1. Startup

Event: Drupal 7 Release Party di Yogjakarta

Awal tahun 2011 akan dimulai dengan berbagai event yang berhubungan dengan dunia startup, dunia web, internet secara keseluruhan, termasuk juga dunia perangkat bergerak.

Selain acara rutin seperti StartupLokal Meetup, acara lainnya adalah SparxUp Workshop, BlackBerry DevCon Asia 2011, WordcampID yang semuanya akan diadakan pada bulan Januari ini.

Kini ada satu lagi acara yang diadakan oleh para Jogja-ers, yang akan mengadakan acara untuk menyambut peluncuran versi terbaru dari platform Drupal, Drupal 7. Acara yang diselenggarakan oleh SkyShi, yang merupakan salah satu perusahaan web design dan web programing yang berspesialisasi di Drupal, ini akan diadakan pada tanggal 7 Januari 2011, pada pukul 7 malam - selesai, bertempat di University Club UGM, Ruang Yustisia (kompleks Graha Sabha UGM).

Dari rilis resmi acara tersebut, beberapa keunggulan dari Drupal versi 7 bagi end user antara lain: penambahan halaman dashboard dan shortcut, administrasi konten dalam bentuk popup yang lebih mudah, support ke WYSIWYG yang lebih baik, RDF Support, kemudahan menambah field baru sebuah content, modules bisa di-update via web, support OpenID dan user bisa login dengan Google login.

Sedangkan bagi pengembang: query builder INSERT, UPDATE, DELETE, MERGE, SELECT, mendukung master/slave replication, transaction, multi queries, delayed insert, dokumentasi Hook API langsung di dalam core drupal, support SQLite database, implementasi pengamanan situs tingkat lanjut, support cache ke beberapa metode penyimpanan, support jQuery 1.4.2 terbaru.

Berikut rilis resmi dari acara Drupal 7 Release Party yang dikirimkan ke DailySocial:

Drupal adalah salah satu dari top 3 CMS Opensource terbanyak digunakan di dunia selain Wordpress dan Joomla. Dan seiring perkembangan fitur-fitur dari drupal yang dinamis, pada tanggal 7 Januari 2011 akan akan diluncurkan versi terbaru dari platform Drupal yaitu Drupal7. Drupal7 ini akan  mempunyai banyak kelebihan dari versi Drupal sebelumnya, terutama pada kemudahan penggunaan oleh end user maupun developer. Drupal7 akan diluncurkan pada tanggal 7 Januari 2011 dan dirayakan di seluruh dunia melalui acara bertajuk Drupal7 Release Party dengan alamat resmi http://www.drupal7releaseparty.org/. Meskipun tidak terlalu besar, komunitas pengguna Drupal di Indonesia juga akan ikut memeriahkan peluncuran Drupal7 ini sebagai bagian dari komunitas Drupal internasional. Acara Drupal7 Release Party Indonesia ini akan diadakan pada: Dengan rincian acara adalah sebagai berikut:
  • 18.00 - 19.00 : Registrasi
  • 19.00 - 19.30 : Pembukaan oleh panitia
  • 19.30 - 20.00 : Pengenalan Drupal7 oleh Roy Gunawan, Professional Drupal Developer
  • 20.00 - 20.30 : Sharing session oleh Iqbal Aribaskara CEO Oraystudios.com dan Founder Komikoo.com (nominator sparxup)
  • 20.30 - 21.00 : Break networking
  • 21.00 - 21.30 : Sharing session dari Kevin Osmond CEO AITINDO dan Founder Filmoo.com
  • 21.30 - 22.00 : Drupal on Cloud Services Environment oleh Yoga Pratama, Professional Drupal Developer.
  • 22.00 - 22.15 : Sambutan kepada Drupal7 dari Viking Karwur mewakili Mozilla Indonesia
  • 22.15 - 22.30 : Doorprize
  • 22.30 - 23.00 : Penutup
Acara Drupal7 Release Party ini diharapkan akan menjadi awal dari berkembangnya komunitas pengguna maupun developer Drupal di Indonesia. Semoga nantinya komunitas Drupal indonesia dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat Indonesia dan dunia Internasional. Untuk pendaftaran acara ini bisa mengklik link berikut di http://bit.ly/daftardrupal7. Selain Yogyakarta, Drupal7 Release Party ini akan diadakan juga oleh masing - masing usergroup di Bogor, Denpasar, Serang info lengkapnya dapat dilihat di http://www.drupal7releaseparty.org/country/indonesia Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi di : Twitter : hash tag #d7rp_id atau mention @rizqi. Email : drupal7@skyshi.com atau bisa juga gabung di milis drupal-id di alamat http://groups.yahoo.com/group/drupal-id atau kirim email kosong di drupal-id-subscribe@yahoogroups.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again