Esports Ecosystem

EVOS Esports Menjuarai PINC 2019, Raja Baru PUBG Mobile Indonesia

15 Jul 2019 | Akbar Priono
Gelaran PINC 2019 telah selesai, EVOS berhasil menjadi raja baru, dan Belletron menjadi jagoan di PINC Ladies.

Akhir pekan kemarin (14 Juli 2019) menjadi konklusi kompetisi nasional, PUBG Mobile Indonesia National Championship 2019 (PINC 2019). Setelah kualifikasi diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia, akhirnya terpilih 16 tim terbaik yang akan memperebutkan titel tim PUBG terbaik di Indonesia. Hari pertama, selain kompetisi utama ada juga gelaran PINC Ladies.

Dalam pertandingan ini, Bigetron kembali mendominasi, atau lebih tepatnya Belletron, tim ladies milik organisasi Bigetron Esports. Dalam pertandingan sepanjang tiga ronde, Belletron sebenarnya hanya mendapatkan satu kali chicken dinner saja. ONIC Ladies dan Louvre Angels menjadi dua tim yang mendapatkan chicken dinner pada ronde pertama dan kedua. Baru setelahnya, pada ronde ketiga, Belletron berhasil meraih chicken dinner.

Walau cuma dapat satu kali chicken dinner, namun Belletron sepertinya banyak belajar dengan si kembar Made Bagas “Zuxxy” dan Made Bagus “Luxxy”. Bermain dengan mementingkan konsistensi dari ronde ke ronde, mereka menjadi juara setelah mengumpulkan 81 poin, disusul oleh NARA Pixies dengan selisih yang sangat tipis, tepatnya 71 poin di posisi kedua. Lebih lengkapnya, berikut daftar pemenang-pemenang dari gelaran PINC Ladies.

PINC 19 #1
Sumber: PUBG Mobile Indonesia Official Page
  • Belletron Esports – Rp 10.000.000
  • NARA Pixies– Rp 5.000.000
  • ONIC Ladies – Rp 3.000.000
  • Armored Project Ladies – Rp 2.000.000

Berlanjut ke sajian utama, awalnya saya pikir PINC akan benar-benar dimonopoli oleh Bigetron Esports lewat Belletron dan tim utama. Tapi ternyata tidak. Secara mengejutkan, dari 7 ronde pertandingan, Bigetron malah jarang mendapat chicken dinner.

Tercatat, hanya satu kali saja mereka bisa mendapatkan chicken dinner. Kendati demikian, karena konsistensinya, mereka tetap berhasil membuat tim lain jadi kelabakan. Tetapi, EVOS Esports ternyata diam-diam sudah banyak mempersiapkan diri untuk PINC 2019 ini.

“Pulang dari PMCO Shanghai kemarin, sebenarnya kita merasa sudah matang dan siap untuk kompetisi seperti ini. Jadi kita senang sekali, akhirnya persiapan kami berbuah hasil yang manis di PINC 2019” Kata Herly “Jeixy” Juliansyah, membahas soal kemenangannya di gelaran PINC 2019 tersebut.

Sumber: PUBG Mobile Indonesia Official Page
Sumber: PUBG Mobile Indonesia Official Page

Ronde terakhir berjalan, semua tim langsung saja bermain agresif, demi mendapat poin lebih, dan memperbaiki posisi mereka di klasemen. Setelah beberapa fase circle, secara mengejutkan pemain EVOS tumbang satu per satu, sementara pemain Bigetron masih utuh. Pada pertengahan permainan, EVOS akhirnya harus terhenti tidak mendapat posisi 5 besar. Tapi menariknya, Bigetron ternyata mengalami hal yang sama

EVOS.Jeixy sempat cerita soal hal ini dalam sesi konfrensi pers yang digelar setelah penobatan mereka sebagai juara. “Saat ronde terakhir, kami sebenarnya yakin bisa dapat chicken dinner lagi. Tapi sayang, kami tak punya banyak pilihan jalur rotasi. Kebanyakan pilihan jalur sudah tertutup oleh tim musuh, yang membuat kami tumbang satu persatu sampai akhirnya tak bisa selesai di posisi yang baik.”

Sumber
Sumber: PUBG Mobile Indonesia Official Page

Pada akhirinya, setelah kalkulasi poin selesai, EVOS Esports berhasil menjadi juara pertama dengan perolehan poin sebesar 180 poin. Sementara Bigetron, harus puas menjadi runner-up dengan perolehan sebesar 165 poin saja. Berikut 5 tim peringkat teratas dalam gelaran PINC 2019.

  • EVOS Esports – 180 poin
  • Bigetron Esports – 165 poin
  • RRQ Ryu – 146 poin
  • RRQ Capcorn – 114 poin
  • NFT Esports – 106

Selain mendapatkan hadiah uang tunai, Nantinya, kelima tim tersebut juga mendapatkan kesempatan bertanding pada gelaran liga PMCO 2019 seri berikutnya. Selamat bagi EVOS yang berhasil menjadi raja baru PUBG Mobile Indonesia, selamat juga bagi 5 tim yang akan mewakili Indonesia di gelaran PMCO! Semoga dapat mengharumkan nama Indonesia.