Ada berapa banyak penggemar olahraga yang tergabung dalam Facebook? Menurut Facebook sendiri, ada sekitar 650 juta pengguna yang cukup rajin memanfaatkan Facebook untuk merayakan kemenangan tim idolanya sekaligus beradu mulut melawan fans tim lawannya. Hal ini pada dasarnya menjadikan media sosial tersebut sebagai stadion virtual terbesar sejagat.
Melihat antusiasme penggunanya terhadap olahraga, Facebook pun merasa perlu menyediakan wadah khusus bagi mereka. Untuk itu, mereka meluncurkan fitur baru bernama Facebook Sports Stadium, yang dirancang untuk menjadi layar kedua saat pengguna sedang asyik menonton pertandingan olahraga.
Dalam Sports Stadium, semua konten yang terkait dengan suatu pertandingan akan digabungkan menjadi satu dan ditampilkan secara kronologis. Konten-konten tersebut mencakup posting dan komentar dari rekan-rekan, serta posting dan komentar dari para pengamat ataupun jurnalis, lengkap beserta akses menuju Page masing-masing.
Sports Stadium tentu saja juga akan menampilkan skor pertandingan secara live, maupun statistik masing-masing tim. Cuplikan-cuplikan video dari media pun juga akan dikumpulkan ke satu tempat. Dan yang pasti juga terdapat informasi terkait stasiun TV mana yang menayangkan pertandingan tersebut.
Untuk mengakses Sports Stadium, pengguna hanya perlu melakukan pencarian pertandingan yang hendak diikuti. Ke depannya, Facebook berjanji akan menawarkan cara lain untuk mengakses fitur ini dengan lebih mudah.
Fitur Facebook Sports Stadium ini sekarang baru bisa dinikmati oleh pengguna iPhone di Amerika Serikat yang gemar menonton pertandingan football. Versi Android-nya kemungkinan akan menyusul dalam beberapa minggu ke depan, sedangkan dukungan untuk jenis olahraga lain seperti sepak bola dan basket maupun ketersediaannya di negara lain juga dipastikan menyusul.
Sumber: Facebook.