Elgato Memperkenalkan Capture Card HD60 X Generasi Terbaru

Elgato HD60X sendiri memiliki kemampuan passthrough VRR

Kegiatan bermain sambil melakukan streaming saat ini memang kerap dilakukan oleh content creator. Untuk melakukan hal tersebut tentunya seseorang harus memiliki peralatan tertentu, terutama untuk mereka yang ingin melakukan streaming dengan console game. Untuk hal tersebut, merek Elgato tentunya sudah cukup dikenal. Apalagi, saat ini Elgato memiliki sebuah capture card baru yang bernama HD60 X.

"Konten game yang dibuat pengguna adalah salah satu sarana hiburan terbesar di dunia," kata Julian Fest, SVP dan GM Elgato. "Kami telah memelopori proliferasi konten ini selama 10 tahun. Solusi perekaman game kami menjangkau tiga generasi konsol dan telah mendukung ratusan juta unggahan dan livestreaming. Hari ini, kami senang meluncurkan solusi perekaman definitif lainnya untuk generasi konsol game yang terbaru.

Capture card eksternal ini memiliki kemampuan untuk merekam gameplay tanpa mengambil resource dari mesin bermainnya, seperti dengan PC atau Playstation. Untuk HD60X, perangkat ini memiliki kemampuan untuk merekam dengan passthrough variable refresh rate yang tidak akan menampilkan lag, stuttering, dan tearing. Perangkat ini juga mampu menawarkan passthrough high refresh rate untuk mereka yang ingin bermain di 1080p 240 Hz atau 1440p di 120 Hz.

Untuk melakukan perekaman, Elgato memiliki 4KCU (4K Capture Utility). Software ini akan merekam semua kegiatan streaming termasuk gameplay, cutscene, soundtrack, dan obrolan dalam resolusi 1080p 60 Hz HDR10 atau 4K 40 Hz dengan audio pada sample rate 48 kHz. 4KCU juga akan merekam flashback secara otomatis sehingga penggunanya bisa melihat kembali permainan mereka utuk merekam secara retroaktif. Untuk merekam saat menyiarkan langsung, teknologi Stream Link mengeluarkan umpan asli HD60 X ke 4KCU dan perangkat lunak siaran pihak ketiga seperti OBS Studio, sehingga dapat merekam permainan yang bersih dan tidak berantakan saat streaming dengan overlay dan peringatan.

Format video yang dihasilkan oleh Elgato HD60 X ini akan menggunakan format HEVC atau H.265. HEVC sendiri sudah dikenal memiliki kompresi yang lebih efisien dibandingkan dengan H.264 yang saat ini sudah umum digunakan. Nantinya file yang sudah dibuat dapat di-export ke file AAF yang bisa langsung diedit dengan menggunakan video editor lain seperti Adobe Premiere.

Elgato HD60 X sendiri memiliki harga jual $280 atau jika dikonversikan ke rupiah menjadi kurang lebih Rp. 4.000.000. Dengan harga tersebut, Elgato HD60X akan memiliki garansi selama 2 tahun pada jaringan CORSAIR dan Elgato di seluruh dunia. Belum ada informasi kapan perangkat ini akan hadir di Indonesia. Untuk itu, konsumen harus langsung menghubungi distributor CORSAIR atau Elgato di Indonesia.