7 June 2022

by Yabes Elia

Semua Fitur iOS 16 yang Paling Menarik, dari Edit Message sampai Apple Pay Later

Karena tidak semua fitur iOS 16 memang menarik, kami telah memilihkan beberapa yang memang layak untuk dibahas.

WWDC 2022 akhirnya kembali lagi digelar. Ada beberapa hal menarik yang Apple umumkan di gelaran kali ini. Salah satu yang paling menarik untuk dibahas adalah fitur-fitur baru dari iOS 16 yang diumumkan Apple.

Meski begitu tidak semua fitur iOS 16 relevan ataupun menarik untuk dibahas. Karena itulah, saya telah memilihkan sejumlah fitur menarik iOS 16 di artikel ini.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita langsung masuk ke daftarnya.

Fitur iOS 16

Dukungan ke iPhone Lawas

Sebelum kita menuju ke fitur iOS 16, mungkin Anda juga perlu tahu juga daftar iPhone lawas yang nantinya akan mendukung sistem operasi baru ini.

Singkatnya, iPhone 8 (yang dirilis di 2017) dan semua iPhone setelahnya bisa mendapatkan update ke iOS 16 yang akan dirilis sekitar bulan September 2022. Meski demikian, catatannya, tidak semua iPhone bisa menggunakan setiap fitur iOS 16. Misalnya, fitur Live Text hanya bisa digunakan di iPhone yang menggunakan chip Bionic A12 atau yang lebih baru.

Lock Sreen Baru

Image courtesy: Apple

Apple mendesain ulang lock screen yang ada di iOS 16. Nantinya, notifikasi akan muncul di bagian bawah layar sehingga tidak akan mengganggu foto mantan yang masih Anda gunakan di lock screen.

Anda juga bisa menambahkan sejumlah widget seperti jam, cuaca, aktivitas, dan kalender. Aktivitas yang bisa ditambahkan di sini bisa berbagai macam, mulai dari skor pertandingan olah raga, aktivitas kebugaran, ataupun kendali Now Playing.

Ada juga koleksi wallpaper baru yang bisa Anda pilih termasuk lock screen cuaca yang akan meniru kondisi cuaca yang sedang terjadi. Anda juga bisa menyetel beberapa lock screen dan mudah diganti-ganti -- layaknya Anda mengganti-ganti watch faces di Apple Watch.

Messsage yang Bisa Diedit dan Dibatalkan

 
View this post on Instagram
 

A post shared by Hybrid.IDN (@hybrid.dojo)

Anda yang kerap merasa mellow dan kesepian mungkin kerap menyesal mengirimkan pesan ke mantan atau malah ke gebetan yang tidak pernah menyukai Anda.

Sekarang, Apple mengizinkan Anda mengedit atau bahkan membatalkan pesan yang telah terkirim di iOS 16. Anda juga bisa menandai satu thread jadi "unread" sehingga Anda bisa mengeceknya di lain waktu.

Tak kalah menarik, Anda juga bisa menonton film bersama dengan seorang kawan lewat Message untuk bisa sembari chatting dan sama-sama memiliki kendali video yang sedang diputar.

Apple Pay Later

Image courtesy: Apple

Mungkin memang semua orang suka berhutang dan nyicil, termasuk para pengguna iPhone. Pasalnya, nantinya Apple mengizinkan Anda menyicil pembelian dengan Apple Pay tanpa bunga dan tanpa biaya.

Cicilan yang disuguhkan maksimal 4 kali cicilan yang bisa dibayarkan dalam tempo maksimal 6 minggu (42 hari), dengan pembayaran pertama yang berlaku sebagai DP (down payment).

Sayangnya, Apple Pay Later ini baru tersedia di Amerika Serikat. Plus, fitur Apple Pay sendiri juga belum tersedia di Indonesia. Namun, meski menarik, saya kira pengguna di Indonesia tidak akan merasa kehilangan dengan absennya fitur ini -- mengingat sudah terlalu banyak jasa pinjol dari yang legal sampai yang ilegal yang ada sekarang ini.

Sharing Foto bersama Keluarga

Image courtesy: Apple

Anda sekarang bisa membuat sebuah iCloud Shared Photo Library. Tambahkan saja akses untuk 5 orang dan semua orang bisa menambahkan atau bahkan mengedit foto-foto di Library tersebut.

Menariknya juga, ada fitur di aplikasi kameranya yang memungkinkan Anda langsung share foto ke Library tadi. Jadi misalnya, jika Anda sedang liburan bersama keluarga, foto yang Anda ambil bisa langsung muncul di shared library tadi -- pastikan saja Anda bukan sedang foto bersama selingkuhan.

Update untuk Live Text dan Visual Look Up

Image courtesy: Apple

Live Text adalah fitur yang mengizinkan Anda mengambil teks dari sebuah gambar. Sekarang, fitur ini juga bisa berjalan di video. Anda cukup pause video tersebut dan ketuk teksnya untuk meng-copy. Ada beberapa fungsi cepat yang muncul tergantung dengan teks yang sedang Anda pilih, seperti konversi mata uang ataupun terjemahan.

Di sisi lain, Visual Look Up adalah fitur yang disuguhkan Apple tahun kemarin yang memungkinkan Anda mencari informasi tambahan dari foto yang sedang Anda lihat, seperti informasi lebih lanjut tentang lokasi atau bangunan unik ataupun hasil pencarian di jagat maya lainnya. Sekarang fitur ini juga mendukung gambar burung, serangga, dan patung.

Tak kalah menarik, Anda juga bisa mengambil sebuah objek di foto tersebut (layaknya menggunakan Lasso di Photoshop) dan menggunakannya di tempat lain -- seperti di aplikasi Message.

Pakai iPhone jadi Webcam

Terakhir, jika Anda memiliki MacBook yang dilengkapi dengan chipset M1 ataupun M2, Anda bisa menggunakan kamera belakang iPhone Anda sebagai webcam.

Anda bahkan tak perlu mencolokkan kabel apapun karena Mac Anda akan otomatis mendeteksi iPhone yang ada di dekatnya dan menggunakan kamera belakangnya di video call Anda.

Menariknya, Anda juga bisa menggunakan sejumlah fitur seperti Center Stage (kamera yang mengikuti Anda meski jalan-jalan memutari ruangan), Portrait Mode (yang membuat background jadi blur mirip dengan yang ada di Google Meet ataupun Zoom), ataupun Desk View (yang memanfaatkan lensa ultrawide untuk menunjukkan apa saja yang ada di meja Anda.

Apple juga mengatakan jika mereka sedang berkerja sama dengan Belkin untuk membuat custom mount untuk memungkinkan iPhone Anda bertengger di atas layar MacBook.


Itulah tadi sejumlah fitur iOS 16 yang menarik yang mungkin bisa Anda pantau ke depannya. Jadi, apakah iOS 16 ini akan membuat iPhone jadi lebih menarik, buat pengguna Android? Atau tetap mending rakit PC?

Oh iya, jika Anda ingin melihat lebih lengkap tentang semua fitur iOS 16, Anda bisa langsung mengunjungi laman resmi iOS 16 dari Apple di tautan ini.