Dark
Light

Fitur Auto Zoom with FlexCam Bikin Kreasi Konten Jadi Mudah

3 mins read
August 29, 2024

Penggunaan perangkat smartphone dalam membuat konten atau content creation sudah berkembang menjadi kebutuhan. Ada banyak momen atau konten yang jadi mudah pembuatannya ketika menggunakan smartphone. 

Bukan hanya karena smartphone selalu ada dalam kantong tetapi juga karena dukungan spesifikasi yang sudah mumpuni serta fitur yang memang diperuntukkan dalam memudahkan kreasi konten. Salah satu perangkat yang mumpuni untuk dijadikan tools dalam membuat konten adalah Galaxy Z Flip6, dengan fiturnya yang bernama Auto Zoom untuk foto. 

Fitur Auto Zoom sejatinya adalah fitur yang memungkinkan perangkat untuk melakukan auto zoom pada foto tanpa harus menekan tombol atau layar. Bahkan pengguna malah tidak perlu menekan layar sama sekali, karena ketika layar flip dari Galaxy Z Flip6 dibuka maka otomatis fitur ini menyala. Ada ikon Auto Zoom yang muncul di layar, warna kuning berarti sudah aktif, dan warna putih berarti masih off. Anda tinggal men-tap ikon ini di layar untuk mengaktifkannya jika dalam kondisi off

Sesuai namanya, saat digunakan, dengan Auto Zoom perangkat akan secara otomatis mengatur jarak zoom pada kamera. Memungkinkan hasil foto jadi lebih rapih sesuai suasana dan subjek, apakah kurang dekat atau kurang jauh. Auto Zoom akan melihat suasana dan subjek ini untuk menentukan zoom yang tepat agar hasil foto bisa maksimal, dengan framing yang juga baik. 

Fitur ini juga tidak hanya bisa digunakan untuk manusia tetapi juga untuk pets atau binatang peliharaan. Konten kreator yang suka foto binatang kesayangan mereka akan terbantu sekali dengan fitur ini, karena bisa membuat angle menarik untuk foto. 

Kombinasikan dengan Palm to Capture serta timer maka fitur ini akan jadi alat keren untuk membuat konten. Setelah memposisikan sedemikian rupa, auto zoom akan mengatur apakah perlu perbaikan secara atau tidak. Ketika posisi dan framing sudah sesuai yang Anda inginkan, tinggal lambaikan tangan saja ke arah kamera perangkat, lalu timer akan mulai hitung mundur, dan jepret, kamera mengambil momen yang Anda inginkan. 

Oh ya, tentu saja perangkat harus ada pada posisi Flex Cam untuk menikmati fitur ini. Tetapi justru karena fasilitas Flex Cam yang jadi unggulan perangkat lipat, Anda juga bisa mengkreasikan untuk menentukan angle yang seru. Apakan menaruhnya di atas area datar atau Anda juga bisa membaklikkan posisi flip jadi serupa huruf V, dan menaruknya di tempat yang diinginkan untuk menemukan angle unik. 

Fitur foto lain yang meningkat di Galaxy Z Flip6

Selain Auto Zoom yang bisa memudahkan membuat konten yang paling saya suka adalah hadirnya Expert RAW dan pilihan resolusi 50MP. Kedua fitur ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan dibanding perangkat Z Flip sebelumnya. 

Dengan Expert RAW pengalaman fotografi jari terasa komplit. Kombinasi Flex Cam dan Expert RAW memberikan keleluasaan maksimal untuk berkreasi dengan kamera lipat. Selain kita bisa mengatur angle dengan Flex Cam, kita juga bisa melakukan pengaturan lewat Expert RAW, seperti mengatur white balance, ISO sampai dengan kecepatan rana. 

Selain itu hadirnya pilihan resolusi baru 50MP juga menjadi upgrade yang signifikan karena kini pengguna dimungkinkan untuk mengambil foto dengan kamera utama dan mendaptkan resolusi yang lebih besar. Selain itu selfie dengan kamera belakang (dalam mode lipat atau Flex Mode) juga sudah bisa dilakukan. Membuat konten jadi bisa lebih epic

Secara overall, pengalaman membuat konten dengan Galaxy Z Flip6 cukup meningkat dari versi sebelumnya. Dari sisi desain saja, grip perangkat ini terasa lebih mantap dan seru untuk membuat konten, belum lagi fitur Auto Zoom yang dikombinasikan dengan Flex Mode, serta fitur Expert RAW dan kamera 50MP. Belum lagi dukungan spesifikasi lain seperti prosesor Snapdragon 8 gen 3 for Galaxy yang merupakan prosesor flagship terbaik saat ini. 

Samsung Galaxy Z Flip6 hadir dalam dua varian, 12GB/256GB dengan harga Rp17.499.000 dan 12GB/512GB dengan harga Rp19.499.000. Untuk warna ada Blue, Yellow, Silver Shadow, dan Mint. Masih ada promo yang Samsung berikan dalam penjualan mereka. Mulai 10 Agustus hingga 5 September 2024, konsumen yang ingin membeli langsung akan mendapatkan trade in cashback atau PWP hingga Rp3.000.000, bank cashback hingga Rp300.000. Dan pemilik Samsung BRI Credit card juga berkesempatan mendapatkan cashback tambahan. Total nilai benefit yang bisa konsumen dapatkan pada penjualan perdana ini bisa mencapai lebih dari Rp6.000.000.

Cara menggunakan Auto Zoom di Galaxy Z Flip6:

  1. Tekan tombol power di Galaxy Z Flip6 atau ketuk dua kali layar untuk menyalakan Cover Screen.
  2. Sentuh dan seret ikon Kamera ke arah tengah Cover Screen. Anda juga bisa menekan tombol power dua kali dengan cepat untuk membuka aplikasi Kamera.
  3. Atur sudut pelipatan perangkat untuk mengaktifkan Flex Mode (buka lipatan kamera sesuai kebutuhan).
  4. Ketuk ikon  untuk mengaktifkan fitur Auto Zoom. Nantinya zoom akan secara otomatis berubah menyesuaikan gerakan orang dan scene serta jumlah subjek yang masuk atau keluar frame.
Previous Story

5 Alasan Mengapa AI on Device di Samsung Galaxy Z Series Penting untuk Produktivitas

Tablet-8-Juta-Buat-Kerja,-Pilih-Xiaomi-Pad-6S-Pro-atau-OPPO-Pad-2-1
Next Story

Tablet 8 Juta Buat Kerja, Pilih Xiaomi Pad 6S Pro atau OPPO Pad 2?

Latest from Blog

Don't Miss

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Bikin Tenang Pakai Smartphone untuk Jangka Panjang

Kehadiran smartphone saat ini sudah mencapai titik di mana ia

Daftar Lengkap Fitur Galaxy AI yang Tersedia di Samsung Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6 saat ini menjadi duo