Gadget News

Tips Memilih Gadget yang Tepat Untuk Meniti Karir Gaming

14 May 2020 | Akbar Priono
Untuk meniti karir gaming sebagai atlet esports ataupun kreator konten, Anda butuh gadget yang tepat. Bagaimana kriterianya? Berikut tips dari kami

Pasar gaming dan esports memang sedang berkembang pesat belakangan. Mengutip dari Newzoo, pasar esports global dikabarkan akan berkembang menjadi senilai US$1,1 miliar (sekitar Rp16 triliun) di tahun 2020 ini, berkembang 15,7% dibanding tahun 2019. Tak heran, jika banyak orang ingin bisa terjun ke dalamnya, terutama para gamers.

Sebagai seorang gamers, sebenarnya ada banyak karir yang bisa ditempuh di dalam ekosistem esports. Kalau suka dengan broadcasting, Anda mungkin bisa menjadi observer. Jika suka tampil dan bicara di depan umum, Anda mungkin bisa menjadi seorang shoutcaster. Namun demikian, karir menjadi atlet esports atau kreator konten mungkin jadi yang paling menggiurkan.

Organisasi esports asal Tiongkok, JD Gaming mengungkap, pemain League of Legends profesional bisa menerima gaji hingga 21 miliar per tahun. Dari segi kreator konten, satu contoh yang bisa kita ambil mungkin adalah FaZe Clan, yang berkembang jadi bisnis jutaan dolar AS dengan mengawali karir sebagai kreator konten.

Tapi bagaimana caranya menjadi atlet esports atau kreator konten gaming yang sukses? Selain harus memiliki kemampuan hard skill maupun soft skill, hal lain yang tak kalah penting adalah piliihan gadget untuk permulaan.

Apakah harus gadget yang super mahal dan canggih? Jika dana Anda tak terbatas, mungkin bisa saja. Tetapi jika Anda masih merintis, fokus kepada 3 aspek yang perlu Anda pikirkan ketika memilih gadget untuk meniti karir di ekosistem gaming.

Performa Mumpuni nan Stabil

Sumber: Samsung
Sumber: Samsung

Walau dana Anda mungkin terbatas, performa tetap menjadi satu hal penting untuk dipikirkan. Mengapa? Karena Anda akan kesulitan untuk menunjukkan kemampuan bermain game jika gadget Anda menjadi lag saat bermain sambil merekam atau saat memainkan game esports terkini.

Hal kedua yang penting untuk dipikirkan adalah soal stabilitas performa. Mungkin banyak gadget menawarkan performa tinggi, tapi tidak banyak yang bisa menawarkan performa stabil.

Tentu akan tidak enak jika Anda bermain lancar hanya pada awalnya saja, namun menjadi lag saat main terlalu lama. Maka dari itu, selain performa tinggi, stabilitas performa juga jadi penting untuk dipikirkan ketika akan memilih gadget untuk meniti karir di ekosistem gaming.

Display Besar, Jernih Dengan Kemampuan Touch yang Presisi

Sumber: Samsung
Sumber: Samsung

Soal akurasi touch juga jadi hal lain yang penting untuk dipikirkan ketika Anda memilih gadget yang akan Anda gunakan. Bagaimana cara mengetahui tingkat akurasi touch dari sebuah smartphone? Salah satunya dengan mengetahui jenis panel display yang digunakan smartphone.

Sejauh ini ada dua panel display yang populer di pasaran, IPS dan AMOLED. Selain dari itu ada juga Super AMOLED, teknologi display yang dikembangkan oleh SAMSUNG. Layar Super AMOLED memiliki fungsi touch yang terintegrasi dengan panel, sehingga tipe layar ini diklaim punya respon touch yang cepat dan akurat.

Layar Super AMOLED bisa jadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin meniti karir di gaming. Bagaimanapun, respon adalah segalanya dalam dunia gaming kompetitif. Dengan touch dan warna yang akurat, Anda bisa melihat dengan tajam, dan merespon keadaan dengan cepat. Tambahannya adalah, display gadget Anda juga harus besar, agar lebih jelas melihat keadaan di dalam permainan.

Baterai yang Awet dan Gaming Mode

Sumber: Samsung
Sumber: Samsung

Akan jadi menyebalkan jika Anda harus terus-terusan bermain sembari charging gadget. Kalau baterai gadget tidak awet, selain main game sambil charging, colok-cabut charger juga bisa jadi pilihan. Tapi, hal itu tentu akan jadi sangat tidak nyaman bukan? Makanya baterai awet sudah pasti akan Anda butuhkan dalam mendukung kegiatan gaming.

Hal berikutnya yang tak kalah penting adalah Gaming Mode. Mode ini sudah banyak hadir di ragam smartphone yang ada di pasaran, namun tak banyak yang bisa menyajikannya dengan baik. Lalu bagaimana Gaming Mode yang tepat bagi kita yang ingin meniti karir di dunia gaming?

Satu yang pasti adalah yang memudahkan kita untuk merekam momen-momen gemilang Anda ketika sedang bermain game. Bagaimanapun, kemungkinan Anda untuk direkrut tim profesional jadi kecil jika Anda hanya jago saja, namun tidak diketahui oleh orang banyak. Jika bisa bermain sambil merekam dengan mudah, maka Anda bisa membagikan rekaman tersebut ke media sosial, agar seluruh dunia tahu bahwa Anda adalah pemain game esports yang jago.

Samsung Galaxy A31 Memenuhi Segala Kebutuhan Tersebut

Diperkuat chipset Mediatek Helio P65, layar 6,4 inci Super AMOLED, dan baterai berkapasitas 5000 mAH, membuat Samsung Galaxy A31 menjadi pilihan yang cukup tepat bagi Anda yang ingin mulai meniti karir di ekosistem gaming.

Entah menjadi seorang pemain profesional, ataupun seorang kreator gaming, Samsung Galaxy A31 hadir untuk membantuk memenuhi faktor-faktor kebutuhan para gamers. Sebagai bonusnya, Samsung Galaxy A31 juga memiliki kamera dengan resolusi 48MP dengan sensor ISOCELL Bright GM2 yang mampu memberikan hasil foto dan video yang maksimum. Sehingga jika Anda ingin menjadi kreator, Anda bisa tampil di media sosial dengan percaya diri berkat foto dan video jernih yang dihasilkan.

Tak hanya itu AI Game Booster di Samsung Galaxy A31 juga bukan sekadar aplikasi pembersih RAM saja. Teknologi ini membuat Samsung Galaxy A31 dapat mengenali tipe game yang dimainkan dan mengoptimasi performa untuk menjalankan game tersebut. Sehingga lag jadi minimal, karena pemakaian baterai, suhu, dan memori berjalan dengan optimal.

Apalagi dengan harga yang cukup terjangkau yaitu Rp4.199.000, Samsung Galaxy A31 sudah memberikan pengalaman gadget yang memenuhi segala kebutuhan kamu untuk memulai karir di ekosistem gaming.

Performa mumpuni? Dengan Mediatek Helio P65 performa perangkat bisa terjaga. AI Game Booster juga akan menjaga permainan agar tidak lag ketika bermain dengan durasi yang lama.

Kapasitas baterai 5000 mAh, memungkinkan Anda untuk bisa main Mobile Legends 12 jam non-stop di Samsung Galaxy A31. Display besar, jernih, dengan touch yang akurat? Super AMOLED 6,7 di Samsung Galaxy A31 jawabannya.

Dukungan perangkat yang bisa diandalkan menjadi salah satu dari sekian banyak alat bantuk dalam meniti karir di ekosistem gaming dan esports yang baru mulai berkembang di Indonesia. Samsung Galaxy A31 bisa jadi salah satu pilihan yang menarik untuk dilirik.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Samsung.