Gadget News
for SEO
Gadget News

Elgato Stream Deck Pedal Hadirkan Kontrol Ekstra Bagi Gamer dan Streamer Tanpa Perlu Mengandalkan Tangan

27 January 2022Glenn Kaonang

Elgato Stream Deck Pedal hadir membawa tiga buah pedal yang dapat diprogram untuk mengaktifkan beragam fungsi dalam berbagai aplikasi

Produsen perlengkapan streaming Elgato meluncurkan sebuah produk baru yang cukup unik. Namanya Stream Deck Pedal, dan ia dirancang sebagai alternatif sekaligus pelengkap terhadap salah satu produk terpopuler Elgato, Stream Deck.

Stream Deck Pedal terdiri dari tiga buah pedal yang dapat diinjak untuk mengontrol hardware maupun software. Fungsinya secara umum mirip seperti Stream Deck standar, tapi tentu saja penggunaannya melibatkan kaki ketimbang tangan. Jadi selain menghadirkan kontrol ekstra bagi konsumen secara umum, Stream Deck Pedal juga bisa menjadi solusi aksesibilitas buat konsumen berkebutuhan khusus.

Tak hanya itu, fakta bahwa Stream Deck Pedal mengandalkan sambungan kabel USB-C sepanjang 5 meter membuatnya ideal digunakan selagi pengguna sedang tidak berada persis di depan komputer; buat para musisi misalnya, atau bisa juga untuk mengontrol slide presentasi selagi berbicara di hadapan para kolega.

Tiga pedal mungkin kedengarannya sangat terbatas, akan tetapi Elgato mengakali hal ini dengan fitur bernama Multi Actions. Berkat fitur ini, pengguna bisa memprogram satu pedal dengan beberapa aksi sekaligus. Contohnya, pengguna bisa mengambil tangkapan layar (screenshot), membuka folder tempat gambarnya disimpan, dan membuka Twitter untuk membagikan gambarnya hanya dengan menginjak satu pedal saja.

Tiap-tiap aksi tersebut juga dapat dikelompokkan berdasarkan aplikasi, dan profilnya akan otomatis aktif tergantung aplikasi yang tengah dibuka. Contohnya, pedal untuk mute mikrofon di aplikasi Zoom akan beralih fungsi menjadi undo ketika pengguna membuka aplikasi Photoshop. Semuanya dapat diprogram dengan mudah (drag-and-drop) lewat software pendamping Stream Deck.

Secara fisik, Stream Deck Pedal hadir membawa sasis yang tebal sehingga pengguna tidak perlu takut-takut saat menginjak. Sisi bawahnya turut dibekali kaki-kaki berlapis karet untuk mencegah perangkat mudah bergeser ke sana-sini. Juga menarik adalah per pada masing-masing pedalnya yang dapat dilepas-pasang, sehingga dapat disesuaikan seandainya pengguna merasa pedalnya terlalu keras, atau malah terlalu enteng untuk diinjak.

Di Amerika Serikat, Elgato saat ini telah memasarkan Stream Deck Pedal seharga $90. Bersamaan dengan itu, Elgato juga meluncurkan plugin resmi untuk Discord, sehingga pengguna dapat memanfaatkan Stream Deck maupun Stream Deck Pedal ini untuk mengaktifkan fungsi-fungsi seperti push-to-talk, mute mikrofon, join voice channel, dan lain sebagainya.

Sumber: PCMag.

Play video

19 May 2022

Dampak Penggunaan NFT Dalam Game #hybridhighlight

Episode pertama dari #hybridhighlight. Kali ini akan membahas tentang maraknya blockchain game dan dampak buruk dari ...

Others from #HybridTV