18 November 2021

by Galih

Early-Access Battlefield 2042 Dipenuhi dengan Masalah

Game-nya bahkan tidak dapat dimainkan saat sesi early-access dibuka.

Para pengembang game di masa sekarang kelihatannya masih kesulitan untuk memastikan game baru yang mereka rilis benar-benar menawarkan pengalaman sempurna. EA dan DICE kini menjadi korban terbaru, karena game shooter andalan mereka yaitu Battlefield 2042 ternyata juga mengalami beragam masalah saat diluncurkan.

Bagaimana tidak, sejak dirilis resmi untuk early access pada Jumat 12 November lalu game ini langsung mendapat respon negatif dari para fans. Banyak pemain yang mengakses lewat EA Play trial tersebut melaporkan bahwa Battlefield 2042 tidak dapat dimainkan karena eror ketika masuk ke dalam server.

Permasalahan ini bahkan disadari oleh pihak EA yang kemudian mengatakan bahwa mereka telah berusaha untuk memperbaiki masalah tersebut. Namun sayangnya setelah pengumuman perbaikan tersebut, masih banyak pemain yang melaporkan tetap mendapatkan eror.

Para pemain yang berhasil masuk dan dapat bermain pun juga masih tetap dihantui masalah lainnya. Seperti glitch dan bug yang masih kerap terjadi dan dialami para pemain. Mulai dari bagian tubuh pemain yang terkadang hilang, kendaraan yang tiba-tiba terlontar ke udara, dan mungkin yang paling parah adalah hovercraft yang dapat berjalan naik secara vertikal.

Di luar permasalahan tersebut, Battlefield 2042 juga dilaporkan memiliki beragam masalah teknis gameplay lain. Antara lain tampilan UI yang terlalu kompleks dan membingungkan, hingga ke sistem kelas baru yang membuat karakter baik kawan maupun lawan memiliki tampilan yang sama.

Ditambah, implementasi sistem "Gunshot Bloom" pada game ini yang ternyata terlalu intense. Gunshot bloom adalah sistem yang membuat peluru yang ditembakkan memiliki kemungkinan untuk mendarat tidak tepat pada titik bidikan. Namun kelihatannya penerapan sistem tersebut pada Battlefield 2042 terlalu acak yang bahkan membuat menembak dalam game ini berubah menjadi faktor keberuntungan ketimbang akurasi.

EA dan DICE memang masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki game-nya sebelum dirilis secara global pada Jumat mendatang, 19 November. Namun bila tidak segera ditangani maka para fans yang mendengar banyak masalah dari para pemain early-access ini mungkin akan mengurungkan niatnya bermain nanti. Karena hingga sekarang saja, telah banyak pemain yang meminta refund terhadap Battlefield 2042 ini.