18 August 2013

by wiku

Firefox 'Metro' Untuk Windows 8 Rilis 10 Desember?

Peramban web Firefox versi 'Metro' untuk perangkat berbasis Windows 8 dikabarkan akan dirilis bulan Desember. Seperti yang dituliskan TheNextWeb, versi yang akan memaksimalkan pengalaman perangkat layar sentuh ini akan hadir bersamaan dengan Firefox 26 (versi desktop).

Berita tentang akan dirilisnya Firefox dengan Modern UI (yang dulu dikenal dengan nama Metro) ini telah muncul sejak cukup lama, kurang lebih sejak awal tahun 2012, yang terakhir adalah versi Nightly yang diperkenalkan bulan Februari 2013.

Data dari dokumen rencana rilis mengindikasikan rilis preview dari Firefox versi 'Metro' (TheNextWeb menyusun ulang informasi dari ComputerWorld). Saat ini versi Firefox yang beredar adalah versi 23 yang dirilis tanggal 6 Agustus lalu. Firefox 24 diperkirakan dirilis September dan Firefox 25 dengan perubahan desain diperkirakan rilis bulan Oktober. Versi Aurora Firefox 26 akan dimulai September 16, dengan melalui beberapa tahapan Beta dari Firefox Modern atau Metro diperkirakan tersedia 28 Oktober dan Desember 10 Firefox 26 (preview) siap diperkenalkan ke publik.

Namun demikian โ€˜jadwalโ€™ ini tentunya akan berpengaruh pada ada tidaknya keterlambatan, TNW juga memberikan catatan bahwa meskipun tidak ada penundaan, versi final dari Firefox 'Metro' baru akan hadir tahun 2014, karena 10 Desember adalah rilis untuk versi preview.

Firefox versi 'Metro' ini akan berjalan di Windows RT serta tablet dengan sistem operasi Windows 8, dari beberapa elemen desain yang telah diperkenalkan, akan memberikan nuansa khas Windows 8 serta fokus pada penggunaan dengan sistem operasi ini.

Info tambahan untuk Windows 8, Microsoft sendiri akan merilis Windows 8.1 pada bulan Oktober nanti.

Sumber gambar: TheNextWeb 1 dan 2.ย