Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

ESL dan Mercedes-Benz Gelar Turnamen Nasional Dota 2 di Inggris Raya

25 September 2019Ayyub Mustofa

Berawal dari kompetisi CS:GO, ESL Premiership kini berkembang mencakup Rainbow Six: Siege dan Dota 2.

ESL Premiership adalah kompetisi besutan ESL UK yang digelar sebagai panggung tingkat nasional Counter-Strike: Global Offensive untuk wilayah Inggris Raya (United Kingdom) dan Republik Irlandia. Dahulu dikenal dengan nama ESL UK Premiership, kompetisi ini telah berjalan sejak tahun 2015 dan dibagi ke dalam dua musim dalam setahun: Spring dan Summer. Menurut ESL UK, ajang ini digelar dengan tujuan untuk menumbuhkan ekosistem esports di level pemain serta tim semi profesional.

Seiring perjalanannya, ESL Premiership telah menambahkan cabang esports baru yaitu Tom Clancy’s Rainbow Six: Siege sejak tahun 2017. Kini di tahun 2019, satu cabang esports lagi telah dimasukkan untuk pertama kalinya, yaitu Dota 2. Penyelenggaraan ESL Premiership Dota 2 ini merupakan hasil kerja sama antara ESL UK dengan sponsor baru mereka, Mercedes-Benz. Dalam pengumuman di situs resminya, ESL UK berkata bahwa cabang baru ini terwujud berkat penerimaan yang baik dari kompetisi Dota 2 di ESL One Birmingham.

Mercedes-Benz dan ESL sebetulnya bukan pertama kali menjalin kolaborasi. Bahkan, Mercedes-Benz memegang posisi sebagai global mobility partner ESL. Perusahaan otomotif itu sudah mendukung pengadaan turnamen Dota 2 di ESL One sejak tahun 2017. Kini, mulai dari musim kompetisi Winter 2019, Mercedes-Benz mengembangkan kerja sama tersebut untuk mengadakan turnamen nasional Dota 2 perdana ESL Premiership.

“Kerja sama antara Mercedes-Benz dan ESL telah terbukti sangat sukses dan telah menghasilkan dua turnamen ESL One Birmingham yang hebat untuk cabang Dota 2 di tahun 2018 dan 2019,” kata James Dean, Managing Director ESL UK, dalam pengumuman resminya, “Keterlibatan Mercedes-Benz dalam turnamen nasional ini akan kesuksesan yang sama terulang dalam ESL Premiership. Ini juga berarti lebih banyak tawaran variasi untuk para pemain dan penggemar, dengan lebih banyak komunitas terlibat.”

Saat ini posisi Dota 2 di ESL Premiership bukanlah turnamen penuh, namun lebih ke arah kompetisi sampingan yang disebut ESL Premiership Dota 2 Skirmish. ESL UK ingin mencari talenta-talenta muda di wilayah Inggris Raya dan Irlandia. Format turnamennya dilakukan secara online selama 4 minggu, di mana setiap pemain dari setiap role akan dimasukkan ke tim berbeda secara random.

Dua pemain terbaik dari tiap role kemudian akan maju ke panggung ESL Premiership Dota 2 Skirmish Stage, bersamaan dengan ESL Premiership Finals di Manchester pada tanggal 24 November. Para penggemar juga bisa menonton pertandingan secara streaming lewat channel Twitch ESL UK. Tim juaranya akan dinobatkan sebagai “ultimate British/Irish Dota 2 team”, dan ESL UK tak menutup kemungkinan Dota 2 bisa menjadi cabang kompetisi penuh ESL Premiership di masa depan. Akankah kompetisi ini mendorong munculnya tim kuat baru dari wilayah tersebut?

Sumber: ESL UK

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV