12 May 2022

by Galih

EA Umumkan Proyek Game Mobile Terbaru untuk Lord of the Rings

Game ini menandai kerja sama kembali antara Middle-earth Enterprise dengan EA.

Selain berusaha untuk membawa franchise video game ke layar lebar, ternyata usaha untuk membawa franchise film layar lebar ke dalam video game juga terus dilakukan.

Salah satunya adalah franchise novel, film, serial Lord of the Rings yang kini bekerja sama dengan Electronic Arts. Keduanya terlibat dalam proyek game mobile baru yang berjudul Lord of the Rings: Heroes of Middle-earth.

Diumumkan lewat siaran pers resminya, game ini akan dibuat bersama Middle-earth Enterprise dan akan sepenuhnya terinspirasi oleh karya legendaris J.R.R. Tolkien. Sehingga kemungkinan game ini akan memiliki interpretasi yang lebih bebas dan tidak terikat pada versi layar lebarnya.

Dibuat khusus untuk platform mobile, game ini dideskripsikan sebagai “collectible role-playing game”. Dan hal tersebut terlihat melalui daftar panjang karakter-karakter dari semesta Middle-earth yang nantinya dapat dimainkan di dalam game-nya.

Sistem pertarungan yang digunakan dalam Lord of the Rings: Heroes of Middle-earth adalah pertarungan berbasis giliran atau turn-based. EA juga menjanjikan beragam karakter ikonik dari seri Lord of the Rings dan juga The Hobbit.

Selain karakter, berbagai kisah dan pertarungan ikonik dari buku dan filmnya disebut akan menjadi latar permainan di dalam game-nya nantinya. Sehingga, game ini akan menjadi kesempatan untuk memasukkan beberapa pertempuran yang belum masuk ke dalam film layar lebarnya.

Pengembangan Lord of the Rings: Heroes of Middle-earth dikerjakan oleh EA Capital Games. Studio ini sebelumnya bertanggung jawab pada game mobile RPG lainnya yaitu Star Wars: Galaxy of Heroes. Hal ini tentunya juga membuka kemungkinan bahwa Heroes of Middle-earth ini juga memiliki gameplay yang mirip dengan game Star Wars: Galaxy of Heroes tersebut.

Image credit: EA

Wakil Presiden EA mobile RPG, Malachi Boyle mendeskripsikan bahwa Heroes of Middle-earth akan memiliki grafik berkualitas tinggi, animasi sinematik, dan juga artstyle yang unik. Boyle juga menunjukkan antusiasmenya untuk dapat bekerja sama dengan The Saul Zaentz Company dan Middle-earth Enterprises dalam pengembangan game mobile RPG generasi berikutnya.

Sebelumnya, EA memang telah sempat bekera sama dengan Middle-earth Enterprises dalam pengembangan game adaptasi dari film Lord of the Rings: The Two Towers pada tahun 2002 lalu. Dan Lord of the Rings: Heroes of Middle-earth akan menandai game mobile pertama yang dikerjakan oleh keduanya.

Sayangnya Lord of the Rings: Heroes of Middle-earth masih belum memiliki tanggal rilis pasti. Namun kelihatannya hal tersebut tidak akan lama lagi karena mereka menyebut akan segera mengadakan regional beta test pada musim panas tahun ini.