19 June 2022

by Daniel Hamiaz

Bingung Familiar Mana yang Kuat? Berikut Daftar Familiar Ni no Kuni: Cross Worlds Terbaik

Pemilihan Familiar merupakan hal yang krusial, baik saat grinding maupun Duel melawan pemain lain.

Masih bingung menentukan kawan sejati yang akan selalu menemani Anda? Inilah rekomendasi familiar Ni no Kuni yang perlu Anda tahu.

Ni no Kuni: Cross Worlds merupakan game dari Netmarble yang dirilis untuk global pada tahun 2022. Game hasil kolaborasi Studio Ghibli dan Level 5 ini berhasil menarik perhatian pemain, dengan mengumpulkan lebih dari 1 juta kali unduhan di Google Play Store dan iOS App Store, hanya dalam selang waktu yang cukup singkat.

Game MMORPG ini memberikan pemain kebebasan bertualang, merias karakter mereka, hingga bertemu dengan banyak sekali makhluk-makhluk unik yang disebut dengan Familiar. Saat pertama kali bermain, pemain diberi 10 kali kesempatan untuk mendapatkan 10 Familiar secara acak.

Dengan banyaknya roster Familiar, pemain baru pasti akan kebingungan, apakah Familiar yang mereka dapatkan, bagus atau tidak. Pemilihan Familiar merupakan hal yang cukup krusial untuk mendapatkan progress yang cepat. Selain memberikan CP alias Combat Power, Familiar Ni no Kuni akan membantu pemain melalui kemampuan aktif dan pasif mereka yang berbeda-beda.

Pemain dapat memakai 3 Familiar saja dalam satu waktu. Dari role-nya, Familiar dapat dibedakan menjadi 3 tipe, yaitu Attack, Defense, dan Support. Familiar juga bisa dibedakan berdasarkan dari elemen yang dimilikinya, yaitu antara Fire, Water, Earth, Dark, dan Light.

Elemen di Familiar memiliki kekuatan ekstra, saat melawan elemen tertentu. Selain itu, ada beberapa kemampuan pasif Familiar tertentu, yang hanya bermanfaat untuk Familiar dengan elemen yang sama.

Daftar Familiar Ni no Kuni Terbaik

Berikut ini Rekomendasi Familiar di setiap elemennya di game Ni no Kuni: Cross Worlds yang bisa Anda jadikan referensi:

Stagthorn

Familiar tipe Defense yang memiliki kemampuan mengembalikan damage kepada penyerang, serta berpeluang memberikan efek Stun selama 1 detik. Ia juga mampu memberikan damage AoE dan menarik musuh ke arah Stagthorn. Dengan kemampuan pasifnya, ia akan memberikan pengurangan damage, untuk setiap Familiar tipe Earth yang sedang dipakai dan memberikan resist terhadap efek Knock Down, Subdue, Impact, dan Push Back.

Oroboros

Familiar tipe Attack ini dapat memberikan damage Earth secara perlahan atau damage-over-time hingga 5 detik kepada 1 musuh. Ia juga mampu memberikan damage area, yang disertai dengan efek Knock Down kepada lawan selama 2 detik. Secara pasif, ia akan meningkatkan damage Earth untuk tim.

Disbeleaf

Familiar tipe Support ini memiliki efek pasif yang akan mengurangi cooldown skill setiap Familiar tipe Earth yang sedang digunakan, dan akan ditambah lagi dengan pengurangan cooldown Basic Skill, berdasarkan dari jumlah Familiar tipe Earth yang sedang dipakai. Dari skill pasif ini saja, Disbeleaf akan sangat kuat pada tim dengan mono Earth. Dengan skill-nya, ia akan memulihkan HP karakter, yang disertai dengan peningkatan ketahanan untuk efek Frostbite selama 5 detik.

Molten Lion

Di balik wujudnya yang ganas, ternyata Molten Lion merupakan Familiar tipe Defense. Ia akan mengurangi damage yang masuk berdasarkan jumlah Familiar tipe Fire yang sedang dipakai melalui kemampuan pasifnya. Ia juga akan meningkatkan damage, saat HP karakter berada di bawah 20%.

Melalui skill-nya, Molten Lion akan memberikan status Immortal (kebal terhadap kematian) kepada karakter, disertai damage kepada musuh. Saat durasi Immortal habis, Molten Lion akan memulihkan sedikit HP karakter.

Shrimpaler

Familiar tipe Support ini akan mengurangi cooldown skill untuk setiap Familiar elemen Fire yang digunakan, serta meningkatkan Attack mereka. Melalui skill-nya, Shrimpaler akan memulihkan HP karakter serta menghilangkan status Poison. Ia juga akan meningkatkan ketahanan terhadap status Poison selama 5 detik.

Mite

Mite memang memiliki wujud yang agak konyol, namun ia merupakan salah satu Familiar terbaik yang ada di dalam game. Ia akan meningkatkan damage Fire untuk 1 team. Melalui skill-nya, ia mampu memberikan damage Fire, serta memberikan status Burn, yaitu status yang akan memberikan damage Fire setiap detiknya (damage-over-time). Ia juga mampu memberikan efek Knock Down selama 2 detik dalam pertarungan.

Hippocampus

Familiar berwujud kuda laut ini merupakan Familiar tipe Attack. Ia akan meningkatkan damage Water kepada 1 tim. Ia dapat memberikan damage Water area, serta memberikan status Silence terhadap lawan. Ia juga mampu menciptakan semburan air, yang akan memberikan damage, serta menarik musuh masuk ke dalamnya.

Splisher

Sama seperti Disbeleaf dan Shrimpaler, karakter tipe Support ini juga akan mengurangi cooldown skill untuk Familiar tipe Water. Bedanya adalah, ia akan mengurangi cooldown Special Skill, untuk setiap Familiar tipe Water yang sedang digunakan. Melalui skill, Splisher akan memulihkan karakter, menghilangkan status Burn, dan menambah ketahanan terhadap status Burn.

Suiryu

Walaupun berukuran mungil, Suiryu merupakan Familiar Naga dengan tipe Attack. Ia akan meningkatkan damage Water secara pasif, dan akan memberikan damage Water serta status Frostbite melalui skill-nya.

Bunnybot

Bunnybot merupakan Familiar Support yang memiliki skillset yang cukup unik. Jika biasanya Familiar tipe lain akan meningkatkan damage dari elemen yang mereka miliki, maka Bunnybot akan meningkatkan damage berdasarkan Familiar tipe Attack yang sedang digunakan. Ditambah lagi, ia akan mengurangi durasi setiap status Crowd Control.

Melalui skill, Bunnybot akan memberikan sebuah perisai berdasarkan HP karakter selama 7 detik. Selama perisai ini aktif, ketahanan karakter terhadap status Stun, Knock Down, dan Subdue akan bertambah. Selain itu, damage akan bertambah, kepada musuh yang berhasil terkena status Stun.

Crab O’Lantern

Familiar tipe Defense ini akan meningkatkan Crit Resist, serta mengurangi damage yang diterima, untuk setiap Familiar tipe Light atau Defense yang sedang digunakan, melalui efek pasifnya. Ia juga memiliki skill yang akan membuat karakter aktif kebal terhadap damage selama beberapa detik, meningkatkan pemulihan dari skill dan Potion, serta meningkatkan damage Familiar lain.

Sparkee

Familiar tipe Attack yang akan meningkatkan damage Light dengan kemampuan pasifnya. Sparkee dapat memberikan status Stun kepada musuh yang terkena skill-nya selama 1 detik, dan memberikan efek Flash, yang akan memberikan damage perlahan selama 8 detik.

Dinoceros

Dinoceros memiliki kemiripan dengan Sparkee. Familiar tipe Attack ini mampu memberikan status Knock Down kepada musuh selama 1,5 detik dan status Corrupt, yang akan memberikan damage selama 8 detik melalui skill-nya. Ia akan meningkatkan damage Dark kepada 1 tim melalui efek pasifnya.

Arachnes

Arachnes merupakan Familiar yang sangat kuat saat Duel dengan pemain lain. Efek pasifnya memungkinkan Familiar tipe Attack ini memberikan damage ekstra saat menghadapi Player. Sedangkan untuk skill-nya, ia akan memberikan 1 pukulan dengan damage yang cukup besar. Saat skill tersebut mengenai Player, maka damage yang diberikan, akan ditambahkan berdasarkan HP.

Rimu

Jika Arachnes sangat kuat saat menghadapi pemain, maka Rimu merupakan lawannya. Familiar tipe Defense ini yang akan melindungi damage yang berasal dari Player, serta meningkatkan ketahanan terhadap status Stun. Saat mengaktifkan skill, Rimu akan memanggil sebuah bayangan menakutkan. Jika bayangan tersebut mengenai Player, maka salah satu Familiarnya akan terkena status Seal, dan tidak dapat digunakan selama 5 detik.

Penutup

Itulah tadi daftar Familiar yang perlu Anda ketahui dan mungkin wajib untuk didapatkan. Semakin banyak Familiar, maka semakin banyak pula variasi tim dan kombo yang bisa Anda gunakan, baik saat Duel maupun saat Farming di Battlefield.

Selain melalui Gacha, Familiar bisa didapatkan melalui beberapa metode lain, di antaranya adalah melalui penetasan telur, menangkap Familiar liar di hutan, hingga dibagikan langsung kepada pemain melalui Event.

--

Oh iya, jika Anda lebih suka bermain Genshin Impact tapi masih bingung caranya, kami juga pernah membuatkan guide lengkapnya di sini.