Google menggelar acara Google Marketing Live Indonesia di Jakarta. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 150 pengiklan dan pemasar di Indonesia. Acara ini menyoroti penggunaan AI dalam dunia pemasaran.
Adopsi AI untuk pemasaran menjadi kian penting sebagai sarana menjaga daya saing di era digital yang kompleks.
“AI tak hanya sekadar kemajuan teknologi, tetapi juga perubahan besar dalam cara kita melakukan pemasaran,” kata Muriel Makarim, Country Marketing Manager Google Indonesia. Menurutnya, AI sangat penting agar bisnis tetap bisa bersaing dan berkembang di era digital yang semakin masif dan canggih.
Pemanfaatan AI dalam bisnis bisa digunakan untuk mengetahui perilaku konsumen serta mengikuti perubahan ekosistem digital.
Beberapa hal yang dibahas dalam acara ini antara lain:
- Transformasi AI. Muriel Makarim menyoroti pesatnya perkembangan AI dan potensi besarnya bagi bisnis. Ia turut mengumumkan rilisnya iklan belanja sesuai hasil penelusuran visual, yang memungkinkan pengguna mengunggah foto atau tangkapan layar untuk penelusuran. Fitur ini tak hanya meningkatkan pengalaman belanja konsumen, tetapi juga menghubungkan brand dengan audiens potensial.
- Inovasi Google Ads. Managing Director Product Specialist Team Google, Gaurav Kapoor, turut menginformasikan berbagai fitur baru berteknologi AI. Kampanye Performa Maksimal (Performance Max) memungkinkan pemasar membuat aset teks dan gambar dengan beberapa klik. Pengalaman percakapan di iklan Search memungkinkan pemasar memasukkan URL halaman landing, dan AI Google akan membuat deskripsi singkat serta menyarankan judul, kata kunci, dan gambar yang relevan secara otomatis.
- Strategi praktis. Carolyn Fu, Video Sales Specialist, dan Shabana Badami, Head of Search and Shopping Solutions, memaparkan rencana tindakan efektif untuk memaksimalkan dampak pemasaran dengan AI. Mereka juga menjelaskan arti penting pengambilan keputusan berbasis data dan bagaimana “Dasar-Dasar AI Google Ads” sebagai alat baru dapat membantu bisnis mengoptimalkan kampanye mereka dengan dukungan AI dari Google Ads.
- Kisah sukses Bagus Erlangga, Head of Corporate Marketing Samsung Indonesia, dan Intan Andini, Media and Digital Lead Danone AQUA, berbagi pengalaman dalam memanfaatkan solusi AI Google. Kampanye Ramadan AQUA berhasil mencapai efisiensi luar biasa dengan AI, mentransformasi aset kreatif dan meningkatkan niat pembelian sebesar 24%. AQUA juga menjadi brand pertama di Asia Pasifik yang menggunakan iklan berkonsep “unskippable CTV ads” dan berhasil meningkatkan ingatan iklan hingga 4x lipat dari rata-rata.
AI menjadi salah satu keniscayaan yang harus dihadapi oleh pemasar. Penggunaan teknologi atau tools AI untuk pemasaran bisa mulai diadopsi untuk membuat pemasar tetap relevan di era kompetisi di dunia digital.