Esports Ecosystem

Gaet Vindex, Imax Bakal Siarkan Konten Esports di Bioskop

08 Jan 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Ini merupakan bagian dari strategi Imax untuk memperkaya jenis konten yang mereka tayangkan

Imax mengumumkan kerja samanya dengan Vindex, startup infrastruktur esports yang didirikan oleh co-founder Major League Gaming, Mike Sepso dan Sundance DiGiovanni. Dengan kerja sama ini, Imax akan menyiarkan konten esports eksklusif dari Vindex di bioskop mereka. Sementara itu, Vindex meluncurkan divisi baru, Vindex Studios yang akan bekerja sama dengan publisher dan liga esports. Sayangnya, saat ini, masih belum ada informasi detail tentang game apa atau turnamen esports apa yang akan ditampilkan di bioskop Imax serta harga tiket yang harus dibayar para penonton. Satu hal yang pasti, baik Imax dan Vindex berharap mereka akan bisa memulai kerja sama mereka pada semester pertama 2020.

“Sejak lama, kami telah melihat kesempatan untuk membawa dunia esports ke platform kami dan kami senang dapat bekerja sama dengan inovator yang kualitasnya telah terbukti seperti Mike, Sundance, dan tim Vindex agar kami dapat memberikan pengalaman baru pada para fans di seluruh dunia,” kata CEO Imax, Rich Gelfond, menurut laporan Variety. Keputusan Imax untuk bekerja sama dengan Vindex merupakan bagian dari usaha mereka untuk menyajikan konten baru di bioskop. Harapannya, mereka akan bisa memaksimalkan penggunaan bioskop mereka pada jam-jam kosong.

Sumber: MLG via Dot Esports
Sumber: MLG via Dot Esports

“Film masih menjadi bisnis utama kami, tapi kami melihat ada banyak kesempatan yang menarik…” kata Megan Colligan, President of Imax Entertainment. “Kami ingin menciptakan koneksi di kalangan komunitas esports dan kami tak sabar untuk melihat apa yang bisa kami lakukan di kancah esports.” Dia membanggakan, Imax kini memiliki lebih dari 1.500 bioskop di 81 negara. “Ini sangat menarik bagi pelaku esports karena industri esports masih tumbuh,” ujarnya. Memang, tidak tertutup kemungkinan ada orang-orang yang ingin menonton konten esports di layar lebar. Meskipun begitu, selama ini, usaha Imax untuk memperluas bisnisnya tak selalu berhasil. Mereka menutup pusat virtual reality mereka pada 2019, kurang dari dua tahun sejak mereka memulai proyek tersebut.

“Sebelum ini, esports belum pernah mendapatkan akses ke audiens platform Imax yang sangat luas,” kata Sepso dari Vindex. “Banyak perusahaan dan liga yang mencoba untuk mendistribusikan konten esports melalui bioskop. Tapi, mereka tak bisa memastikan kualitas dari pengalaman menonton tersebut. Satu hal yang membedakan Imax adalah mereka akan memberikan pengalaman terbaik yang bisa Anda dapatkan.” Dia menambahkan, memang pertandingan esports bisa ditonton sendirian. Namun, menonton pertandingan esports bersama akan terasa lebih seru.