FIFA 20 Global Series Ekspansi ke Brazil dan Mendapat Sponsor Baru

FIFA 20 Global Series kerja sama dengan CONMEBOL ciptakan eLibertadores, serta menandatangani kerja sama sponsor dengan Gillete.

Sampai saat ini, potensi esports di negara Amerika Selatan memang jadi salah satu yang cukup diperhatikakan. Salah satu buktinya datang dari esports Free Fire Pro League Brazil 2019 Season 3, yang mencatatkan sebanyak 1.050.304 penonton dalam saat yang bersamaan. Tapi potensi esports di Amerika Selatan tidak terbatas pada game mobile saja.

Potensi negara tersebut untuk game konsol juga cukup besar. Maka dari itu, Electronic Arts, baru-baru ini memutuskan melakukan ekspansi sirkuit kompetisi FIFA 20 Global Series ke Amerika Selatan. Bekerja sama dengan asosiasi federasi sepakbola Amerika Selatan, CONMEBOL, EA akan memasukkan eLibertadores ke dalam bagian sirkuit FIFA 20 Global series dan juga konten di dalam game FIFA 20.

Brent Koning FIFA Competitive Gaming Commisioner EA, seperti dikutip Esports Insider mengatakan, "Penambahan liga prestis CONMEBOL Libertadores ke dalam ekosistem FIFA 20 Global Series akan memperkuat koneksi kami kepada para penggemar sepakbola secara global, dan diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan esports di belahan dunia baru. Tujuan kami adalah membuat FIFA menjadi esports paling inklusif di dunia. Kami tak sabar menyambut pemain yang berbasis di Amerika Selatan, serta mereka yang bercita-cita menjadi profesional player untuk bergabung ke dalam puluhan juta pemain yang sudah berkompetisi di FIFA."

Selain menjadi bagian dari FIFA 20 Global Series, tim-tim dari liga Copa Libertadores juga akan dapat dimainkan di dalam FIFA 20. Nantinya, tim dari liga utama (Libertadores) dan liga sekunder (Copa Sudamericana) akan dapat dimainkan di FIFA 20 mulai dari Maret 2020. Ini berarti pemain akan dapat mengakses tim sepakbola Amerika Selatan yang punya nama cukup besar seperti River Plate, Boca Juniors, Flamengo, dan Corinthians di FIFA 20.

Mendapat sponsor baru

Ekspansi agresif EA untuk ekosistem FIFA 20 Global Series, ternyata juga memincut hati para brand untuk mensponsori helatan tersebut. Salah satu sponsor terbaru mereka adalah brand yang terkenal lewat produk pisau cukur, Gillete. Mengutip Esports Observer, dikatakan bahwa Gillete akan mensponsori FIFA 20 Global Series, yang akan menghadirkan aktivasi brand selama tayangan esports FIFA 20 di Twitch dan Youtube; lewat segmen dengan sponsor, sesi iklan, ataupun promosi selama tayangan berlangsung.

Sumber: Esports Observer

Ini bukan kali pertama Gillete terjun mensponsori esports. Sebelumnya Gillete juga melebarkan promosi esports mereka ke Tiongkok, lewat cara bekerja sama dengan sekelompok pemain Honor of Kings (MOBA Mobile terpopuler di Tiongkok).

Portfolio Gillete bekerja sama dengan entitas ekosistem esports juga cukup panjang belakangan ini. Mereka sempat kerja sama dengan berbagai tim serta influencers dalam berbagai promosi berbasis di Twitch, bekerja sama dengan tim Boston Uprising dari Overwatch League, serta bekerja sama dengan liga League of Legends asal Brazil CBLoL (Campeonato Brasileiro de League of Legends).