20 January 2014

by Yoga Wisesa

Eidos Montreal Umumkan Kebutuhan Hardware Thief, Mengusung Teknologi Mantle

Beberapa bulan lalu AMD mengumumkan bahwa Thief adalah satu dari beberapa game pertama yang akan mendukung teknologi Mantle mereka. Banyak gamer yang menanti franchise permainan stealth tertua di dunia ini khawatir bahwa Eidos Montreal akan memaksa kita melakukan upgrade hardware PC, atau beralih platform ke PS4 atau Xbox One. Dan tidak terasa akhirnya Thief akan segera dirilis, kurang lebih lima minggu lagi.

Untuk memberikan kejelasan pada rumor-rumor yang menyiksa ini, Eidos mengumumkan kebutuhan sistem PC dari blog resmi mereka. Berita buruk: berbeda dari permainan Thief sebelumnya, game baru ini tidak akan berjalan jika PC Anda masih ditenagai Intel Pentium 4. Namun berita baiknya adalah system requirements ini cukup standar untuk hardware PC saat ini. Ini dia kebutuhan sistem minimalnya:

  • Sistem operasi: Windows Vista dengan upgrade platform
  • CPU: High-performance dual core CPU atau quad core CPU
  • RAM: 4 GB
  • Kartu grafis: AMD Radeon 4800 series / Nvidia GTS 250
  • DirectX: DirectX 10
  • HDD/SSD: 20 GB

 

Info menarik: Notebook Gaming MSI GT70 2OC Menangkan Dua Penghargaan di Tahun 2013

 

Dan ini dia daftar hardware yang direkomendasikan:

  • Sistem operasi: Windows 7 or 8
  • CPU: AMD FX 8000 series atau lebih tinggi / Intel i7 Quad Core CPU
  • RAM: 4+ GB
  • Kartu grafis: AMD Radeon HD / R9 series atau lebih tinggi / Nvidia GTX 660 series atau lebih tinggi
  • DirectX: DirectX 11
  • HDD/SSD: 20 GB

Untuk memastikan bahwa Thief paling nyaman dinikmati dari PC, Eidos dan AMD bekerjasama juga untuk menghadirkan teknologi-teknologi yang hanya ada di platform ini. Contohnya teknologi multi-display Eyefinity dimana Anda bisa menikmati Thief dengan lima monitor, TrueAudio (Anda tidak perlu lagi membeli sound card khusus gaming karena kini kartu VGA dari mereka sudah mendukung proses suara), dan tentu saja API Mantle.

Tak seperti perkiraan sebelumnya, game Thief baru ini merupakan reboot dari kisah sebelumnya. Sekali lagi Anda bermain sebagai Garrett sang 'Raja Maling', dimana seperti namanya, pemain akan banyak melakukan aksi-aksi akrobatik kleptomaniak. Game ini di-setting di sebuah dunia fantasi kelam berarsitektur Victorian, dimana korupsi dan penindasan merupakan pemandangan yang tidak asing.

Sayangnya berbeda dari Robin Hood, Garrett mencuri untuk dirinya sendiri. Walau begitu, nasib berkata lain, ia selalu terjebak dalam pertikaian para petinggi dan bangsawan The City (kota fiksi tanpa nama tempat game ini berlangsung). Dan seperti permainan-permainan Thief sebelumnya, Garrett dipaksa untuk menjadi pahlawan dalam kisah ini.

 

Info menarik: Touchscreen Menghilang Dari Steam Controller, Digantikan oleh Tombol Fisik

 

Dari daftar kebutuhan sistem hardware di atas, satu-satunya hal yang paling menuntut adalah besarnya kapasitas harddisk. Namun dibandingkan dengan permainan-permainan seperti Battlefield 4, Call of Duty: Ghost hingga Max Payne 3, 20GB terlihat cukup biasa untuk kebutuhan ruang penyimpanan saat ini.

Thief akan dirilis secara global tanggal 25 Februari untuk platform Windows PC, Xbox 360, Xbox One, PlayStation 3 dan PlayStation 4. Saya tidak lupa mencantumkan trailer Thief terbaru di bawah yang dipublikasi di VGX 2013 lalu.

Via Escapist Magazine. Sumber gambar: ThiefGame.com.