12 August 2015

by Bambang Winarso

Firefox 40 Makin Perkasa Berantas Malware

Isu keamanan lagi-lagi jadi fokus Mozilla kala resmi menghadirkan Firefox 40 untuk platform desktop dan Android. Versi terbaru Firefox yang memperoleh amunisi lebih tangguh dalam memberantas unduhan berbahaya.

Fitur baru ini merupakan versi terbaru yang sebelumnya telah diperkenalkan di Firefox 39. Memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memonitor file unduhan.

Dijelaskan oleh Mozilla, ketika sebuah file sedang diunduh oleh pengguna, Firefox akan meminta layanan Safe Browsing milik Google dengan mengirimkan sejumlah data seperti nama file, tipe, ukuran, dan URL. Apabila layanan tersebut memberikan feedback bahwa file tersebut berbahaya, maka Firefox akan melakukan pemblokiran sampai pengguna memberikan verifikasi dan membuka blokir tersebut secara manual.

Tambahan lainnya, Firefox 40 juga akan memberikan peringatan berupa popup berlatar warna merah apabila pengguna mengunjungi halaman situs yang diketahui berpotensi membahayakan.

Info Menarik:[Panduan Pemula] Cara Update Peramban Mozilla Firefox ke Versi Terbaru

Dari sekian fitur tambahan yang ada, ada satu hal yang rasanya paling ditunggu oleh pengguna desktop. Yaitu dukungan penuh atas sistem operasi Windows 10. Lalu apanya yang berbeda? Dikutip dari Venturebeat, Firefox 40 mempunyai tombol new tab dan close tab yang lebih besar, dan juga ada perubahan warna pada beberapa ikon yang terlihat lebih gelap.

Tak banyak memang, tapi jika dibandingkan dengan seksama gambar di atas, Anda akan menemukan beberapa perbedaan dengan versi terdahulu.

Terkait ancaman malware dan situs-situs phishing, Firefox telah secara default mengaktifkan perlindungan kepada penggunanya. Namun untuk memastikan apakah fitur ini aktif atau tidak, pengguna dapat membuka panel Setting – Security.

Setelah itu pastikan kotak opsi block reported attack sites dan block reported web forgeries dalam kondisi tercentang.

Sumber berita Mozilla dan gambar header Evan Lorne/Shutterstock.