30 December 2022

by Dimas Galih W.

Gadget Champions 2022: Smartphone, Tablet, Laptop, dan Kamera Terbaik Tahun 2022

Ingin tahu smartphone, tablet, laptop, dan kamera terbaik untuk tahun 2022 menurut 3 media teknologi? Simak saja ulasan berikut ini

Tahun 2022 sudah meninggalkan kita dan diganti dengan tahun 2023. Sudah banyak perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, dan kamera yang menjadi pengujian kami. Dari sekian banyaknya perangkat yang diuji, tentu saja ada yang menjadi pilihan teratas. Dan kami telah memilih 5 perangkat terbaik dari 5 kategori untuk dinobatkan menjadi yang terbaik di tahun 2022.

Kelima perangkat yang menyandang sebagai Gadget Champions 2022 Product of The Year tentu saja sudah melalui beberapa penilaian. Kriteria pemilihan tentu saja tidak hanya melihat dari spesifikasi serta harganya saja, namun juga pengalaman penggunaannya. Adanya keunikan baru pada sebuah perangkat atau upgrade tertentu juga menjadi penilaian kami di Hybrid.co.id bersama rekan di 2 media teknologi lain yaitu Yangcanggih.id dan Gizmologi.id.

Gadget Champions 2022 sendiri merupakan program rutin yang digagas oleh 3 media teknologi ternama di Indonesia. Media tersebut antara lain Yangcanggih.id dan Gizmologi.id. serta yang terakhir adalah Hybrid.co.id.

Tanpa berlama-lama, berikut adalah pemenang dari Gadget Champions 2022 untuk kategori Product of The Year.

Kategori Smartphone of The Year: Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Sepertinya memang Samsung pada tipe Galaxy Z Flip tidak pernah berhenti untuk memukau para konsumen, termasuk kami. Dengan model smartphone lipat, membuat perangkat ini menjadi ringkas. Namun dengan spesifikasi yang diusung, tentu saja kinerjanya yang kencang membuatnya tidak mengecewakan. Pada generasi ke 4-nya ini, Samsung Galaxy Z Flip4 5G justru terlihat sebagai perangkat yang sudah matang.

Selain memiliki dimensi yang ringkas serta kinerja yang tinggi, perangkat ini juga memiliki daya tahan baterai yang baik. Kualitas build-nya juga sudah menjadi lebih kokoh dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, desain yang digunakan juga membuatnya mudah untuk mengambil foto selfie tanpa harus dengan bantuan selfie stick. Dan yang pasti, semua perangkat flagship dari Samsung sudah memiliki kamera yang bagus pula.

Dari semua fitur yang diberikan oleh Samsung, membuat perangkat ini berbeda dari yang lain. Walaupun berbeda, tidak membuat perangkat ini sulit untuk dioperasikan bahkan oleh orang awam sekalipun. Oleh karenanya, Samsung Galaxy Z Flip4 5G memang pantas untuk dinobatkan sebagai Gadget Champions 2022 Smartphone Of The Year

Kategori Tablet Of The Year: Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Pada tahun 2022, cukup banyak tablet Android yang dikatakan sebagai pengganti laptop untuk bekerja dan menumpahkan ide kreatif. Namun sepertinya dari semua yang ada, sepertinya hanya ada 1 yang menurut kami cocok untuk hal tersebut. Perangkat tersebut adalah Samsung Galaxy Tab S8 Ultra.

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra memiliki ukuran layar yang paling besar yang ada di pasar. Bukan 10 atau 11 inci, perangkat ini mengusung layar 14,6 inci yang membuat penggunanya tidak akan pusing saat dipakai untuk bekerja dan bahkan menonton hiburan seperti konten Netflix. Dengan bobot yang ringan dan dimensi yang tipis, membuatnya cocok dibawa kemana saja untuk pengganti laptop yang biasanya memiliki berat lebih dari 1,2 kg. Hal ini tidak akan membuat punggung menjadi sakit.

Perangkat yang satu ini juga sudah memiliki konektivitas 5G sehingga bisa mengakses apa pun dengan cepat melalui internet. Dengan stylus yang akurat serta cover yang memiliki tombol keyboard, sudah membuatnya menjadi sebuah perangkat penunjang pekerjaan yang bagus.

Dengan desain serta fitur yang ada, penggunaannya memang membuat kami merasa nyaman. Oleh karena itu, tablet Samsung Galaxy Tab S8 Ultra memang pantas untuk menyandang Tablet of the Year Gadget Champions 2022.

Kategori Laptop Of The Year: Acer Swift 3 OLED

Tahun 2022 sepertinya memang waktu di mana para vendor memproduksi laptop yang sangat bagus. Hadirnya prosesor Intel Core i Generasi ke 12 memang membuat sebuah laptop yang tipis menjadi sangat bertenaga. Oleh karena itu, memang cukup sulit untuk menentukan siapa yang terbaik.

Dengan keseimbangan antara spesifikasi yang tinggi dengan harga yang diberikan, membuat kami memilih Acer Swift 3 OLED. Perangkat ini sudah menggunakan Intel Core i Generasi ke 12 seri H seperti Core i5-12500H dan Core i7-12700H, RAM DDR5, serta SSD NVMe PCIe 4.0. Intel Iris Xe yang digunakan juga masih pas untuk digunakan hingga saat ini. Hal ini tentu saja sudah lebih dari cukup untuk sebuah laptop yang dipakai untuk bekerja.

Layar OLED yang diusung oleh laptop ini juga memiliki sertifikasi TÜV RHEINLAND Eyesafe. Dengan keseimbangan dan kelengkapan yang ada, kami memutuskan untuk menobatkan Acer Swift 3 OLED sebagai Laptop of The Year Gadget Champions 2022.

Kategori Gaming Laptop Of The Year: ASUS ROG Strix Scar 17 SE

Anda suka bermain game? Tentunya mengerti bahwa sebuah laptop gaming harusnya super bertenaga dan bisa menjalankan semua game dengan lancar dan nyaman. ASUS seperti biasa mengeluarkan banyak laptop gaming pada tahun 2022. Namun mata kami tertuju pada 1 laptop, yaitu ASUS ROG Strix Scar 17 SE.

ASUS sendiri menyatakan bahwa laptop ini merupakan yang paling kuat di dunia. Klaim tersebut memang tidak mengada-ada karena jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, tidak ada yang bisa dikatakan rendah. Dengan Intel Core i9 12950HX dan NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti, tidak mungkin ada game yang lag dan pelan.

Laptop gaming ini disajikan dengan layar 17 inci yang bisa membuat kita nyaman bermain di mana saja. Dengan RAM 16 GB DDR5 serta penyimpanan berbasis NVMe PCIe Gen 4, sudah pasti membuat performanya menjadi lebih optimal lagi. Audio yang dimiliki juga memiliki sertifikasi Dolby Atmos yang tentu saja membuat game mengeluarkan suara lebih menggelegar lagi.

Semua kelebihan ini membuat perangkat ini menarik hati kami untuk memberikan ASUS ROG Strix Scar 17SE gelar Gaming Laptop of The Year Gadget Champions 2022.

Kategori Camera of the Year : Canon EOS R3

Anda mencari sebuah kamera mirrorless yang cocok untuk semua orang? Canon EOS R3 mungkin adalah sebuah kamera yang mendobrak stigma bahwa mirrorless kurang cocok untuk fotografer profesional. Kamera yang satu ini bisa mengambil gambar dengan kecepatan hingga 30 fps di resolusi penuh serta tetap mengaktifkan auto fokus dan auto exporsure-nya. Hal ini tentu saja membuatnya coock untuk mereka yang bekerja sebagai fotografer olah raga yang membutuhkan kamera dengan reaksi cepat.

Eye Control AutoFocus juga menjadi sebuah fitur canggih yang ada pada kamera yang satu ini. Untuk perekaman video, kamera ini mampu mengambil dengan resolusi 6K RAW dan video 4K dengan oversampling 6K. Tidak ketinggalan lensa yang dimiliki oleh Canon juga sangat lengkap. Hal tersebutlah yang membuat Canon EOS R3 mendapatkan juara sebagai Camera of the Year Gadget Champions 2022.

Mekanisme pemilihan Gadget Champions 2022:

Sama seperti tahun lalu, Gadget Champions 2022 dipilih dengan mekanisme tertutup. Pertama, tim redaksi YANGCANGGIH.COM, Gizmologi.id dan Hybrid.co.id menentukan nominasi dari perangkat dan layanan teknologi terbaik yang keluar di tahun 2022. Setelah menentukan nominasi, kami kemudian memilih pemenangnya berdasarkan kategori yang telah ditentukan.

Syarat menjadi salah satu nominasi Gadget Champions adalah gadget tersebut harus resmi dijual di Indonesia melalui distributor resmi yang ditunjuk merek tersebut.