Dark
Light

Facebook Hapus Salah Satu Fitur Lawas di News Feed, Ticker

1 min read
December 12, 2017

Facebook kembali merombak tampilan situsnya di desktop. Namun perubahan kali ini tidak terlalu mencolok kecuali Anda kerap mengakses Sidebar yang terletak di sisi kanan, yang biasanya digunakan untuk chatting.

Sebelum ini, bagian teratas Sidebar tersebut biasanya dihuni oleh seksi khusus yang dinamai Ticker. Namun dalam beberapa minggu belakangan ini sejumlah pengguna melaporkan bahwa Ticker sudah hilang entah ke mana, hingga akhirnya seorang perwakilan dari Facebook mengonfirmasi melalui forum bantuan Facebook bahwa fitur tersebut sudah ditiadakan.

Ticker sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011, dengan tujuan melengkapi News Feed dan memberikan cara yang mudah bagi pengguna untuk memantau aktivitas teman-temannya di Facebook secara real-time, yang belum tentu muncul di News Feed. Contohnya, semisal teman Anda mengenal teman baru, Anda bisa mengarahkan kursor mouse ke Ticker dan profil mini dari sang teman baru tersebut akan langsung ditampilkan di atasnya.

Seiring berjalannya waktu, Ticker sempat mengundang kontroversi. Banyak yang menilai fitur ini mendorong kebiasaan stalking, dan Facebook sebenarnya sempat berpikir untuk menghapusnya. Namun yang terjadi malah mereka memberikan opsi kepada pengguna untuk mematikan Ticker jika tidak berkenan.

Setelah sekian lama, Facebook akhirnya memutuskan untuk menghapusnya secara penuh, bahkan opsi “Show Ticker” di menu Sidebar pun juga sudah hilang. Alasan jelasnya tidak diketahui, bisa karena tidak banyak yang menggunakan, tapi bisa juga karena Facebook ingin berfokus ke fitur lainnya, seperti Stories misalnya, yang kini menghuni sisi kanan atas News Feed.

Sumber: TechCrunch.

Previous Story

Sebuah Video Perlihatkan Rupa dan Spek Samsung Galaxy A8 Plus (2018)

Next Story

[Panduan Pemula] Cara Mematikan Update Otomatis di Skype

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut