Dark
Light

Female Daily Network Tahun Ini Fokus Meningkatkan Pendapatan dan Pengguna Aktif Melalui Aplikasi Mobile

1 min read
January 20, 2017
Co-Founder Female Daily bersama Chief Product Officer baru mereka / Female Daily

Platform komunitas online perempuan Female Daily menargetkan pencapaian bisnis yang lebih signifikan di 2017, pasca diluncurkannya aplikasi mobile awal tahun ini. Female Daily akan memaksimalkan konten berbau kecantikan di berbagai platform, bekerja sama dengan pemilik brand, salon dan spa untuk memperkuat kehadirannya di jalur offline. Tak hanya itu, perusahaan juga berniat menggalang dana segar baru.

Peluncuran aplikasi ini merupakan hasil pasca akuisisi perusahaan pengembang aplikasi J-Technologies (J-TECH) pada kuartal tiga tahun lalu. Situs Female Daily sendiri sudah ada sejak 2005 silam.

Co-Founder dan CEO Female Daily Hanifa Ambadar mengatakan pihaknya ingin meningkatkan jumlah unduhan dan pengguna aktif bulanan lewat aplikasi. Saat ini format aplikasi yang disediakan Female Daily masih berupa model view presenter (MVP), sehingga tidak semua fitur yang ada di desktop sudah tersedia di aplikasi.

Untuk membaca artikel, pembaca akan diarahkan ke situs, begitu juga untuk forum. Padahal, dia menyadari dari sisi traffic 80% pembaca datang dari mobile.

“Tapi nanti semua akan ada di aplikasi, walaupun bisa juga diakses dari situs. Kami berharap dengan adanya aplikasi akan jauh lebih memudahkan pembaca untuk mencari informasi dan berinteraksi. Impian kami di setiap ponsel milik perempuan ada aplikasi kami,” terang Hanifa kepada DailySocial.

Kegiatan pemasaran yang akan dilakukan Female Daily pada tahun ini agak sedikit berbeda di banding tahun lalu. Tahun ini Mommies Daily tidak akan dikesampingkan, karena banyak potensi yang bisa digali dari Mommies Daily.

Sepanjang tahun lalu, kinerja bisnis Female Daily dari segi pengguna aktif bulanan naik 30% secara year-on-year dengan 2 juta pengguna. Dia mengaku kenaikan ini 95% disebabkan faktor organik. Pengunjung secara repetitif terus berkunjung ke situs. Di sisi penjualan, disebutkan ada kenaikan 40% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kami merasa harusnya tahun ini bisa jauh lebih tinggi untuk kedua sisi tersebut. But considering dunia digital di 2016 lesu banget banyak yang tutup dan layoff, sepertinya pencapaian kami not bad at all. After all we are building the company to last, bukan hanya mencari significant growth dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.”

Hanifa menekankan sejak pertama kali Female Daily berdiri perusahaan sudah mulai monetisasi bisnis. Adapun sumber monetisasi perusahaan berasal dari content & community engagement, bekerja sama dengan perusahaan agensi dan brand.

Brand-nya pun tidak hanya produk kecantikan, tapi juga FMCG, appliances, banking, dan lain sebagainya.”

Terkait penggalangan dana segar, pihaknya memastikan akan dilaksanakan pada tahun ini. Aksi memang dibutuhkan perusahaan karena tujuannya untuk meningkatkan skalabilitas bisnis. “Rencananya tahun ini kami akan fundraising karena memang untuk scale up butuh dana yang tidak sedikit.”

Terakhir, perusahaan mendapatkan suntikan dana dari tiga perusahaan modal ventura dari Ideosource, Convergence, dan SMDV. Sebelumnya, di 2012 perusahaan mendapat suntikan dari angel investor.

Application Information Will Show Up Here
Previous Story

Pagelaran LocalStartupFest Segera Dihelat, Fokus Mempertemukan Startup dan Pengguna

Next Story

Layanan Fintech Tiongkok WeCash Masuki Pasar Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Behind VC’s Investment on Local Cosmetics and Beauty Tech Startups

The rise of the beauty and personal care industry in
Investasi di startup kecantikan dan kosmetik dapat dimanfaatkan untuk mendorong "scalability" bisnis dan memahami kebutuhan konsumen lewat teknologi

Mengapa VC Berinvestasi di Startup Kecantikan dan Kosmetik Lokal

Kebangkitan industri kecantikan dan perawatan diri (beauty and personal care)