8 December 2022

by Dimas Galih W.

Dyson Zone Diumumkan Secara Global, Headphone ANC yang Dilengkapi dengan Air Purifier

Dyson mengumumkan sebuah perangkat yang bernama Dyzon Zone, headphone dengan air purifier yang menjernihkan udara di mana saja

Air purifier atau penjernih udara saat ini memang biasanya digunakan pada perumahan. Ada beberapa produk penjernih udara yang saat ini memiliki model kalung, namun hal tersebut tentu saja akan jauh dari sistem pernafasan sang pengguna. Untuk membuatnya lebih dekat dan stylish, Dyson merancang sebuah penjernih udara yang bisa dibawa ke mana saja. Perangkat tersebut merupakan sebuah headphone dengan nama Dyzon Zone.

Pihak Dyson juga telah mengundang Hybrid dalam sebuah sesi talk show secara online. Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 1 Desember 2022 yang lalu secara langsung dari Dyson Campus Inggris. Dyson memperkenalkan headphone yang satu ini dengan membeberkan beberapa teknologi yang mereka miliki.

Dyzon Zone secara resmi diumumkan untuk penjualan secara global. Dyson Zone juga menangkap 99% polusi partikel berukuran hingga 0,1 mikron dengan  K-Carbon, yaitu filter karbon yang diperkaya kalium, yang bisa menangkap gas asam umum yang sering dikaitkan dengan polusi di perkotaan, termasuk NO2 and SO2. Untuk dapat menjernihkan udara, kompresor di setiap earcup mengalirkan udara menuju filter dua lapis dan memproyeksikan dua aliran udara yang telah dijernihkan ke hidung dan mulut pemakai melalui visor non-kontak yang dapat dilepaskan.

Pada bagian suara, headphone ini mampu menghasilkan distorsi tingkat rendah, noise cancelling, dan reproduksi audio dengan spektrum lebar. Perangkat ini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon, karena memiliki mikrofon tambahan, Fungsi telepon menggunakan sistem feed-forward active noise cancelling dalam proses yang disebut beamforming. Fitur ini nantinya mampu menjernihkan transmisi suara yang lebih baik dengan menggabungkan sinyal dari masing-masing mikrofon.

Sistem Active Noise Cancelling (ANC) menggunakan delapan mikrofon untuk mengurangi kebisingan hingga 40 db. Mikrofon yang ada mampu memonitor suara sekitar sebanyak 384.000 kali per detik. Frekuensi yang didukung oleh headphone ini memiliki rentang 6Hz sampai 21 kHz. Driver speaker Neodymium memiliki dimensi 40mm dengan impedansi 16 ohm.

Untuk melihat informasi mengenai udara serta pengaturan audio, Dyson juga sudah memiliki aplikasi untuk smartphone. MyDyson, nama dari aplikasi tersebut, nantinya akan memberitahu apa saja yang bakal kita hirup jika tidak menggunakan pemurni udaranya. Filter yang ada di earcup-nya sendiri nantinya bakal bisa diganti sesuai dengan kebutuhan.

Baterai yang dimiliki oleh headphone ini juga bisa bertahan lama. Jika hanya digunakan untuk audio dengan ANC, baterainya bisa bertahan hingga 50 jam. Pada saat digunakan bersamaan dengan fitur air purifier-nya, perangkat ini bisa bertahan hingga 4 jam.

Perangkat audio dengan penjernih udara ini nantinya bakal tersedia pada bulan Januari 2023. Untuk distribusi pertamanya hanya akan tersedia pada pasar-pasar tertentu. Masih belum ada informasi apakah perangkat ini nantinya bakal tersedia di Indonesia atau tidak. Namun, pihak Dyson pernah mengatakan bahwa selama ini mereka memang membuat produk yang akan dipasarkan di seluruh dunia.

Saya juga sempat menanyakan, apakah dengan filtrasi 0,1 mikron dapat menghambat penularan virus Covid-19 atau tidak. Namun, pihak Dyson pada saat saya temui di acara pembukaan toko pertamanya di Pondok Indah Mall 3 mengatakan bahwa mereka belum bisa memastikan apakah Covid-19 akan terfiltrasi atau tidak. Hal ini dikarenakan Covid memang cukup berbeda dengan virus lainnya dan belum pernah ada penelitiannya.