25 August 2015

by Glenn Kaonang

Fitur Pengenal Wajah Windows 10 Bisa Bedakan Kembar Identik

Salah satu fitur canggih yang dibawa Windows 10 adalah Windows Hello. Fitur ini sejatinya merupakan teknologi identifikasi biometrik, dimana perangkat yang mendukung bisa mengenali pengguna lewat sidik jari, mata dan wajahnya.

Fitur ini didukung oleh teknologi RealSense yang dikembangkan oleh Intel. Mengombinasikan lensa standar, lensa inframerah dan lensa 3D, Windows Hello diklaim sangat cepat serta akurat. Begitu akuratnya, fitur ini diyakini bisa membedakan wajah orang dengan hanya foto orang tersebut.

Apakah benar Windows Hello secanggih itu? Salah satu media asal Negeri Kanguru, The Australian, melakukan uji coba yang cukup menarik. Ketimbang memanfaatkan foto, mereka mengajak enam pasangan kembar identik untuk mengetes apakah Windows Hello bisa dikelabui.

Info menarik: [Review] 10 Hari Bersama Windows 10

Metode pengujiannya sederhana: seseorang diminta untuk membuat akun di perangkat Lenovo ThinkPad Yoga 14 yang menjalankan Windows 10, lalu menghadapkan wajahnya ke kamera supaya Windows Hello bisa mengenalinya. Setelah itu, saudara kembarnya diminta untuk menghadap ke laptop. Pertanyaannya, apakah si saudara kembar akan dibiarkan masuk?

Hasilnya, Windows Hello sama sekali tidak bisa dikelabui, bahkan oleh pasangan kembar identik sekalipun. Hal ini bisa menjadi acuan bahwa Microsoft sama sekali tidak bercanda soal akurasi Windows Hello.

Kalau saudara kembar Anda saja tidak bisa membobol laptop Anda menggunakan wajahnya yang sangat mirip, apalagi seorang hacker? Harus kita akui, Windows Hello merupakan alternatif kata sandi yang sangat aman.

Sumber: The Australian.