Layanan manajemen event berbasis mobile Eventpedia yang berasal dari Virginia, Amerika Serikat menjalin kerja sama dengan The Canopy yang berbasis di Jakarta untuk memperluas layanan Eventpedia di kawasan Asia. Eventpedia adalah layanan pengelolaan event berbasis mobile yang hadir di platform iOS dan Android untuk membantu mempermudah pengaturan event, baik untuk event organizer maupun untuk peserta event.
Menurut Presiden dan CEO Eventpedia T.J. Sun dalam rilis persnya, “Kami sangat senang untuk bekerja sama dengan The Canopy. Mereka adalah perusahaan muda, penuh semangat dan ide kreatif untuk meningkatkan industri event di Asia. Saya rasa kerja sama ini akan membawa pengalaman yang luar biasa untuk peserta event dan membantu kedua perusahaan untuk memainkan peranan penting di pasar Asia.”
Meskipun sejauh ini tidak terlalu populer, Eventpedia yang didirikan tiga tahun lalu merupakan aplikasi mobile pendukung event yang menarik untuk membantu event organizer untuk mengelola event yang ditanganinya. Berbagai fitur dihadirkan, seperti push notification, session scheduling, real-time polling, interactive map, informasi pembicara, informasi sponsor, dan integrasi media sosial untuk membantu penyelenggaraan suatu acara. Bagi peserta kegiatan, Eventpedia bisa memberikan berbagai informasi penting, termasuk yang berbentuk push notification, untuk setiap acara yang diikutinya.
The Canopy sendiri merupakan perusahaan manajemen event yang didirikan tahun 2013 dan nampaknya memiliki pendekatan menarik dalam bisnis ini, termasuk dalam pendekatannya untuk pengelolaan kegiatan berbasis mobile. Sejauh ini nampaknya belum ada solusi lokal yang memiliki pendekatan serupa karena kebanyakan startup lebih banyak berkutat di pendaftaran kegiatan dan pengaturan kalender secara online. Menarik untuk disimak apakah layanan mobile seperti ini bakal menjadi tren baru untuk pengelolaan dan penyelenggaraan event yang lebih baik .
[Ilustrasi foto: Shutterstock]