Dark
Light

Facebook Home Kini Integrasikan Layanan Media Sosial Lain Pada Lock Screen

1 min read
October 5, 2013

Facebook Home, yang sempat dinyatakan sebagai salah satu “produk gagal” Facebook, baru saja mendapatkan tambahan layanan untuk memperkaya fitur yang diusungnya. Pembaruan ini menghadirkan layanan Flickr, Tumblr, Pinterest, dan juga Instagram yang dapat diakses melalui lock screen Facebook Home. Apakah langkah ini mampu menaikkan pamor Facebook Home?

Diumumkan secara langsung di newsroom Facebook, Facebook berupaya untuk menghadirkan fitur yang memberikan pengalaman terbaru dalam penggunaan launcher yang dirilis pada April 2013 kemarin. Banyaknya ulasan negatif dari berbagai kalangan yang berimbas pada rendahnya minat pengguna untuk mengunduh launcher ini membuat Facebook harus memutar otak lebih keras lagi agar layanan tersebut dapat diterima oleh banyak pengguna.

Sesuai dengan pemberitaan The Next Web, langkah terbaru Facebook Home ini merupakan perwujudan dari pernyataan sang CEO, Mark Zuckerberg pada beberapa waktu lalu. Zuckerberg sempat menyatakan ingin melakukan pembaruan pada produk launcher Androidnya tersebut. Fitur ini rupanya telah mulai diujikan secara perlahan pada Juni lalu kepada pengguna yang terdaftar mengikuti program Facebook for Android Beta. Selain untuk menguji fitur baru tersebut, tentunya Facebook juga tak ingin mengulang kesalahan yang sama dengan mengukur tingkat feedback seperti apa yang diberikan oleh penguji.

Hasilnya, Pinterest, Flickr, Tumblr, dan Instagram kini telah terpampang dan dapat digunakan pada lock screen di Facebook Home. Seperti halnya dengan fitur terdahulu, pengguna juga dapat melakukan posting langsung, serta melihat post dari teman-teman di social media dan melakukan fitur Like persis seperti penggunaan seperti biasanya. Namun apakah ini mampu menjadi penambah daya tarik pengguna akan Facebook Home?

Jika ditarik mundur ke belakang, Facebook Home yang dihadirkan pertama kali pada perangkat HTC First ternyata memperoleh respon pasar yang kurang baik. Perkembangannya yang amat lambat membuat Facebook Home mudah terlupakan oleh pengguna. Facebook Home pada awalnya tersedia untuk segelintir perangkat Android dan hanya berhasil mendapatkan 1 juta unduhan pada bulan pertama. Jauh tertinggal dari jumlah pengguna Facebook mobile yang mencapai lebih dari 400 juta instalasi.

Fitur baru dari Facebook Home ini mungkin saja dapat menjadi langkah terbaik bagi Facebook dalam melakukan penyegaran produk Home. Selain itu, ini juga seolah dapat terlihat memfasilitasi pengguna dalam melakukan aktifitas jejaring sosial langsung dengan perangkat mobile.

Pertumbuhan perangkat mobile yang kian masif beberapa tahun ini, membuat perangkat mobile menjadi salah satu lahan terpenting bagi sejumlah platform social media di seluruh dunia. Banyak dari platform tersebut yang berlomba-lomba menghadirkan fitur serta layanan terbaik untuk pengguna dalam mengakses layanan jejaring sosial dengan perangkat bergerak macam smartphone dan tablet.

Ide untuk menyematkan berbagai media sosial yang terkoneksi di satu platform seperti pembaruan Facebook Home kali ini, bisa dibilang merupakan salah satu ide terbaik yang disuguhkan bagi pengguna agar berjejaring sosial di berbagai platform dapat dilakukan dengan satu aplikasi terpadu yang cukup ringkas dan mudah dalam penggunaan.

Tentu setelah hadirnya update terbaru ini, timbul rasa penasaran apakah Facebook Home akan menuai sukses yang besar atau masih sama saja dengan sebelumnya?

[Foto oleh: Newsroom Facebook]

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Avi Tejo Bhaskoro. 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Game Android Terpilih 29 September – 5 Oktober 2013

Next Story

Aplikasi Android Terpilih 29 September – 5 Oktober 2013

Latest from Blog

Don't Miss

Semua Hal yang Diumumkan NVIDIA pada Computex 2024

Dalam presentasi selama 1 jam 47 menit, CEO dan pendiri

Naming Rights Agreements in Esports

In recent years, more and more non-endemic brands have decided