Dark
Light

Facebook Mulai Meluncurkan Fitur Sinkronisasi Foto

1 min read
December 3, 2012

Melalui halaman resminya, pada 30 November lalu, Facebook mengumumkan peluncuran resmi fitur sikronisasi foto. Jika fitur ini diaktifkan, maka foto-foto yang diambil melalui kamera ponsel Anda akan secara otomatis dikirimkan ke akun Facebook Anda.

Meskipun demikian, Facebook nampaknya masih berusaha untuk menjaga privasi Anda dengan menempatkan foto-foto tersebut ke dalam album privat Anda. Foto-foto ini baru bisa dilihat oleh pengguna Facebook lainnya jika Anda memilih untuk membagikan file tersebut saja.

Saat ini, fitur ini baru tersedia untuk pengguna iPhone dan pengguna ponsel berbasis Android saja. Untuk menggunakannya, Anda perlu melakukan pembaruan aplikasi Facebook pada ponsel Anda. Setelah itu, pada menu foto Anda akan muncul tombol “Sinkronkan”.  Kemudian Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang dipandu oleh aplikasi.

Untuk setiap pengguna, Facebook membatasi besar data yang bisa disinkronisasi sebesar 2 GB. Jumlah yang tidak terlalu besar jika kita bandingkan dengan kuota gratis dari beberapa layanan cloud seperti Dropbox (2 GB), Ubuntu One (5 GB), Google Drive (5 GB) atau Microsoft SkyDrive (7 GB). Tentunya perlu diingat bahwa Facebook bukanlah layanan penyimpanan file berbasis cloud, meskipun langkah ini menimbulkan beberapa spekulasi bahwa Facebook akan masuk ke ranah bisnis cloud storage juga.

Tapi barangkali Anda harus bersabar untuk bisa mencoba fitur baru ini. Walau sudah dilakukan uji sejak Agustus tahun ini dan sudah dinyatakan resmi dirilis, proses pembaruan kepada seluruh pengguna Facebook yang jumlahnya lebih dari satu milyar tersebut pastinya akan memakan waktu. Sementara itu, Anda bisa mengunjungi halaman penjelasan mengenai fitur ini pada situs resmi Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Selamat Ulang Tahun yang Ke-20 SMS!

Next Story

Apple Menjadi Inspirasi bagi Orang Tua “iBabies”

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut