1. Startup

Filmoo.com: Situs Berita dan Komunitas Untuk Penggila Film

Musik, foto dan film adalah berapa hal yang bisa jadi akan selalu dibicarakan semua orang, termasuk kalangan muda atau generasi baru yang sebagian besar melek internet. Dan film adalah satu tema yang banyak dibahas di generasi baru yang melek internet ini.

Kehadiran bioskop modern serta perubahan konsep bioskop yang ada, juga memberikan nuansa tambahan untuk komunitas penyuka film, dan media internet menambah fasilitas untuk para penggila film ini dalam ‘melampiaskan’ rasa suka maupun kesal mereka atas sebuah film.

Dan sepertinya itu pula peluang yang ingin di tangkap oleh Filmoo.com, sebuah situs yang menjelaskan diri mereka sebagai '#1 Indonesian Movie News & Community' untuk hadir dan mengambil pasar para penyuka film di Indonesia.

Di situs mereka pengguna bisa melihat trailer film, membaca berbagai berita seputar dunia film, melihat daftar film yang sedang diputar di bioskop, yang segera dirilis bulan berjalan serta yang akan datang, pengguna juga bisa membaca berbagai artikel yang mengulas film serta kabar seputar dunia film.

Pengguna yang mendaftarkan diri menjadi anggota komunitas akan mendapatkan berbagai fitur tambahan seperti menuliskan komentar tentang film tertentu dan memberi rating. Untuk fitur sosial, Filmoo menggunakan aplikasi AddThis untuk memberikan peluang pengguna membagikan konten ke media sosial yang mereka pilih.

Untuk tampilan desain Filmoo cukup menarik, gabungan latar hitam dan elemen hijau cukup menyenangkan bagi pengguna dalam menjelajah berbagai fitur yang ada. Beberapa fasilitas lain yang menjadi keunggulan Filmoo seperti yang dijelaskan Filmoo lewat email adalah konten berita yang update terus (hampir setiap jam), dapat menonton secara lengkap dan mulus konten trailer film mancanegara dan lokal, dikarenakan bandwidthFilmoo yang besar, review film yang netral dan bebas-bias karena diulasoleh para penonton itu sendiri.

Persaingan di layanan seperti Filmoo ini sebenarnya tidak sedikit, selain dua penyedia layanan bioskop terbesar kita memiliki situs mereka sendiri, dilengkapi dengan trailer dan juga sinopsis, berbagai blog pribadi maupun yang tergabung dalam jaringan semacam BicaraFilm dari keluarga SalingSilang juga menyediakan wadah bagi para penggila film atau dengan format yang berbeda seperti FlickMagazine, belum lagi forum yang bertebaran di dunia internet.

Kelebihan untuk bisa memberikan komentar yang bebas, dengan sistem user generated content juga menjadi tidak terlalu pengaruh karena lebih bebas di blog sendiri bukan? Salah satu keunggulan adalah komunitas, jika komunitas di Filmoo cukup besar, dan itu menjadi PR dari Filmoo.

Dan memang seperti yang dijelaskan pihak Filmoo, ketika ditanya tentang masalah monetisasi, saat ini mereka lebih berkonsentrasi pada pembentukan komunitas jadi masih dalam taraf investment. Sedangkan untuk rencana monetisasi, mereka menyediakan ruang untuk iklan dalam bentuk banner dan video ads.

Proses scale ini juga didukung pula dengan hubungan yang baik dan kerjasama dengan group 21, Blitzmegaplex dan juga distributor film manca negara seperti Warner, Sony, Disney, Fox, UIP, dan juga rumah produksi lokal.

Untuk recana kedepan, Filmoo telah menyiapkan berbagai fitur seperti fitur Discussion Forum & Quiz, tambahan bandwidth dan kapasitas server, dan untuk urusan mobile, yang di Indonesia berkembang cukup pesat, Filmoo sedang menggodok WAP access mobile-browsing, kemudian juga aplikasi bergerak untuk platform Blackberry, iPhone & iPad.

Meski, harus saya akui, saya masih ragu (untuk jangka panjang) situs ini akan bertahan, tapi satu hal yang mereka punya selain pertumbuhan pengunjung yang terbilang cukup pesat adalah fasilitas menonton yang cukup mulus, meski untuk kualitas, saya masih menemukan kualitas trailer yang kurang baik.

Strategi monetisasi juga masih sebatas banner dan video ads, mungkin bisa dikembangkan berbagai strategi lain yang lebih unik, dan sepertinya mereka juga harus mengembangkan komunitasoffline serta selalu mendapatkan konten trailer eksklusif dan mungkin perbaikan pada fitur search mereka.

Tapi komunitas film akan tetap menarik bagi para film addict, Filmoo juga masih dalam taraf beta, perbaikan pasti akan terjadi dan seperti yang dijanjikan, akan banyak fitur baru hadir. Kita tunggu rilis resmi mereka, sementara itu, saya mau lihat untuk kesekian kalinya trailer Thor -The Mighty Avenger-, yang berdurasi 5 menit itu.

Untuk yang sudah mampir ke situs Filmoo, jangan lupa untuk memberi pendapat pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again