Mobile
for SEO
Mobile

Facebook Luncurkan Aplikasi Baru untuk Para Vlogger

20 November 2017Bambang Winarso

Aplikasi ini membantu pembuat video (vlogger) untuk menciptakan konten orisinil dengan fitur-fitur eksklusif

Misi Facebook mengkudeta Snapchat terbilang berhasil, menyusul kesuksesan dua fitur “jiplakan” Snapchat Stories di dua portofolionya, WhatsApp dan Instagram. Kini, bidikan Facebook tampaknya dialihkan ke YouTube, salah satu pesaing terberat mereka khusus di platform konten video.

Berjuluk Facebook Creator, aplikasi baru ini dirancang untuk membantu para kreator video atau siapapun yang ingin membuat video orisinil, menyiarkan video dengan fitur-fitur eksklusif dan terhubung ke komunitas di layanan-layanan Facebook.

Aplikasi Facebook Cretor disebut sudah diluncurkan secara global untuk pengguna iOS dan akan segera menyapa pengguna Android dalam beberapa bulan ke depan.

Dalam tulisan resminya, Product Manager Facebook Chris Harfied mengatakan, di Facebook, pembuat video bisa terhubung ke lebih dari 2 miliyar penggemar potensial, lebih dekat ke komunitas, berbincang langsung ke fans dengan fitur Live dan bahkan menjual melalui produk atau konten-konten bermerk.

creator-lck

Bukan sebatas menyiarkan atau membuat video orisinil, di Facebook Creator pengguna juga bisa mendapati tool-tool eksklusif untuk mempermanis video ciptaan mereka, misalnya dengan menambahkan intro sebagai pembuka, kemudian menyematkan stiker, frame grafis dan lain sebagainya.

Secara teknis, di Facebook Creator mempunyai dua bagan besar yang akan ditemui pembuat konten. Yang pertama, berupa fitur khusus untuk Facebook Live. Jadi, pengguna bisa membuat intro atau outro – semacam potongan video pembuka dan penutup. Yang biasa menonton video-video dari kreator keren di YouTube pasti paham seperti apa. Lebih jauh, di aplikasi ini pengguna juga bisa menjepret atau mengedit foto dan membagikannya ke Facebook Stories atau platform lainnya.

creator-insights-1

Kedua, pengguna bisa membuat inbox untuk komentar di Facebook, Instagram dan bahkan pesan dari Messenger. Dengan fitur ini, pengguna tak harus lompat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya untuk memberikan respon. Dan yang tak kalah baik, Facebook Creator juga punya fitur analytic yang fungsinya untuk memantau seberapa baik performa video di platform Facebook meliputi Fan Page, Video dan pengikut.

Sumber berita FBNewsroom.

Play video

19 May 2022

Dampak Penggunaan NFT Dalam Game #hybridhighlight

Episode pertama dari #hybridhighlight. Kali ini akan membahas tentang maraknya blockchain game dan dampak buruk dari ...

Others from #HybridTV