Esports Ecosystem

Garena Indonesia Umumkan Musim Kompetisi Free Fire Fall Season 2020

07 Aug 2020 | Akbar Priono
Mirip Spring Season 2020, struktur untuk Free Fire Fall Season 2020 terdiri dari FFML, dilanjut FFIM, dan diakhiri dengan turnamen internasional.

Sore tadi (7 Agustus 2020), Garena mengumumkan paruh kedua musim kompetitif Free Fire. Bertajuk Free Fire Fall Season 2020, Garena mengumumkan akan ada 3 buah kompetisi yang hadir pada paruh kedua musim kompetitif Free Fire. Tiga kompetisi tersebut kurang lebih masih memiliki fomat, dan hirarki yang mirip dengan paruh musim pertama kemarin (Spring Season). Dimulai dengan Free Fire Master League Season 2, dilanjut dengan Free Fire Indonesia Masters Fall, yang ditutup oleh kompetisi internasional.

Free Fire Master League Season 2 (FFML S2) sudah diumumkan tanggal 5 Agustus 2020 lalu. Bertanding dengan format liga, FFML akan mempertandingkan organisasi esports profesional yang ada di Indonesia. Musim lalu ada 24 tim memperebutkan total hadiah sebesar 1,2 miliar rupiah. Pada FFML Season 2 ada penurunan jumlah peserta dan jumlah hadiah. Akan ada 18 tim peserta, yang akan bertanding untuk memperebutkan total hadiah sebesar 1 miliar rupiah pada FFML Season 2.

Musim lalu, Free Fire Master League menyertakan “Commitment Fee” sebesar 50 juta rupiah untuk masing-masing peserta. Untuk FFML S2, Christian Wihananto selaku Produser Garena Free Fire Indonesia mengatakan bahwa biaya commitment fee tersebut masih ada, dengan nilai yang sama yaitu 50 juta rupiah.

Setelah FFML, pertandingan akan dilanjutkan ke Free Fire Indonesia Master (FFIM) 2020 Fall Season, yang bisa dikatakan sebagai “kejuaraan nasional” bagi Free Fire Indonesia. Nantinya 6 tim peringkat teratas dari babak Regular Season FFML S2 akan langsung melaju ke babak FFIM 2020 Fall Season Grand Finals. Semetara 12 sisanya akan bertanding ke babak FFML Playoff.

Dari babak Playoff, 6 tim teratas akan melaju ke babak FFIM 2020 Fall Season Play-ins, dengan 6 tim sisanya akan melaju ke babak Free Fire Indonesia Masters Final Grup. Jika Anda kebingungan, Anda bisa lihat struktur turnamennya lewat gambar di bawah ini.

Nantinya peringkat teratas dari turnamen FFIM 2020 Fall Season akan mendapat kesempatan untuk bertanding di tingkat interasional. Pada paruh musim pertama seharusnya ada Free Fire Champions Cup 2020 yang diselenggarakan di Indonesia. Namun berhubung situasi pandemi menjadi semakin genting, turnamen tersebut dibatalkan, yang digantikan dengan Free Fire Asia All-Stars 2020.

Untuk paruh musim kedua, Garena Indonesia sendiri belum menjelaskan soal turnamen internasional yang akan diadakan, namun diperkirakan akan diselenggarakan pada November 2020 mendatang. Babak Regular Season FFML 2020 Season 2 akan diselenggarakan mulai esok hari, 8 Agustus hingga 19 September 2020 mendatang. Setelah itu pertandingan akan dilanjut dengan FFIM 2020 Fall pada September– Oktober2020, ditutup dengan turnamen internasional yang akan diadakan November2020.