Dark
Light

Firefox Terbaru Mungkinkan Pengguna Jadi “Hantu” di Dunia Maya

1 min read
November 4, 2015

Mozilla kemarin waktu setempat mengumumkan punya Firefox versi baru yang sudah dipersenjatai dengan fitur bernama Tracking Protection. Fitur yang kian melengkapi modus Firefox Private Browsing.

Pada dasarnya Tracking Protection ini bekerja sebagai penangkal iklan atau ad-blocking namun dengan penyesuaian lebih lanjut. Walhasil, modus Private Browsing kini bekerja dengan cara baru, lebih ketat dan aman.

Sebelumnya, modus Private Browsing hanya mengelola penyimpanan konten secara lokal dan menghapus cookies tapi memberikan kelonggaran pada script pihak ketiga untuk berjalan sebagaimana ia diprogramkan oleh sebuah situs.

Kini, Private Browsing akan memblokir semua script yang kemungkinan digunakan untuk mengidentifikasi pengguna, di antara berupa script iklan, tracker, dan juga tombol berbagi ke jejaring sosial yang dimungkinkan meninggalkan jejak perilaku tanpa diketahui.

firefox update

Dengan cara kerja tersebut, pengguna makin diuntungkan, tidak hanya dapat menjelajah dunia maya tanpa jejak tapi juga memperoleh kecepatan browsing yang optimal karena tidak perlu harus mengelola berbagai macam script iklan atau tracker yang ditanamkan oleh situs.

Info Menarik: Cara Import Bookmark, Kata Sandi dan History dari Firefox ke Opera Browser

“Anda mungkin akan mendapati beberapa situs loading lebih cepat dengan fitur tracking protection.” Kata Nick Nguyen, VP Mozilla dalam pengumuman resminya.

Di saat yang sama, Mozilla juga memperkenalkan Control Center baru di Firefox yang akan menjadi gerbang utama bagi pengguna dalam mengelola keamanan dan privasi dalam satu tempat.

Bagi pengguna Windows, Mac, Android dan juga Linux dipastikan sudah dapat merasakan fitur ini di perangkatnya masing-masing dengan syarat mengunduh Firefox versi terbaru.

Sumber berita Mozilla dan gambar header Evan Lorne/Shutterstock.

Previous Story

Smartphone Modular PuzzlePhone Akhirnya Punya Desain Final, Plus Kampanye di Indiegogo

Next Story

Jasa Pengiriman Barang dan Dokumen 21Express Luncurkan Aplikasi Mobile

Latest from Blog

Don't Miss

Berkat Mozilla Rally, Aktivitas Browsing Kita Bisa Memberi Kontribusi ke Studi Ilmiah

Sudah menjadi rahasia umum kalau kemudahan mengakses informasi di internet

Layanan Mozilla VPN Resmi Meluncur dengan Tarif Bulanan $5

Tuntutan untuk bekerja dari rumah selama pandemi memicu peningkatan penggunaan