14 December 2022

by Glenn Kaonang

Inilah Pemenang Gadget Champions 2022 untuk Kategori Best for Gamer

Deretan perangkat dan layanan terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan gamer dari berbagai kalangan sekaligus

Popularitas esport dan gaming di kalangan generasi muda semakin menjadi-jadi selama pandemi berlangsung. Bagi sebagian besar orang, bermain game merupakan salah satu cara termudah untuk mengisi waktu selama mobilitas dibatasi dan mereka terpaksa harus mendekam di rumah. Tidak heran kalau kemudian bermunculan banyak produk dan layanan teknologi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan para gamer.

Kami telah menyortir perangkat dan layanan teknologi terbaik yang muncul di tahun 2022 dalam beragam kategori produk, mulai dari laptop gaming, smartphone gaming, hingga aksesori gaming. Satu hal yang pasti, semua pemenang di kategori ini akan mampu meningkatkan pengalaman bermain Anda.

Berikut adalah daftar pemenang Gadget Champions 2022 untuk kategori Best for Gaming.

Samsung Odyssey Ark

Monitor curved terbaru dari Samsung ini dirancang khusus untuk memberikan pengalaman baru saat bermain game. Monitor dengan layar sebesar 55 inci ini hadir membawa fitur Multi View, yang memberi kemudahan saat pengguna ingin membagi layar dan menjalankan berbagai aplikasi sekaligus. Aspect ratio 32:9 yang amat lebar juga menjadi kunci dari kenyamanan fitur Multi View ini.

Pengguna juga bisa mengubah orientasi layar milik Ark antara portrait dan landscape sesuai kebutuhan. Ini dimungkinkan berkat stand dengan kekuatan ekstra yang sanggup menahan beban layar yang berat dengan baik. Odyssey Ark juga termasuk jajaran Smart Monitor, yang artinya ia mengemas sistem operasi Tizen, sehingga bisa langsung digunakan tanpa harus terhubung ke komputer maupun sumber lainnya. Kalau perlu, Anda bisa menonton film di YouTube atau mengakses browser langsung dari monitor.

Keunggulan desain dan fitur yang membuat sesi bermain game lebih menyenangkan dan immersive membuat Samsung Odyssey Ark layak menjadi pemenang Gadget Champions 2022 di kategori Best for Gamer.

Acer Predator Helios 300

Bagi yang mengincar laptop gaming di kelas menengah, produk Acer yang satu ini bisa menjadi alternatif yang pas. Selain menawarkan build quality yang baik, Acer Predator Helios 300 juga mengusung sistem pendinginan yang sangat efektif. Spesifiknya, Acer menerapkan teknologi AeroBlade untuk mengalirkan udara panas dari dalam laptop ke luar dengan lebih baik demi menjaga suhu laptop tetap adem, sehingga pada akhirnya performanya pun tetap kencang dan stabil.

Kualitas layar 15,6 incinya juga bisa diandalkan, dengan dukungan refresh rate 165 Hz yang cocok untuk berbagai game kompetitif beraksi cepat. Tidak kalah penting adalah kehadiran Intel Wi-Fi 6E dan Intel E2600 Ethernet Controller, yang akan memastikan koneksi ke jaringan tetap cepat dan stabil. Paduan performa dan desain yang keren ini membuat Acer Predator Helios 300 wajib dipertimbangkan oleh gamer yang membutuhkan laptop gaming kelas menengah.

ASUS ROG Strix Scar 17 SE

Buat yang mengidamkan laptop gaming 17 inci dengan performa terbaik, ASUS ROG Strix Scar 17 SE adalah jawabannya. Perangkat ini punya semua yang dibutuhkan untuk mewujudkan pengalaman bermain game yang asyik di sebuah laptop, sebut saja layar 17 inci yang lega dengan refresh rate 240 Hz, RAM DDR5 32 GB, SSD PCIe 4.0 1 TB, serta pilihan kartu grafis diskret mulai RTX 3070 Ti. Hasilnya, semua game terbaru dapat ia jalankan pada setting grafis tertinggi dengan mulus.

Andai itu semua masih terasa kurang, ASUS ROG Strix Scar 17 SE juga tersedia dalam konfigurasi yang mengemas SSD PCIe 4.0 2 TB dan GPU RTX 3080 Ti yang menawarkan performa gaming yang lebih kencang lagi.

Lenovo IdeaPad Gaming 3

Ingin beli laptop gaming tapi dana terbatas? Tak perlu berkecil hati, sebab laptop yang satu ini hadir dalam pilihan konfigurasi yang dapat dimiliki mulai dari belasan juta rupiah. Dan yang terpenting, ia tetap mampu menjalankan berbagai game terbaru dengan setting grafis yang disesuaikan.

Varian paling terjangkaunya memadukan prosesor Intel Core i5-12500H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050. Kombinasi ini masih ideal untuk memainkan beragam game di setting menengah.

ASUS ROG Flow X16

Bagi gamer yang membutuhkan perangkat berdesain tipis dengan layar yang lega, ASUS ROG Flow X16 bisa menjadi kandidat yang tepat. Laptop ini adalah satu dari segelintir laptop gaming dengan desain convertible yang dapat diputar hampir 360 derajat untuk digunakan layaknya sebuah tablet. Ini berarti ROG Flow X16 juga cocok digunakan oleh gamer yang suka membuat sketsa atau mendesain grafis.

Meski tipis, ROG Flow X16 punya performa yang mumpuni untuk bermain game. Bahkan laptop ini juga sudah mendukung ROG XG Mobile Interface sehingga dapat dipasangi GPU eksternal yang lebih bertenaga ketika dibutuhkan.

Satu fitur unggulan ROG Flow X16 yang membuatnya lebih superior dibanding laptop lain di kelas harganya adalah layarnya. Laptop ini memakai panel Mini LED yang lebih terang, lebih cepat, serta mempunyai rasio kontras yang lebih baik jika dibandingkan dengan layar LED biasa. Kualitas tampilannya saat memutar konten HDR juga merupakan yang terbaik untuk ukuran laptop saat ini.

Apple iPad Air M1 2022

Berbekal prosesor M1 yang perkasa, iPad Air 2022 menjanjikan kinerja super kencang. Di atas kertas, kemampuan CPU-nya 60 persen lebih baik, sementara performa grafisnya dua kali lipat lebih kencang dari iPad Air 2020, yang berarti ia jauh lebih cekatan dipakai bermain game maupun menyunting foto dan video.

Perangkat dengan dukungan 5G (eSIM) ini juga menawarkan layar Liquid Retina 10,9 inci dengan tingkat kecerahan maksimum 500 nit. Ada pula dukungan True Tone dan lapisan anti-reflektif yang akan memastikan pengguna selalu mendapatkan tampilan gambar yang sedap dipandang. Ini juga menjadikannya sebagai tablet M1 paling terjangkau saat ini.

Poco F4 GT

Poco F4 GT hadir membawa prosesor Snapdragon 8 Gen 1 dengan RAM LPDDR5 12 GB, serta storage 256 GB berteknologi UFS 3.1. Demi menyajikan pengalaman gaming yang lebih optimal, ponsel ini juga menawarkan sepasang tombol trigger (L1 + R1) yang dirancang dengan teknologi magnetic levitation.

Tidak ketinggalan adalah LiquidCool Technology 3.0 dengan vapor chamber ganda seluas 4.860 mm² yang Poco sematkan untuk mengimbangi performanya yang gegas. Namun yang paling menarik adalah harganya, sebab ia merupakan smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1 paling murah di pasaran saat ini.

ASUS ROG Phone 6

Mempertahankan prestasinya sebagai salah satu smartphone gaming terbaik, ROG Phone 6 tetap mengedepankan tiga keunggulan: performa gaming yang sangat kencang, layar OLED ROG Vision 165 Hz yang immersive, serta baterai dengan kapasitas jumbo.

Bukan cuma itu saja, smartphone gaming yang satu ini turut didukung teknologi canggih GameCool 6 Cooling System dan fitur pengisian daya super cepat 65 W yang mampu mengisi ulang baterainya hingga penuh hanya dalam waktu 42 menit saja.

Tri H3RO MAX

Bermain game di smartphone tidak hanya membutuhkan koneksi yang stabil, melainkan juga kuota data yang cukup besar. Di sinilah Tri H3RO MAX hadir untuk menawarkan solusi dalam bentuk kuota game unlimited. Namun tentu ada syaratnya, yakni berupa FUP (Fair Usage Policy) hingga 512 MB per hari sebelum kecepatan diturunkan. Harganya pun relatif terjangkau, mulai 15 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah.

Xbox Game Pass

Bayangkan Anda hanya perlu membayar biaya langganan bulanan atau tahunan, tapi dapat menikmati ratusan game untuk PC dan Xbox sepuasnya selama masa langganan aktif. Itulah konsep yang ditawarkan Xbox Game Pass. Anda tinggal berlangganan untuk dapat memainkan ratusan game yang ada di katalog Game Pass. Bahkan ada promo 15 ribu untuk langganan bulan pertama, dan 150 ribu untuk langganan tiap bulan berikutnya.

Game yang ada di katalog Game Pass pun bukan sembarangan. Tercatat ada banyak judul game AAA yang biasa dijual mahal yang dapat pelanggan Xbox Game Pass mainkan macam Star Wars Jedi Fallen Order, Forza Horizon 5, Battlefield 2042, Halo Infinite, Microsoft Flight Simulator, dan masih banyak lagi. Untuk harga dan koleksi game yang dimilikinya, Xbox Game Pass tidak tertandingi untuk saat ini.

WD Black SN850X NVMe SSD

Sering kali disepelekan, kecepatan media penyimpanan sebenarnya turut memegang peranan penting dalam mewujudkan pengalaman bermain game yang menyenangkan. Itulah mengapa SSD tipe NVMe selalu mendapat rekomendasi, salah satu contohnya WD Black SN850X ini.

Total ada tiga pilihan kapasitas yang ditawarkan: 1 TB, 2 TB, dan 4 TB, serta varian dengan dan tanpa heatsink untuk mendinginkan kepingan SSD saat bekerja penuh. Selain memiliki kecepatan transfer data yang kencang, SSD ini turut dibekali fitur Game Mode 2.0 yang mampu membuat game berjalan lebih cepat.

Logitech G502 X Plus

Mouse gaming ini hadir mengusung LIGHTFORCE hybrid optical-mechanical switch generasi terbaru yang memberikan kecepatan, presisi, dan respons yang tinggi. Logitech pun tidak lupa membekalinya dengan sensor gaming HERO 25K yang diklaim punya akurasi rasio 1:1 pada level sub-mikron dan zero smoothing, filtering atau akselerasi.

Fitur lain yang tersedia mencakup dukungan Device Pairing Tool di software Logitech G Hub, yang memungkinkan dua perangkat LIGHTSPEED untuk terhubung ke hanya satu unit receiver saja, serta LIGHTSYNC RGB dengan 8 LED yang bisa diatur sesuai selera.

Samsung HW-Q990B

Tak hanya cocok untuk menyuguhkan suara surround ketika menonton film, soundbar 11.1.4 channel ini juga ideal saat bermain game. Selain didukung fitur Game Mode, Samsung HW-Q990B juga dilengkapi DTS dan Dolby Atmos yang kompatibel dengan sejumlah game terbaru.

Pada judul game yang tepat, suara surround yang dihasilkannya dapat membuat Anda serasa berada di tengah arena permainan. Boleh dibilang, HW-Q990B merupakan soundbar dengan efek suara surround terbaik saat ini di kelas harganya.

ASUS ROG Cetra True Wireless

TWS gaming pertama dari ASUS ROG ini datang membawa konektivitas nirkabel dengan tingkat latensi yang rendah, serta fitur penangkal bising aktif atau ANC (Active Noise Cancellation). Untuk menghasilkan suara yang memanjakan telinga, ROG Cetra True Wireless mengandalkan driver ASUS Essence berdiameter 10 mm.

Selain itu, TWS ini turut didukung fitur EQ/Virtual 7.1 yang dapat diakses melalui aplikasi Armoury Crate guna menyajikan pengalaman audio yang lebih immersive dan nyata ketika bermain game.

HyperX SoloCast

HyperX SoloCast adalah mikrofon paling ringkas dan paling murah di lini mikrofon HyperX. Kendati demikian, kapabilitasnya sangatlah mumpuni, dengan kemampuan merekam audio setara mikrofon studio di resolusi 24-bit/96kHz. Menggunakan konektor USB-C, pengguna bisa langsung menghubungkannya ke PC atau konsol tanpa perlu repot menjalani pengaturan tambahan.

SoloCast pun juga sudah mengantongi sertifikasi Discord dan TeamSpeak. Kompatibilitas software-nya pun terbilang oke, dengan dukungan terhadap aplikasi-aplikasi seperti Streamlabs, OBS Studio, dan XSplit.

Mekanisme pemilihan Gadget Champions 2022:

Sama seperti tahun lalu, Gadget Champions 2022 dipilih dengan mekanisme tertutup. Pertama, tim redaksi Hybrid.co.id, YANGCANGGIH.COM, dan Gizmologi.id menentukan nominasi dari perangkat dan layanan teknologi terbaik yang keluar di tahun 2022. Setelah menentukan nominasi, kami kemudian memilih pemenangnya berdasarkan kategori yang telah ditentukan.

Syarat menjadi salah satu nominasi Gadget Champions adalah gadget tersebut harus resmi dijual di Indonesia melalui distributor resmi yang ditunjuk merek tersebut.