Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Mengintip Popularitas Free Fire di Amerika Latin di 2022

13 April 2022Ellavie Ichlasa Amalia

Meskipun begitu, game Free Fire masih populer di kawasan Amerika Latin

Free Fire League (FFL) Latinoamerica 2022 Opening baru saja selesai digelar pada akhir Maret 2022 lalu. Kompetisi yang diikuti oleh 18 tim itu menawarkan total hadiah sebesar US$148,5 ribu. Saat ini, Free Fire adalah salah satu game battle royale paling populer, khususnya di beberapa negara, seperti Indonesia, India, dan Brasil.

Diselenggarakan oleh Garena dan LVP, FFL Latinoamerica 2022 Opening dibagi ke dalam dua segmen. Segmen pertama berupa liga, yang berlangsung selama sembilan minggu. Di sini, 18 tim peserta dari FFL Latinoamerica akan dikelompokkan ke dalam 3 grup, yang masing-masing terdiri dari 6 tim. Format dari liga tersebut adalah round robin. Selama 9 minggu, setiap tim akan bertanding dalam 72 pertandingan.

Dari bagian liga, 12 tim dengan poin terbanyak akan maju ke babak Grand Finals dari FFL Latinoamerica 2022 Opening. Sementara tim yang duduk di peringkat 13-16 berhak untuk bertanding di FFL Latinoamerica 2022 Closing. Dan dua tim dengan poin paling rendah akan maju ke FFL Latinoamerica 2022 Closing Promotion.

Viewership dari Free Fire League Latinoamerica 2022 Opening

Free Fire League Latinoamerica 2022 Opening merupakan salah satu kompetisi esports paling populer sepanjang Maret 2022. Secara total, para penonton menghabiskan 2,5 juta jam untuk menonton siaran dari liga Free Fire tersebut. Rata-rata, jumlah penonton dari FFL Latinoamerica 2022 Opening mencapai 38,9 ribu orang. Sementara pada puncaknya, ada 461 ribu orang yang menonton kompetisi itu. Sepanjang kompetisi, pertandingan yang menarik perhatian paling banyak penonton adalah Round 1 dari Grand Finals.

Viewership dari FFL Latinoamerica 2022 Opening. | Sumber: Esports Charts

Menurut Esports Charts, kompetisi esports Free Fire memang biasanya akan menarik banyak penonton. Selain karena popularitas dari game itu sendiri, tapi juga karena format pertandingan yang mengadu semua tim sekaligus. Meskipun begitu, dari segi peak viewers, FFL Latinoamerica 2022 Opening masih kalah dari liga Mobile Legends Indonesia. Kabar baiknya, FFL Latinoamerica 2022 Opening berhasil menjadi event Free Fire paling populer pada 2022.

Kompetisi FFL Latinoamerica 2022 Opening disiarkan di tiga platform streaming game: YouTube, Facebook, dan Booyah! Sudah bisa diduga, YouTube menjadi platform paling populer, dengan jumlah peak viewers mencapai 455,5 ribu orang. Sementara itu, Facebook berhasil mendapatkan peak viewers sebanyak 5,5 ribu orang dan Booyah! 1,82 ribu orang.

FFL Latinoamerica 2022 Opening disiarkan dalam beberapa bahasa. Siaran dalam Bahasa Spanyol menjadi siaran paling populer, dengan jumlah peak viewers mencapai 461,1 ribu orang. Setelah itu, Bahasa Jerman menjadi bahasa terpopuler ke-2. Pada puncaknya, siaran dalam Bahasa Jerman ditonton oleh 298,8 ribu orang.

Perbandingan viewership dari FFL Latinoamerica 2022 dan 2021. | Sumber: Esports Charts

Saat ini, Free Fire masih menjadi salah satu game esports yang populer di Amerika Latin. Namun, viewership dari FFL Latinoamerica 2022 Opening masih kalah jika dibandingkan dengan kompetisi FFL Latinoamerica pada tahun lalu. Total hours watched darai FFL Latinoamerica 2022 Opening tahun ini turun 60% jika dibandingkan dengan FFL Latinoamerica 2021 Opening. Sementara jumlah peak viewers turun 68% dan jumlah average viewers turun 61%.

Hasil dari FFL Latinoamerica 2022 Opening

FFL Latinoamerica 2022 Opening berakhir pada 28 Maret 2022. Kompetisi itu dimenangkan oleh Mineros Esports, tim asal Argentina. Mereka memenangkan uang sebesar US$51 ribu dan tiket untuk bertanding di 2022 Free Fire World Series Sentosa Finals. Di Grand Finals dari FFL Latinoamerica 2022 Opening, Mineros berhasil mendapatkan 2 Booyah dan mengumpulkan 141 poin. Menariknya, Mineros berhasil tampil dominan di babak final walau performa mereka sepanjang liga justru kurang baik. Buktinya, mereka hanya bisa duduk di peringkat 11 pada saat liga berakhir.

Dengan total poin sebanyak 114 poin, Ignis Esports duduk di peringkat 2. Sebagai runner up, mereka memenangkan hadiah sebesar US$25 ribu. Selain itu, mereka juga berhak untuk melaju ke World Series Play-Ins. Sementara itu, posisi ke-3 diduduki oleh Artic Gaming, yang mengumpulkan 106 poin. Total hadiah yang mereka dapatkan adalah US$11,5 ribu. Terakhir, God’s Plan Esports duduk di peringkat 4, dengan total poin sebanyak 96 poin. Padahal, mereka mengawali Grand Finals dengan 15 poin ekstra. Selain itu, tim tersebut juga pernah bertanding di Free Fire World Series 2021 Play-ins.

Total poin dari para tim di FFL Latinoamerica 2022 Opening. | Sumber: Sportskeeda

Kompetisi besar berikutnya dalam skena esports Free Fire adalah Free Fire World Series. Kompetisi itu akan diadakan secara offline di Sentosa, Singapura. Total hadiah yang ditawarkan mencapai US$2 juta. FFWS akan diikuti oleh 20 tim yang mewakili 12 regions. Babak final dari kompetisi itu akan mempertemukan 12 tim. Dari 12 tim tersebut, sebanyak 9 tim merupakan tim undangan dan 3 tim lainnya adalah tim yang berhasil mendapatkan poin terbanyak di babak Play-ins.

Dari 9 tim undangan yang bakal bertanding di FFWS Finals, telah ada 5 tim yang kehadirannya sudah dipastikan. Salah satunya adalah Mineros Esports. Empat tim lainnya yang bakal maju ke FFWS Finals adalah Vasto Mundo dari Europe Pro League, MCES Africa dan Arab League, EVOS Phoenix dari Pro League Thailand, dan EVOS Divinie dari Master League. EVOS Divine menjadi perwakilan Indonesia setelah mereka memenangkan Free Fire Master League (FFML) Season V Divisi 1.

Sumber header: Sports Skeeda

Play video

27 June 2022

Ledger NFT Marketplace #shorts

Ledger umumkan markteplace NFT. Berita lengkap ...

Others from #HybridTV