7 Fakta Menarik Kamisato Ayato Genshin Impact yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

Sejumlah fakta mengandung spoiler di artikel ini.

Setelah dirilis pada versi 2.6, Kamisato Ayato berhasil mencuri perhatian pemain, mulai dari gameplay, Story Quest, hingga karakteristiknya. Ia merupakan sosok pemimpin yang serius dan elegan, namun ia juga ramah terhadap orang sekelilingnya.

Dalam Story Quest Ayato, ia berhasil menyelesaikan carut marut pernikahan politis antar kepala klan, dengan solusi yang tidak bisa ditebak oleh lawan-lawannya. Selain itu, kakak laki-laki dari Kamisato Ayaka ini, juga memiliki berbagai fakta menarik mengenai dirinya, yaitu:

1. Memimpin klan Kamisato sejak usia muda

sumber: Genshin Impact

Ayato ditampilkan sebagai seorang pemimpin yang penuh karisma dan wibawa, dalam setiap ucapan dan perilakunya. Namun kedua hal tersebut tidaklah datang sekonyong-konyong. Ayato mempelajari bagaimana cara memimpin sejak usianya yang sangat muda.

Ayato dan Ayaka diketahui ditinggal mati oleh kedua orang tuanya. Mau tidak mau, Ayato harus mengambil tampuk kepemimpinan saat ia masih belia.

Dengan keberanian dan keyakinan yang luar biasa, dipadukan dengan taktik & strategi yang tepat, Ayato mampu menyatukan kembali klan Kamisato dari ambang perpecahan.

Bahkan Ayato dipercayai untuk mengurusi salah satu dari tiga komisi besar di Inazuma, yaitu Komisi Yashiro, yang mengurusi kuil, festival, dan kegiatan kebudayaan lainnya.

2. Memiliki campur tangan membantu pemberontak

Jika Anda sudah menyelesaikan Archon Quest Inazuma, pasti Anda sudah pernah melihat video di atas. Jika ditelaah lagi, ada sebuah plothole, yang membuat pasukan pemberontak, Gorou, dan Kazuha bisa menerobos masuk ke Tenshukaku, titik tertinggi Kota Inazuma sekaligus kediaman Raiden Shogun.

Bagaimana mungkin, pasukan pemberontak yang sebelumnya hanya mampu berperang dengan gerilya, mampu masuk ke markas besar lawan mereka dengan mudah?

Ternyata hal tersebut ditampakkan secara sekilas, dari video demo karakter Kamisato Ayato, yang membantu perjuangan para pemberontak dari balik layar. Berkat kelompok ninja rahasia Shuumatsuban (yang salah satu anggotanya adalah Sayu), Ayato ternyata tidak lepas tangan untuk membantu perjuangan adiknya melawan Dekrit Pemburuan Vision.

3. Piawai menggunakan pedang dan tombak

sumber: Genshin Impact

Sebagai seorang pemimpin yang berpengaruh, Ayato sudah dididik untuk mendalami seni bela diri, khususnya seni bela diri Kamisato. Sama seperti saudarinya, ia mahir bertarung menggunakan sebilah pedang. Hal ini senada dengan Ayato yang akhirnya dirilis sebagai karakter bersenjata sword.

Namun selain mahir menggunakan pedang, Ayato ternyata juga piawai menggunakan polearm. Hal ini disebutkan dari dialog salah satu NPC di kedai teh Komore yang bernama Nobumori. Ayato bahkan sempat memenangkan duel menggunakan polearm dengan NPC tersebut, dan memperoleh Vision Nobumori sebagai pemenang.

4. Kemunculan / kameo pertamanya ada di video teaser Arataki Itto

?t=60

Sebelum diketahui bagaimana penampilan dan kemampuan Ayato di Genshin Impact, Ayato ternyata sempat muncul di video karakter lain. Karakter tersebut tak lain dan tak bukan, adalah Arataki "Numero Uno" Itto. Hype Ayato bisa dikatakan mulai dibangun oleh HoYoverse sejak easter egg tersebut.

Banyak orang yang tidak menyangka, saat mengerti bahwa lawan bicara Thoma di akhir video tersebut merupakan Kamisato Ayato. Walaupun hanya berupa suara saja, namun komunitas sempat gempar saat itu, karena misteri tentang Ayato, mulai dibuka oleh Genshin Impact.

5. Sudah lama diperkirakan berelemen Hydro dari furniture dalam game

sumber: Genshin Impact

Walaupun Ayato baru dirilis enam versi setelah Inazuma dirilis pada versi 2.0, namun saat itu sudah muncul berbagai spekulasi tentang dirinya. Selain spekulasi mengenai senjatanya yang telah disebutkan oleh Nobumori,  ada juga teori dan spekulasi mengenai elemennya.

Entah disengaja atau tidak oleh HoYoverse, ada sebuah furnishing yang menyita perhatian saat pemain mengunjungi Ayaka untuk pertama kalinya. Benda tersebut ialah dua buah ornamen dinding, yang terpajang di dinding markas Komisi Yashiro.

Setelah diperhatikan, salah satu dari dua ornamen ini sangat menggambarkan Ayaka, baik dari warnanya yang identik dengan pakaiannya dan juga gambar yang identik dengan elemen es atau Cryo.

Saat melihat detail dari ornamen yang satu lagi, dengan gambar ombak laut dan warna biru mudanya, dari sinilah spekulasi bahwa Ayato kelak akan berelemen Hydro. Spekulasi tersebut terbukti benar saat Ayato dirilis.

6. Sering memberi Thoma makanan nyeleneh

sumber: Genshin Impact

Walaupun Ayato merupakan karakter yang serius, namun bukan berarti ia tidak memiliki sisi yang lucu. Ia kerap kali memberikan makanan yang aneh kepada Thoma.

Salah satu contohnya diceritakan pada Story Quest Ayato. Saat mengunjungi Kota Ritou dengan Traveller, Ayato sempat mencoba sebuah susu yang dicampur dengan melon lavender. Traveller sendiri mengaku bahwa ia tidak suka dengan rasa dan tekstur dari minuman tersebut.

Namun entah terkesima dengan minuman tersebut atau hanya sekadar jahil, Ayato memesan lagi susu tersebut, untuk dikirimkan ke Thoma. Di akhir Quest ini, Thoma pun mengaku bahwa ia juga tak suka dengan "oleh-oleh" Ayato itu.

7. Gemar bermain "adu kumbang"

sumber: Genshin Impact

Satu lagi hal nyeleneh yang dilakukan Ayato adalah ia suka bermain adu kumbang. Hal tersebut diceritakan oleh Itto dari salah satu monolog-nya yang mendeskripsikan kesannya mengenai Ayato.

Ayato juga menyemangati Itto, agar tidak patah semangat saat mengalami kekalahan bertubi-tubi. Adu kumbang benar-benar sebuah kegiatan yang sulit dibayangkan untuk dilakukan seseorang seperti Ayato.

Itulah tadi tujuh fakta menarik mengenai Kamisato Ayato. Jika Anda tertarik mengenai fakta Raiden Shogun, Anda bisa cek di sini.

sumber header: Genshin Impact.