Dark
Light

Finalis Kompetisi ‘I Dare’ dari GIST, Dwarapala, Sediakan Toko Online Mudah dan Cepat

1 min read
June 21, 2012

Jika Anda berpikir sebuah business plan yang bagus harus bisa mendatangkan untung secara cepat, mungkin Anda perlu berpikir ulang. Dwarapala, penyedia toko online gratis, belum melakukan monetasi sejak diluncurkan sampai sekarang. Walaupun begitu business plan Dwarapala dapat menembus babak final kompetisi business plan “I Dare” yang diselenggarakan oleh Global Innovation Through Science and Technology (GIST).

Dwarapala didirikan oleh Piti Irawan, Anita Jacobson, and Diki Irawan pada April 2011. Dwarapala yang dalam bahasa Sansekerta berarti penjaga atau pengawal ini, menyediakan easier online store. Artinya, Dwarapala menyediakan layanan online store yang mudah, cepat, dan gratis yang dapat dijangkau oleh semua orang. Founder Dwarapala melihat Indonesia mempunyai banyak potensi produk yang berkualitas ini mencoba membantu pemilik usaha kecil dan UMKM untuk menjual produknya melalui internet.

Selain kemudahan, Dwarapala juga menawarkan beberapa fitur untuk penggunanya. Pemilik online store di Dwarapala bisa mengubah tampilan tokonya menggunakan berbagai theme yang ada untuk menyesuaikan dengan produk dan target konsumen mereka. Selain itu, Dwarapala menyediakan fitur inventory tracking system sehingga pemilik toko dapat melihat ketersediaan stok barang dagangannya.

Dwarapala juga menyediakan fitur-fitur seperti integrasi dengan Facebook dan Twitter, order management system, automatic email baik kepada penjual maupun pembeli, juga dukungan tampilan mobile. Yang paling baru, sistem di Dwarapala mendukung penggunaan 16 mata uang.

Dalam operasionalnya, Dwarapala dibantu oleh Fandy Susanto dan Rully Jatmiko Table-Six sebagai creative consultant. Saat ini, Dwarapala memiliki sekitar 1.600 anggota dan terus bertambah. Diki Irawan, CEO Dwarapala berharap kehadiran Dwarapala mampu memperbaiki peta e-commerce di Indonesia. Karena dengan memiliki kesempatan untuk punya toko online sendiri, para pemilik bisnis bisa melepaskan ketergantungan promosi online dari penyedia marketplace dan layanan classified ads.

Ke depan, Dwarapala terus berusaha memperbaiki layanan dan menambah fitur-fitur untuk penggunanya. Selain itu, Dwarapala juga berusaha untuk berdiskusi dengan berbagai perusahaan dan startup lain, untuk dapat bekerja sama dalam beberapa hal strategis. Kita doakan juga Dwarapala mampu berbuat yang terbaik dalam final kompetisi ‘I Dare’.

Previous Story

InMobi: Pasar Iklan di Platform Mobile Indonesia Tumbuh Dua Kali Lipat, Nokia Masih Jadi Penguasa

Next Story

[Simply Business] Yang Diperlukan Ketika Meluncurkan Sebuah Startup

Latest from Blog

Don't Miss

Moka to Release GoStore, Helping Merchant to Create Site for Online Store

Moka, a point of sales app startup developer for SMEs,
GoStore Toko Online Moka Gojek

Moka Segera Rilis GoStore, Mudahkan Merchant Buat Situs Toko Online

Moka, startup pengembang aplikasi point of sales untuk UKM, tengah