Internet
for SEO
Internet

Fitur Baru Adobe Permudah Kolaborasi Project di Photoshop dan Illustrator

10 February 2021Lukman Azis

Namun tidak dapat mengedit file pada saat yang sama

Adobe telah mengumumkan fitur baru yang mempermudah para desainer grafis berkolaborasi dan memungkinkan mengerjakan file yang sama di aplikasi Photoshop, Illustrator, atau Fresco. Ketiga aplikasi tersebut telah mendapatkan fitur yang disebut ‘invite to edit‘, untuk mengundang kolaborator dengan mengetik alamat email dan memberi akses ke file project yang sedang Anda kerjakan.

Perlu dicatat, tim kolaborator tidak dapat mengedit file pada saat yang sama. Namun mereka akan dapat membuka pekerjaan Anda, membuat perubahan sendiri, menyimpannya, dan baru kemudian perubahan tersebut disinkronkan kembali ke komputer Anda.

Bila seseorang telah mengedit file, pengguna akan diberi pilihan untuk membuat salinan atau menunggu sampai proses editing selesai. Meski sinkronisasi pengeditannya tidak terjadi secara real-time, tetapi harusnya fitur ini cukup membantu alur kerja daripada harus mengirim file bolak-balik lewat email.

Fitur ini bekerja dengan file .PSD dan .AI yang disimpan ke Adobe Creative Cloud. Untuk memastikan kolaborasi berjalan dengan semestinya, Adobe menyediakan fitur riyawat versi file untuk jaga-jaga bila ada tim yang tidak sengaja mengacaukan sesuatu.

Adobe mengatakan akan terus mengembangkan lebih banyak fitur kolaborasi ke dalam Creative Cloud – layanan yang menyatukan rangkaian aplikasinya. Selain itu, mereka juga telah menambahkan fitur Preset Sync di Photoshop versi desktop, yang memungkinkan untuk menyinkronkan brushes, swatches, gradients, patterns, styles, dan shapes dari akun Adobe Creative Cloud.

Sumber: TheVerge

Play video

17 May 2022

Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro, Sajikan Pengalaman Premium Dengan Desain Lebih Kekinian

Bulan lalu, saya kedatangan Poco M4 Pro dan disusul Xiaomi Redmi Note 11 Pro. Dua smartphone ini mengusung spesifikasi ...

Others from #HybridTV