain dimana pengguna bisa mengusap bagian layar ini untuk “membangunkan” peranglat atau menampilkan notifikasi ketika ponsel sedang digunakan untuk menonton tayangan video.

Sedikit berbeda dengan ukuran layar Galaxy Note 4, layar phablet Galaxy Note Edge memiliki ukuran 5,6 inci, namun begitu ponsel ini juga menggunakan layar Super AMOLED Quad HD+ dengan resolusi  2560 x 1440 piksel sedangkan pada bagian layar melengkung memiliki resolusi 160 piksel.

Galaxy Note Edge ini diotaki dengan prosesor quad-core Snapdragon 805 yang mampu berlari hingga 2.7GHz clock-speed. Terdapat dua varian memori internal yang tersedia pada perangkat ini yakni 32GB dan 64GB, sedangkan untuk baterainya akan dibekali dengan kapasitas baterai 3000mAh sedikit lebih kecil dibanding baterai yang disematkan pada Galaxy Note 4.

Dibawah ini adalah video hands-on dari perangkat Samsung Galaxy Note Edge yang dibuat oleh Android Authority:

Berikut adalah spesifikasi dari Samsung Galaxy Note Edge:

note-edge-specs

Menurut rencananya, Samsung akan mulai memasarkan kedua jenis Galaxy Note ini pada bulan Oktober. Galaxy Note 4 ini akan tersedia dalam warna Charcoal Black, Frost White, Bronze Gold, dan Blossom Pink, sedangkan untuk Galaxy Note Edge akan tersedia pada akhir tahun 2014 nanti dan perangkat ini akan tersedia dalam warna Charcoal Black dan Frost White. Sayangnya, saat tulisan ini kami buat belum ada informasi mengenai harga jual untuk kedua seri Galaxy Note tersebut.

Sumber: SammyHub 1, 2 | Gambar Header: Samsung.

Play video

19 May 2022

Dampak Penggunaan NFT Dalam Game #hybridhighlight

Episode pertama dari #hybridhighlight. Kali ini akan membahas tentang maraknya blockchain game dan dampak buruk dari ...

Others from #HybridTV