24 May 2013

by wiku

Foxconn Akan Kerja Sama Dengan Erajaya?

Foxconn dikabarkan akan mulai mendirikan pabrik mereka di Indonesia tengah tahun ini dan mereka tidak sendirian. Disebutkan bahwa Foxconn akan bekerja sama dengan Erajaya untuk membangun pabrik di Indonesia.

TheJakartaPost mengutip pernyataan menteri perindustrian RI, MS Hidayat, yang menyebutkan bahwa perusahaan asal Taiwan tersebut telah menyetujui untuk rencana investasi setelah mengikat kerja sama dengan mitra lokal.

Foxconn akan bekerja sama dengan PT Erajaya Swasembada untuk mengembangkan dan menjual ponsel dan tablet untuk pasar lokal. Kerja sama ini akan membantu pemerintah Indonesia untuk mengatur lebih ketat pasar domestik dan mengurangi impor serta bisa berperan menjadi komponen industri.

Berita atas akan masuknya Foxconn ini memang sempat simpang siur, pemerintah yakin dan mengatakan bahwa kesepatakan telah terjadi untuk membangun pabrik, namun pihak Foxconn sendiri sempat dikabarkan akan masuk ke bisnis ritel bukannya mendirikan pabrik.

Apakah kerja sama dengan Erajaya menjadi semacam jalan tengah untuk investasi Foxconn akhirnya bisa terlaksana? Sebelumnya juga dikabarkan bahwa jika Foxconn akan masuk ke Indonesia memang akan bekerja sama dengan mitra lokal, bisa jadi kerja sama itu adalah dengan Erajaya.

Namun, pihak Erajaya sendiri, masih seperti yang dikutip dari TheJakartaPost, tidak bisa mengkonfirmasi kesepatakan kerja sama, dan mengatakan bahwa mereka masih dalam tahap diskusi dengan Foxconn untuk kemungkinan kemitraan, dan masih dalam tahap uji untuk rencana tersebut. Kemungkinan, belum ada komentar resmi ini terkait NDA antara dua perusahaan tersebut.

Indonesia mengimpor lebih dari 5 juta ponsel tahun lalu dengan kisaran jumlah $2.5 miliar USD. Pemerintah sendiri memperketat aturan impor dengan hanya memberikan izin pada distributor dengan lisensi khusus untuk melakukan impor ke Indonesia.

Foxconn Technology Group sendiri adalah perusahaan subsidiari dari Hon Hai Precision Industry Ltd., dikenal sebagai mitra untuk pembuatan perangkat Apple.