Jika Anda mempunyai aplikasi mobile dengan target pasar pengguna Facebook, Anda bisa mempertimbangkan untuk ikut serta dalam uji coba produk iklan terbaru Facebook yang ditujukan khusus untuk aplikasi mobile.
Undangan untuk mengikuti uji coba beta tersebut disampaikan oleh salah seorang engineer Facebook, Vijaye Raji, dalam sebuah posting di blog Facebook Developer kemarin. Pengembang yang tertarik untuk ikut serta dalam uji beta ini dapat mendaftar pada halaman ini.
Raji menyebutkan dengan mengiklankan aplikasi mobile Anda melalui Facebook, pengembang aplikasi untuk iOS dan Android akan mendapatkan keuntungan berupa pertumbuhan jumlah unduhan aplikasi mereka. Selama 30 hari terakhir, Raji mengklaim bahwa iklan aplikasi mobile oleh Facebook diklik sebanyak 146 juta kali. Jika diklik, iklan tersebut akan membawa pengguna ke halaman Apple App Store atau Google Play untuk aplikasi tersebut.
Seperti halnya iklan lain di Facebook, keuntungan memasang iklan di Facebook adalah pengembang dapat mentargetkan kelompok pengguna tertentu sebagai sasaran iklan. Pengembang aplikasi juga dapat mengatur iklan ini sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Selain itu pengembang juga akan memperoleh laporan tampilan iklannya.
Facebook memang salah satu media yang tepat untuk mengiklankan aplikasi mobile. Banyak pengguna Facebook yang juga pengguna aplikasi mobile. Jika memang pengembang mempunyai anggaran untuk beriklan melalui Facebook (yang sepertinya akan cukup besar) jalur ini bisa dipertimbangkan sebagai salah satu media promosi. Facebook sendiri menyarankan harga sekitar 32-69 sen Dollar Amerika per klik. Jika dihitung dengan kurs yang dibulatkan 9.000 Rupiah per Dollar Amerika) itu berarti sekitar 2.880 sampai 6.210 Rupiah per klik.