Dark
Light

Fitur ‘Ok Google’ Manjakan Pengguna Google Chrome untuk Melakukan Pencarian Dengan Suara

1 min read
May 24, 2014

Anda pengguna Google Chrome? Pastikan software yang digunakan dalam keadaan up-to-date, karena telah diumumkan melalui akun resmi Chrome di Google+ bahwa kini Google menambahkan fitur baru yang disebut ‘Ok Google’.

Fitur ini memungkinkan pengguna Google Chrome versi desktop, baik itu bersistem operasi Windows, Mac ataupun Linux untuk memulai melakukan pencarian dengan suara (search by voice) dengan hanya mengatakan ‘Ok Google’. Namun, dalam versi ini fitur ‘Ok Google’ baru bisa digunakan untuk perintah berbahasa Inggris saja.

Untuk mencoba fasilitas baru ini pengguna dapat mengunjungi laman Google.com, lalu perhatikan ikon mic pada textbox pencarian Google. Untuk penggunaan pertama kan muncul pop-up pemberitahuan penggunaan fitur.

GoogleChrome1

Jika ikon tersebut tidak muncul, pastikan Google Chrome adalah versi yang terbaru. Pengguna dapat melalukan update atau mengunduhnya untuk mendapatkan versi terbaru. Namun jika software Anda sudah berada di versi paling anyar namun belum menemukan ikon mic tersebut, silahkan ikuti langkah berikut ini untuk mengubah pengaturan peramban Anda:

  1. Buka Settings Google Chrome
  2. Kemudian pilih Show advanced settings…
  3. Pastikan sudah ada checkbox pada opsi Enable “Ok Google” to start a voice search

Dalam pembaruan Google Chrome kali ini, selain ‘Ok Google’ ada satu lagi fasilitas yang ditambahkan, yaitu pengaturan import supervised users. Pembaruan ini memungkinkan pengguna untuk mengatur konfigurasi supervised user dalam berbagai perangkat yang menggunakan Google Chrome.

Supervised users memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melakukan kustomisasi browser berdasarkan user yang menggunakan browser Google di suatu perangkat. Misalnya untuk pengguna anak-anak ada batasan situs yang boleh dikunjungi atau pengaturan lain yang menyesuaikan siapa yang menggunakan browser tersebut.

Dengan adanya fitur import supervised user, ketika pengguna yang ingin kita awasi memiliki lebih dari satu perangkat, misalnya tablet dan smartphone yang menggunakan browser Google Chrome, pengguna dapat melakukan import pengaturan yang sudah ada ke dalam berbagai perangkat tersebut.

GoogleChrome2

Untuk menggunakan fitur tersebut pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Settings di Google Chrome
  2. Pada section Users, klik Add new user
  3. Klik Import an existing supervised user
  4. Pilih user yang diinginkan

Pembaruan ini dapat dinikmati pengguna Google Chrome yang terinstal pada sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Indosat dan Softbank Sediakan $50 Juta untuk Pengembangan Layanan Digital di Indonesia

Next Story

Sony: Penjualan Hardware PlayStation 4 Terbukti Menguntungkan

Latest from Blog

Don't Miss

Sedang Diuji, Fitur Baru Chrome Dapat Tingkatkan Daya Tahan Baterai Laptop Sampai Hampir 2 Jam

Google Chrome adalah browser yang sangat ajaib. Ia rakus akan

Chrome Kini Bisa Menyalin Tautan Menuju ke Teks Spesifik dalam Suatu Laman

Beberapa waktu lalu, saya sempat terkejut saat sedang mencari-cari informasi