Esports Ecosystem

Fnatic Akuisisi Tim Esports PUBG Mobile India, Juga Akan Dirikan Markas

21 Oct 2019 | Ayyub Mustofa
Fnatic ingin roster PUBG Mobile ini bisa bertanding di kancah internasional.

Organisasi esports ternama Fnatic baru-baru ini dikabarkan telah mengakuisisi salah satu tim PUBG Mobile profesional asal India, Team XSpark. Tak hanya itu, menurut laporan dari Spiel Times, Fnatic juga berencana mendirikan fasilitas esports di negara tersebut. Victor Bengtsson, Division Director di Fnatic, mengatakan bahwa organisasi tersebut punya rencana skala besar di India.

“Untuk bulan-bulan pertama, kami akan fokus pada sisi olahraga dan konten. Seiring berjalannya waktu, kami ingin mendirikan fasilitas gaming dan mengumpulkan staf supaya semua penggemar dan gamer di India bisa mendapatkan pengalaman Fnatic utuh yang layak, dari segi produk, pengalaman, dan tentu saja konten,” ujar Bengtsson dalam wawancara bersama Spiel Times.

Ia melanjutkan, “Akan ada manajer dan pelatih khusus yang bekerja bersama tim ini. Salah satu alasan utama kami datang ke India adalah untuk menciptakan platform di mana para penggemar esports bisa menemukan rumah.” Anda dapat membaca wawancara lengkapnya lewat tautan berikut.

Dengan pembukaan markas di India, Fnatic artinya akan memiliki enam basis operasi di berbagai penjuru bumi. Markas utama Fnatic sendiri terletak di London (Inggris), namun mereka juga beroperasi di San Francisco (Amerika Serikat), Berlin (Jerman), Belgrade (Serbia), dan Kuala Lumpur (Malaysia). Saat ini belum ada info tentang lokasi pasti di mana markas Fnatic India akan didirikan.

Mengapa India? Bengtsson berkata bahwa sebetulnya Fnatic sudah lama tertarik dengan pasar di negara tersebut. Ia melihat para penggemar esports di India punya dedikasi tinggi, namun Fnatic belum menemukan momen atau oportunitas yang tepat untuk terjun ke dalamnya.

Bengtsson berkata, “Investasi ini ada pada masa depan para gamer. PUBGM belum sebesar ekosistem esports CS:GO atau Dota 2, tapi sedang menuju ke arah sana. Namun kami percaya para gamer di masa depan akan bermain di (perangkat) mobile dan PUBGM ada di pusatnya. Jadi kami akan fokus berat pada PUBGM ke depan, untuk memberikan para penggemar di seluruh dunia pengalaman esports serta konten hiburan terbaik.”

Team XSpark mungkin namanya kurang terdengar di kancah global, tapi di India mereka termasuk salah satu tim top yang diisi oleh pemain-pemain terkenal. Pencapaian mereka salah satunya adalah raihan peringkat 3 di ajang PMCO 2019 Fall Split: South Asia Group Stage. Fnatic berharap roster baru mereka ini bisa berkompetisi di panggung internasional, dan mereka terbuka terhadap kemungkinan untuk merekrut pemain baru ataupun masuk ke cabang esports lain selain PUBG Mobile.

“Kami selalu mencari oportunitas baru dan bisa saja itu berarti kami memasuki lebih banyak judul atau mencari lebih banyak pemain. Masa depan yang menentukan. Untuk sekarang, kami sangat bangga dengan para pemain yang memutuskan untuk bergabung. Akan tetapi, ada anak-anak di penjuru India yang melihat pengumuman ini. Kami berharap bisa memberi mereka lebih dari sekadar hiburan, kami ingin memberikan mereka hak untuk bermimpi akan sebuah tempat di dalam dunia esports,” papar Bengtsson.

Sumber: Spiel Times